Kapan Sih Tepatnya Waktu Sedekah Subuh Itu? Ini Jawabannya

Akhir-akhir ini, gerakan sedekah subuh makin sering digembar-gemborkan. Pasalnya, amalan sedekah subuh memiliki beragam keutamaan yang sayang untuk dilewatkan, khususnya bagi para umat Islam. Dalam mengamalkan sedekah subuh, tentu orang yang mengamalkan sedekah perlu mengetahui waktu sedekah subuh yang tepat.

Sebagian dari kamu mungkin berpikir, sedekah subuh—tentu saja diamalkan pada waktu subuh! Pernyataan tersebut benar adanya, namun ada batasan waktu tertentu yang menjadikan sedekah subuh sebuah amalan yang istimewa. Oleh sebab itu, mari kita kenali waktu yang pas untuk melakukan amalan sedekah subuh.

Apa Itu Sedekah Subuh?

Secara singkat memang sedekah subuh dapat diartikan sebagai kegiatan bersedekah pada waktu subuh. Nah, sebenarnya apa, sih, arti bersedekah itu?

Menurut BAZNAS, sedekah dapat diartikan sebagai kegiatan untuk memberikan bagian dari kekayaan kita (baik itu harta maupun non-harta) dari satu individu atau badan usaha untuk kemaslahatan umum. Tentunya, kekayaan yang dikeluarkan dalam bentuk sedekah ini bukan dalam rangka menunaikan zakat, ya.

Sebagaimana tercantum dalam surat Al Baqarah ayat 271, sedekah disebut-sebut sebagai amalan mudah yang begitu dicintai Allah. Kecintaan Allah terhadap amalan yang satu ini ditunjukkan lebih banyak dalam ayat-ayat lain, misalnya saja dalam surat Al Hadid ayat 7. Pada ayat tersebut, Allah bahkan menjanjikan ganjaran pahala yang besar pada orang baik yang gemar bersedekah.

Lalu, mengapa harus sedekah subuh? Bukankah semua waktu sama saja?

Meski kamu bisa sedekah kapan saja, rupanya subuh merupakan salah satu waktu yang diutamakan untuk melakukan amalan ini. Kira-kira, apa ya, keutamaan sedekah di waktu subuh?

Dahsyatnya Sedekah Waktu Subuh

Dua ayat yang telah disebutkan di atas, yaitu Al Baqarah ayat 271 dan Al Hadid ayat 7 memang tidak menyebutkan bahwa subuh menjadi waktu yang begitu disarankan bagi kita untuk bersedekah. Lantas, hal apa yang menguatkan bahwa sedekah subuh ini menjadi waktu yang begitu diutamakan dalam bersedekah?

Rupanya, sedekah subuh ini pernah disinggung oleh Nabi Muhammad saw. Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah saw. bersabda:

“Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua Malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga).” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).” (HR Bukhari dan Muslim).

Sabda Rasulullah saw. itulah yang sering dijadikan acuan bagi orang baik yang melakukan amalan sedekah subuh. Hal ini tentu didukung oleh banyaknya ayat yang menjelaskan keutamaan bersedekah sebagai penyerta penjelasan mengenai waktu sedekah subuh.

Perihal sedekah subuh, ada beberapa alasan mengapa sedekah subuh menjadi amalan yang begitu disarankan, yaitu:

1. Sedekah subuh: pembuka pintu rezeki

Pernah mendengar nasihat ‘tidur pagi akan menghalangi rezeki’? Nah, jika dilihat dari sudut pandang Islam, hal ini ternyata sudah pernah disinggung oleh Rasulullah saw. semasa hidupnya. 

Ada sebuah kisah yang diriwayatkan dari H.R. Baihaqi terkait tidur di waktu subuh atau pagi hari.

Pada suatu hari, Rasulullah saw. baru saja pulang setelah melaksanakan salat subuh. Akan tetapi, beliau menjumpai putrinya, Fatimah, masih tertidur pulas.

Mengetahui hal tersebut, Rasulullah membalikkan tubuh putrinya itu. Kemudian, beliau mengatakan hal ini kepada putrinya:

“Hai Fathimah, bangun dan saksikanlah rezeki Rabb-mu karena Allah membagi-bagikan rezeki para hamba antara sholat subuh dan terbitnya matahari.”

Sebagaimana telah disebutkan, setiap subuh hingga terbitnya matahari ada malaikat yang turun ke dunia lalu berdoa kepada Allah untuk memberikan ganjaran bagi siapa pun yang menginfakkan hartanya untuk kebaikan. 

Nah, dengan melakukan sedekah pada waktu sedekah subuh, maka kamu bisa mendapatkan kesempatan emas tersebut dari Maha Pemberi Rezeki. 

2. Sedekah subuh membuat hajatmu mudah terkabul

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad, Rasulullah saw. bersabda bahwa siapa pun yang ingin doanya terkabul, maka hendaknya ia membantu menyelesaikan kesulitan orang lain.

Nah, dengan melakukan amalan waktu sedekah subuh, kamu bisa menjadi salah satu dari segenap orang baik yang membantu meringankan kesulitan orang lain. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan sedekah subuh. Salah satunya adalah dengan berdonasi melalui program sedekah subuh Kitabisa.

3. Subuh merupakan waktu yang tepat untuk memperbanyak kebaikan

Mengapa subuh menjadi waktu yang amat disarankan untuk melakukan kebaikan (khususnya sedekah)? Sedekah yang dilakukan di waktu subuh akan terasa lebih spesial karena hanya orang-orang yang memiliki niat yang kuat saja yang dapat melakukannya. 

Di momen pergantian malam dan pagi ini, banyak orang  yang masih terlelap dalam mimpinya. Oleh karena itu, ganjaran pahala dari Allah swt. bagi orang yang bersedekah subuh (atau beramal baik pada waktu subuh) akan sangat besar.

Waktu Sedekah Subuh Terbaik

Kapan, sih, waktu yang tepat untuk melakukan sedekah subuh?

Karena namanya ‘sedekah subuh’, maka sudah tentu waktu sedekah yang tepat adalah pada saat subuh. Lebih detailnya, kamu bisa melakukan sedekah subuh di waktu sedekah subuh, yaitu mulai azan subuh hingga sebelum matahari terbit.

Jadi, waktu sedekah yang disarankan memang bukan sekadar ‘subuh’. Tiap hari waktu ini bisa berubah, namun patokan yang perlu kamu gunakan sebagai waktu sedekah subuh adalah dari azan subuh hingga sebelum matahari terbit.

Tentu saja kamu bisa bersedekah sebelum subuh, misalnya pada pukul 03.00 pagi; atau mungkin bersedekah setelah matahari terbit. Akan tetapi, sedekah subuh pada jam-jam tersebut tidak termasuk dalam waktu sedekah subuh yang terbaik.

Bagi kamu yang masih baru mau memulai sedekah subuh, ada baiknya kamu menyetel  pengingat agar sedekah subuh kamu tidak ter-skip. Agar tidak tercampur dengan alarm bangun pagi, setel alarm untuk sedekah subuh secara terpisah, ya! 

Tata Cara Sedekah Subuh

Setelah mengetahui apa saja keutamaan sedekah subuh, mungkin kamu makin penasaran dan termotivasi untuk melakukan amalan baik yang satu ini. Tetapi, tunggu dulu. Sebelum melakukan hal baik ini, pastikan kamu sudah mengetahui bagaimana tata cara bersedekah pada waktu sedekah subuh yang disarankan.

Meski gampang, sedekah subuh bukanlah hal yang bisa dilakukan bermodalkan niat semata. Kamu perlu mengetahui waktu sedekah subuh yang tepat dan hal-hal apa saja yang bisa kamu sedekahkan. Tak lupa, tata cara bersedekah pun wajib kamu kuasai terlebih dahulu. 

Tata cara dalam melaksanakan sedekah subuh adalah sebagai berikut:

1. Ketahui terlebih dahulu waktu sedekah yang tepat 

Mengetahui waktu yang tepat diibaratkan sebagai ‘siasat’ terpenting yang bisa kamu gunakan saat melakukan amalan ini. Nah, mengingat sedekah subuh dilakukan selama waktu yang terbatas, pastikan kamu tidak kesiangan, ya!

Untuk membantumu tetap disiplin dalam menunaikan sedekah subuh, kamu bisa setel alarm atau pengingat. Jadi, kamu tidak hanya perlu menyiapkan alarm untuk salat subuh, siapkan juga reminder tersendiri untuk amalan mulia ini.

2. Niatkan amalanmu

Memang benar adanya bahwa tanpa aksi, niat hanyalah untaian kata-kata semata. Akan tetapi, tanpa adanya niat yang kuat untuk bangun pada waktu sedekah subuh dan melakukan amalan sedekah subuh itu sendiri, tindakan baik tersebut juga mustahil dilakukan. Untuk itu, pastikan untuk melakukan amalan ini dengan niat yang kuat, ya!

3. Siapkan harta yang ingin kamu sedekahkan

Tidak harus dengan uang berjuta-juta, kok. Kamu bisa mulai sedekah dengan uang nominal yang lebih kecil. 

Perlu diingat pula bahwa sedekah subuh tidak mengharuskanmu untuk bersedekah dengan uang. Kamu bisa, kok, bersedekah dengan memberi makan kucing jalanan atau memberikan sekilo beras untuk tetanggamu yang kesulitan secara finansial. Asalkan, waktunya sesuai dengan yang sebelumnya disebutkan.

Walaupun tidak banyak, bantuan yang dilakukan secara rutin memiliki nilai plus dibandingkan sedekah subuh yang dilakukan sekali saja dengan nominal sedekah yang besar. Terkait kedisiplinan bersedekah ini, Rasulullah saw. pernah bersabda,

“Amalan yang paling dicintai Allah Ta’ala adalah amalan yang dilakukan secara terus menerus, meskipun itu jumlahnya sedikit.” (HR. Muslim) 

Nah, kalau kamu ingin sedekah subuhmu antiribet, kamu bisa menggunakan metode yang lebih modern lagi, yaitu berdonasi dengan transfer ke lembaga crowdfunding yang terpercaya. Saat ini kamu bahkan bisa melakukan donasi hanya melalui aplikasi, lho. 

Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan aplikasi Kitabisa. Dengan aplikasi ini, sedekah subuh kamu jadi makin mudah, sebab kamu bisa mulai bersedekah mulai dari Rp1.000,00 saja!  

4. Cari sasaran sedekahmu

Langkah selanjutnya adalah merencanakan siapa target sedekahmu. Terkadang hal ini malah jadi aspek yang paling susah, sebab bisa jadi orang-orang di sekitar rumah kita tampak hidup berkecukupan. 

Jika kamu ingin opsi yang relatif mudah, kamu bisa mengisi kotak amal di masjid atau sesimpel menyediakan celengan khusus untuk sedekah subuh yang perlu kamu isi tiap hari. 

Akan tetapi, menyimpan uang di celengan tidak dapat berlaku jika kamu bersedekah dengan memberikan barang, misalnya beras dan lauk-pauk. Lalu, siapa yang akan kamu beri sedekah jika targetnya saja masih belum tahu?

Selain ke golongan fakir miskin, dalam menentukan target sedekah, kamu juga perlu memperhatikan kondisi keluarga besarmu juga. Sebab, bisa saja ada anggota keluarga besarmu yang masih hidup kekurangan dan butuh bantuan. 

Aturan mengenai hal ini tentunya memiliki dasar juga, lho. Diriwayatkan dari Abu Sa’id al-Khudri, disebutkan bahwa pada suatu hari Rasulullah mendapatkan kunjungan dari Zainab, istri Abdullah bin Mas’ud. 

Pada saat itu, Zainab bertanya kepada beliau mengenai sedekah karena saat itu ia ingin menyedekahkan perhiasannya. Sedangkan, menurut Abdullah bin Mas’ud, ia dan anaknya memiliki hak lebih atas sedekah yang dilakukan istrinya. 

Ternyata, Rasulullah sendiri membenarkan bahwa suami dan anaknya perlu didahulukan untuk menerima sedekah daripada orang lain. Amanat yang dimaksud adalah penuhi terlebih dahulu kebutuhan anggota keluargamu, baru alokasikan uangmu untuk orang lain.  

Hal ini diperkuat dengan adanya penjelasan Imam Nawawi. Dalam kitabnya Al Majmu’ Syarah Al-Muhadzab (halaman 238, juz 6), Imam Nawawi menyatakan bahwa ulama sepakat bahwa bersedekah pada sanak kerabat terdekat lebih utama dibandingkan dengan bersedekah pada orang lain. 

Jadi, sebelum memutuskan untuk bersedekah kepada orang lain, coba cari tahu dahulu apakah ada seseorang dari keluargamu yang sedang kesusahan. Nah, orang tersebut bisa menjadi target sedekah subuhmu. 

5. Mulailah bersedekah subuh

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, niat tanpa adanya aksi nyata dapat dikatakan sebagai omong kosong belaka. Nah, jika kamu sudah mengetahui banyak hal mengenai sedekah subuh, termasuk mengetahui keutamaan sedekah subuh, waktu sedekah subuh yang tepat, tata cara melakukannya, serta memiliki target yang kamu nilai berhak untuk mendapatkan sedekah, inilah saatnya kamu merealisasikan niat tersebut.

Bagi segelintir orang mungkin memulai hal ini tidaklah mudah. Sebagai saran, kamu bisa coba untuk lakukan sedekah subuh dengan nominal sedikit terlebih dahulu sembari membentuk kebiasaan baru. 

Agar tidak lupa, usahakan untuk melakukan sedekah setiap hari selepas salat subuh. Jika perlu, kamu bisa setel pengingat atau alarm agar konsistensi sedekahmu tetap terjaga. Jika kamu sudah mulai terbiasa bersedekah subuh tiap hari, sedekah-sedekah selanjutnya akan jadi lebih mudah untukmu.

6. Iringi dengan doa 

Menurut perspektif Islam, subuh merupakan waktu pembagian rezeki bagi seluruh makhluk. Tak hanya itu, bagi siapa pun yang bersedekah, maka malaikat turut mendoakan agar orang yang berderma pada waktu sedekah subuh diberikan imbalan atas sedekah yang diberikan.

Jadi, dengan berderma di waktu sedekah subuh, kamu membuka kesempatan agar rezekimu dilimpahkan. Salah satunya adalah dalam bentuk terkabulnya hajat alias keinginan-keinginanmu. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengiringi amalan sedekah subuhmu dengan doa, ya!

Mudahnya Sedekah Subuh Melalui Aplikasi Kitabisa

Bersedekah pada waktu sedekah subuh memang membutuhkan sikap disiplin yang kuat. Tak hanya itu, kamu perlu membangun komitmen agar sedekah subuhmu tidak putus di tengah jalan.

Salah satu cara agar kebiasaan baik bersedekah pada waktu subuh bisa terbentuk adalah dengan memilih cara yang mudah dalam bersedekah. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan celengan untuk ‘menampung’ sedekah subuhmu. 

Akan tetapi, menggunakan cara tersebut berarti kamu perlu mencari ‘target sedekahmu’ sendiri setelah celenganmu penuh nanti. Agak ribet, bukan? 

Nah, daripada bingung cari target sedekah lagi setelah celenganmu penuh, kamu bisa gunakan aplikasi Kitabisa. Dengan aplikasi ini, kamu tidak perlu bingung lagi mencari target untuk dana sedekah subuhmu. 

Aplikasi Kitabisa tidak mengharuskanmu untuk bersedekah dengan nominal yang besar, kok! Kamu bisa mulai sedekah subuh mulai dari Rp1.000 saja. 

Di aplikasi ini, kamu juga bisa bertemu ribuan orang baik lain yang memiliki semangat sedekah subuh yang sama sepertimu. Bahkan pada pukul 04.00-06.00 WIB, Kitabisa mencatat ada 1-2 donasi yang masuk untuk tiap detiknya. Puncaknya ada di sekitar pukul 05.00 WIB. Tiap detik satu hingga dua donasi, itu merupakan hal yang luar biasa, bukan?

Dengan kemudahan yang ditawarkan aplikasi Kitabisa, kamu bisa berbuat baik dan melakukan ‘gotong royong kebaikan’ lebih banyak. Tentunya, semakin banyak juga orang yang bisa kamu bantu.

Uniknya lagi, jika kamu bersedekah melalui aplikasi Kitabisa, kamu bisa, lho, menuliskan doa melalui kolom khusus yang sudah disediakan. Doa-doa kamu bisa dilihat oleh orang baik lain, dan mereka pun bisa membantu mengaminkan doa yang kamu tulis. Tentu saja, kamu juga bisa mengaminkan doa orang lain dengan aplikasi ini.

Dengan aplikasi ini kamu tak perlu cemas kelewatan waktu sedekah subuh. Sebab, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur Pengingat Donasi yang tentunya akan sangat bermanfaat terutama untuk kamu yang masih baru memulai sedekah subuh. Setelah mempelajari waktu sedekah subuh dan hal-hal lain yang terkait dengan amalan mulia ini, kamu tentu makin tertarik untuk memulai bersedekah rutin saat subuh, bukan? Yuk, percepat langkah kita menjadi orang baik dengan mulai mengamalkan sedekah subuh melalui aplikasi Kitabisa. Kamu bisa mulai dengan mengunduh aplikasinya melalui tautan ini, simpel kok!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *