Update: Penjelasan Lengkap Tentang Kantong Donasimu

Kantong Donasimu

Hai #OrangBaik, mulai Februari 2022 metode pembayaran donasi Dompet Kebaikan akan berubah nama menjadi Kantong Donasimu

Kitabisa menghadirkan Kantong Donasimu agar pengalaman berdonasi makin aman dan nyaman. 

Baca selengkapnya mengenai Kantong Donasimu di artikel tanya jawab di bawah ini:


Kantong Donasimu

Mengapa Dompet Kebaikan berubah nama menjadi Kantong Donasimu?

Pergantian nama dari Dompet Kebaikan menjadi Kantong Donasimu dilakukan sesuai dengan saran Bank Indonesia (BI).

Apakah saldo Dompet Kebaikan saya akan hilang setelah berganti nama menjadi Kantong Donasimu?

Tidak, saldo yang masih terdapat di dalam Dompet Kebaikan milikmu akan otomatis langsung masuk menjadi saldo Kantong Donasimu. 

Apa pengaruh perubahan nama Dompet Kebaikan menjadi Kantong Donasimu bagi donatur?

Kantong Donasimu memiliki masa berlaku saldo.

Berbeda dengan Dompet Kebaikan, Kantong Donasimu memiliki masa berlaku saldo. Jika donatur belum menggunakan saldo di Kantong Donasimu melebihi masa berlakunya, maka saldo di Kantong Donasimu akan otomatis didonasikan ke galang dana yang membutuhkan bantuan. 

Masa berlaku saldo ini akan membantu donatur untuk tidak lupa menyalurkan donasi kepada yang membutuhkan. Hal ini dilakukan karena tidak sedikit donatur yang kerap lupa berdonasi dan memiliki aspirasi untuk dapat dibantu menyalurkan saldo donasinya. 

Sampai kapan masa berlaku saldo Kantong Donasimu? 

Masa berlaku saldo Kantong Donasimu akan diperpanjang ketika donatur melakukan transaksi menggunakan Kantong Donasimu, baik dengan metode berdonasi maupun pengisian saldo (top-up).

Saldo Kantong Donasimu yang telah melewati tanggal 2 Januari akan disalurkan pada tanggal 3 Januari setiap tahunnya.

Apakah masa berlaku saldo Kantong Donasimu sama untuk setiap donatur?

Ya, seluruh donatur memiliki masa berlaku Kantong Donasimu yang sama. Namun, penyaluran Kantong Donasimu secara otomatis hanya difokuskan untuk donatur dengan saldo Kantong Donasimu di bawah Rp1.000 dan tidak pernah melakukan transaksi selama 1 tahun, baik berupa donasi maupun pengisian saldo (top-up), terhitung sejak tanggal 2 Januari pada tahun sebelumnya.

Bagaimana mekanisme penyaluran otomatis Saldo Kantong Donasimu?

Pada tanggal 3 Januari di setiap tahunnya akan dilakukan penyaluran otomatis saldo Kantong Donasimu bagi donatur yang memenuhi dua kriteria sebagai berikut:

  • Donatur memiliki saldo Kantong Donasimu di bawah Rp1.000 per tanggal 2 Januari di tahun tersebut; dan
  • Donatur tidak pernah melakukan transaksi selama 1 tahun, baik berupa donasi maupun pengisian saldo (top-up), terhitung sejak tanggal 2 Januari pada tahun sebelumnya.

Penyaluran otomatis saldo Kantong Donasimu untuk kedua kriteria donatur yang disebutkan di atas dilakukan guna mematuhi peraturan Bank Indonesia, untuk menghindari terjadinya pengendapan dana di Kantong Donasimu. Saldo Kantong Donasimu tersebut akan disalurkan ke galang dana yang membutuhkan bantuan di Platform Kitabisa.

Donatur dapat memperpanjang masa penggunaan saldo Kantong Donasimu dengan melakukan donasi atau pengisian saldo (top-up) Kantong Donasimu sebelum masa pengecekan, yaitu tanggal 2 Januari setiap tahunnya.

Apakah donatur akan diberikan informasi terkait tujuan penyaluran saldo Kantong Donasimu yang disalurkan secara otomatis karena telah melewati masa berlaku?

Ya, sebagai bentuk transparansi, donatur tentu akan diberikan laporan penyaluran donasi atas penyaluran saldo Kantong Donasimu yang dilakukan secara otomatis, karena telah melewati masa berlaku.

Galang dana apa yang akan menerima penyaluran otomatis dari saldo Kantong Donasimu setelah melewati masa berlaku?

Tim Kitabisa akan menyalurkan saldo Kantong Donasimu untuk galang dana dengan kriteria sebagai berikut: 

  • Telah diverifikasi secara bertahap oleh Kitabisa;
  • Memiliki program yang berkelanjutan;
  • Penyaluran bantuan dilakukan secara berkala dan menginformasikan Kabar Terbaru kepada donatur secara periodik.

Apakah donatur dapat mengisi saldo Kantong Donasimu kembali setelah tanggal 3 Januari?

Ya, donatur dapat mengisi saldo Kantong Donasimu kembali setelah tanggal 3 Januari. Masa berlaku saldo Kantong Donasimu diterapkan untuk membantu donatur agar tidak lupa menyalurkan donasi. Setelah melewati tanggal penyaluran otomatis saldo Kantong Donasimu yang telah melewati masa berlaku, donatur dapat mengisi saldo Kantong Donasimu untuk berdonasi kembali. 

Apakah donatur yang memiliki saldo Kantong Donasimu yang akan melewati masa berlaku akan diingatkan sebelum masa berlaku saldo berakhir?

Ya, Kitabisa akan mengingatkan donatur terkait secara berkala, sebelum masa berlaku saldo Kantong Donasimu berakhir. Pengingat akan disampaikan melalui berbagai channel komunikasi, seperti pesan melalui aplikasi Kitabisa dan pesan melalui email (newsletter). Dengan pengingat tersebut, donatur dapat melakukan donasi ke galang dana pilihan masing-masing sebelum masa berlaku saldo Kantong Donasimu berakhir. 

Berapa nominal donasi yang dapat didonasikan melalui Kantong Donasimu?

Kantong Donasimu memudahkanmu untuk rutin berbagi, di mana hanya mulai dari Rp1.000 donatur telah dapat berdonasi menggunakan saldo Kantong Donasimu. 

Bagaimana cara berdonasi menggunakan Kantong Donasimu?

Donatur dapat membaca dengan lengkap cara berdonasi menggunakan Kantong Donasimu pada artikel Cara Donasi Menggunakan Kantong Donasimu.

Bagaimana cara mengisi saldo Kantong Donasimu?

Donatur dapat membaca dengan lengkap cara mengisi saldo Kantong Donasimu pada artikel Cara Mengisi Saldo Kantong Donasimu

Apakah donatur dapat mencairkan saldo Kantong Donasimu?

Ya, donatur dapat mencairkan saldo Kantong Donasimu kapan saja, sebelum masa berlaku selesai. Cara untuk mencairkan saldo Kantong Donasimu dapat dilihat pada artikel Cara Mencairkan Saldo Kantong Donasimu.