Kanker Darah Bisa Sembuh? Berikut Cerita Pejuang Kanker Darah

Banyak yang mempertanyakan apakah seorang penderita kanker darah bisa sembuh. Kanker darah atau leukemia terjadi di sumsum tulang yang memproduksi sel darah putih yang abnormal, berlebihan, dan berdampak pada sel darah sehat lainnya.

Leukemia akut menjadi salah satu kanker yang paling banyak menyerang anak-anak. Seperti yang dialami oleh Almeera Zahra Alfathunissa. Gadis kecil berusia dua tahun ini menjadi pejuang kanker darah sejak usianya masih tiga bulan. Tapi kita harus tetap optimis, karena kabar baiknya kanker darah bisa sembuh asal mendapat perawatan rutin dan tepat.  

 

Awal Mula Almeera Terdeteksi Kanker Darah

Kanker Darah Bisa Sembuh? Berikut Cerita Pejuang Kanker Darah

Awalnya Almeera sering mengalami kejang-kejang. Bahkan durasi kejang-kejangnya bisa sampai dua jam. Kondisi itu membuat orangtuanya membawa Almeera ke RS Hermina untuk melakukan uji laboratorium dan CT Scan di RS Hermina.

Saat keuangan keluarga buruh ini menipis, Almeera kemudian dirujuk ke RSUD Serang dengan memanfaatkan BPJS. Di waktu bersamaan, trombosit Almeera terus menurun di bawah normal sehingga membutuhkan tranfusi darah putih. Saat terbentur, bagian tubuhnya akan menunjukkan tanda memar dan membiru.

banner_donasi_biaya_pengobatan

 

Perwatan Rutin Agar Kanker Darah Bisa Sembuh

Dengan keyakinan kanker darah bisa sembuh, Almeera dibawa ke kampung halamannya di Palembang. Harapannya Almeera mendapatkan udara lebih sejuk dari tempat sebelumnya. Almeera memeng sudah jarang kejang, namun tetap membutuhkan rawat jalan di RSMH Palembang, seperti terapi dan tranfusi darah putih secara rutin.

Saat ini, Almeera dan ibunya masih berada di Palembang. Sedangkan ayahnya, Gilang Andhika Ramadhan berjuang bekerja sebagai buruh di Serang untuk memenuhi biaya pengobatan. Tidak hanya obat, Almeera dan keluarganya juga membutuhkan bantuan dana untuk perjalan selama lima menuju RSMH di Palembang.

 

 

5 Metode Pengobatan Kanker Darah

Kanker Darah Bisa Sembuh? Berikut Cerita Pejuang Kanker DarahBanyak cerita baik tentang para pejuang kanker darah yang bisa sembuh dari penyakitnya yang mematikan itu. Apalagi teknologi kesehatan terus berkembang dan memberi harapan bahwa kanker darah bisa disembuhkan. Berikut adalah 5 metode yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit kanker darah.

  1. Arsenik

Peneliti State Key Laboratory of Medical Genomics, Zhang Xiaowei menyebut jika racun ini dapat digunakan untuk mengobati penyakit kanker darah. Racun yang digunakan sejak zaman Romawi ini mampu menghancurkan protein spesifik dalam sel kanker darah, serta tidak memiliki efek samping lainnya.

  1. Minum Obat

Salah satu jenis kanker darah yang bisa disembuhkan dengan rutin meminum obat adalah Chronic Myeloid Leukemia (CML) atau Leukimia Granulostik Kronis (LGK). Meski melakukan pengobatan intensif, pasien dengan jenis penyakit ini tetap harus mengonsumsi obat seumur hidup agar tidak terjadi resistensi.

  1. Sistem Imun

Pengobatan ini disebut terapi sel CAR-T, salah satu upaya agar penyintas kanker darah bisa sembuh. Cara kerjanya dengan menghilangkan sel-sel kanker dan menggantinya dengan darah yang sehat dan sel-sel kekebalan tubuh

banner_donasi_biaya_pengobatan

  1. Rekayasa Genetik

Pengobatan kanker ini menggunakan sel-T yang dimodifikasi atau disebut dengan CAR-T yang diciptakan dari sel-sel imun milik donor darah. Tugasnya, agar bisa menyerang dan membunuh sel-sel leukimia agar lebih efektif.

  1. Transplantasi Sumsum Tulang   

Metode ini sudah banyak dilakukan untuk mengobati kanker darah. Transplantasi sumsum tulang terbukti membuat pejuang kanker darah bisa sembuh. Transplantasi ini bertujuan untuk menggantikan sumsum tulang belakang yang tidak berfungsi pada penderita kanker darah.

Meski kanker darah bisa sembuh dengan metodelogi seperti di atas,  kita juga perlu memahami jenis-jenis kanker darah yang umum terjadi pada manusia. Sebab setiap kanker darah membutuhkan terapi dan lama durasi pengobatan yang berbeda.

Ditulis Oleh: Ranu Mohamad


Kamu juga bisa beri dukungan untuk bantu mereka yang membutuhkan biaya pengobatan dengan cara berdonasi di Kitabisa. Kamu bisa berbagi kebaikan dengan cepat dan mudah lewat website Kitabisa atau Aplikasi Kitabisa. Yuk, bantu mereka yang membutuhkan dengan klik gambar di bawah ini!

banner_donasi_biaya_pengobatan