Kapan Puasa 2020 Dimulai? Berikut Prediksinya

Bulan Ramadhan merupakan bulan ampunan. Tidak semua umat muslim berkesempatan untuk bertemu dengan bulan mulia ini. Oleh karena itu, gunakan kesempatan ini untuk melakukan banyak amalan untuk menyambut puasa. Ingin tahu puasa tanggal berapa di tahun 2020? Apa saja amalan-amalan yang bisa kamu lakukan untuk menyambut bulan Ramadhan? Yuk, simak.

 

Prediksi Puasa 2020

Puasa tanggal berapa? Banyak dari kita bertanya-tanya tanggal berapa bulan Ramadhan di tahun 2020. Prediksi mulainya bulan Ramadhan bisa dilihat di kalender atau internet. Bulan Ramadhan tahun 2020 diprediksi mulai pada hari Jumat, 24 April 2020. Tanggal ini masih bersifat tentatif. 

Tanggal pasti bulan Ramadhan akan diumumkan setelah para ulama melakukan rukyat dan hisab. Kemudian hasil rukyat dari berbagai daerah di Indonesia dan hisab disandingkan. Hasilnya akan diputuskan dalam sidang isbat dan diumumkan ke seluruh masyarakat Indonesia. 

 

Amalan-amalan Menyambut Puasa

amalan puasa ramadhan

Ada banyak amalan menyambut puasa. Apa saja amalan-amalannya? Simak informasinya.

  • Bertobat dan memperbanyak istigfar

    Manusia tak luput dari salah dan dosa. Banyak godaan untuk berbuat salah, baik sengaja maupun tidak disengaja. Guna membersihkan diri dari dosa, segeralah bertobat. Berhenti melakukan dosa dan berjanji tidak akan mengulanginya. Minta ampun kepada Allah taala. Perbanyak istigfar.

    Bertobat dan memperbanyak istigfar bisa membersihkan diri dari dosa. Bahkan Allah berfirman dalam surah Al-Anfaal ayat 33, “Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun.”

  • Saling memaafkan

    Dalam menyambut bulan Ramadhan, seluruh umat muslim dianjurkan untuk saling memaafkan. Jika kamu memiliki hubungan yang renggang dengan keluarga, jalin kembali hubungan keluarga. Hubungan yang harmonis dalam keluarga akan membuat ibadah puasa lebih khusyuk. Sucikan hati dengan meminta maaf dan saling memaafkan. 

  • Bersukacita menyambut bulan suci Ramadhan

    Amalan selanjutnya adalah bersukacita menyambut bulan Ramadhan. Bisa berjumpa kembali dengan bulan Ramadhan merupakan berkah dari Allah. Bulan ini menjadi bulan untuk umat muslim menuai pahala. Bulan ini jugalah bulan di mana Al Qur’an diturunkan. Dalam surah Yunus ayat 58, Allah SWT. berfirman,

    “Katakanlah (Muhammad), “Dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Itu lebih baik daripada apa yang mereka kumpulkan.”

  • Membayar kembali puasa wajib yang tertinggal

    Amalan lain yang bisa kamu lakukan adalah membayar kembali puasa wajib yang tertinggal. Ini biasanya terjadi pada wanita. Para wanita jarang bisa puasa sebulan penuh karena menstruasi. Sebelum bulan Ramadhan datang, segera membayar puasa yang terlewat. Ganti puasa sesuai dengan jumlah hari puasa wajib yang tertinggal.

  • Melatih diri dengan puasa sunah

    Berpuasa sunah di bulan Syakban bisa kamu lakukan sebagai amalan untuk menyambut bulan Ramadhan. Berpuasa sunah juga bisa sebagai ajang untuk melatih diri berpuasa di bulan Ramadhan. Dalam hadis yang diriwayatkan HR. Bukhori, Dari Aisyah ra, Ia berkata:

    “Tidaklah saya melihat Rasulullah menyempurnakan satu bulan puasa kecuali Ramadhan, dan tidaklah saya melihat Rasulullah yang paling banyak puasanya kecuali di bulan Syakban.”

  • Bersedekah
    Selain membuka pintu rezeki, bersedekah bisa mendapatkan pahala dari Allah SWT. Bersedekah juga dapat menghapus dosa. Jika kamu sering bersedekah, kamu akan mendapat pintu surga yang hanya dapat dimasuki oleh orang yang bersedekah. Dalam hadis yang diriwayatkan HR. Tirmidzi, disahihkan oleh Al Albani dalam Sahih At Tirmidzi no.614, Rasulullah SAW. Bersabda,

    “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.”

Sudah tahu prediksi puasa tanggal berapa di tahun 2020? Sebelum bulan Ramadhan datang, lakukan berbagai amalan ini, termasuk bersedekah. Bersedekah tidak hanya bisa dilakukan di sekitar, namun bisa dilakukan secara online melalui Kitabisa. Dengan bersedekah di Kitabisa, kamu telah membantu banyak orang yang membutuhkan.


Kamu bisa menyempurnakan ibadah di bulan Ramadhan dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah