Kisah Sukses

Kawan Puan Kampanyekan #BukanSayangNamanya untuk Korban Kekerasan dalam Hubungan

Segala bentuk kekerasan yang dilakukan oleh pasangan #BukanSayangNamanya. 

Cerita2 di video ini mungkin bisa menggambarkan what it feels like to be in toxic relationship...” – tulis Hannah Al Rasyid dalam utas yang dibuatnya di Twitter pada Sabtu lalu (14/2). 

Tepat di hari kasih sayang, Hannah bersama para influencer lainnya seperti Stephany Josephine (@teppy87), Ligwina Hananto (@mrshananto), dan Kristo Immanuel (@kristoimmanuel) meramaikan tagar #BukanSayangNamanya di Twitter. Dalam tweet-nya, mereka juga membagikan video berdurasi 2 menit yang berisikan kisah para penyintas kekerasan. Hal ini bertujuan untuk menyadarkan publik akan bahayanya kekerasan dalam hubungan atau toxic relationship yang seringkali dibalut dengan alasan cinta. Selain itu, ini juga bagian dari gerakan KawanPuan, program solidaritas berbentuk urunan dana untuk membantu pemulihan para korban kekerasan.

Hannah membagikan data yang ia dapat dari Catatan Tahunan (Catahu) Komnas Perempuan melalui cuitannya. “Sebelum share my own story, I wanna share some stats with you first (dari Catahu @KomnasPerempuan 2020) 75% kasus kekerasan terjadi di ranah personal. #BukanSayangNamanya”, ungkap Hannah. 

“Dari Pelaku Kekerasan Seksual Ranah Personal, yang paling tinggi adalah Pacar. What this data says to me is that anak muda are super vulnerable makanya speaking about this issue and knowing red flags in a relationship are so important.”, lanjutnya.

Dalam video yang dibagikan, para penyintas ini menceritakan kisah mereka mendapatkan perlakuan yang tidak pantas dari pasangannya. Mulai dari yang bentuknya perkataan kasar hingga kekerasan secara fisik dan mental. 

Adapun salah satu cerita datang dari Intan (nama samaran) yang diancam oleh kekasihnya kala itu akan dibakar rumahnya jika memutuskan hubungan. Ancaman tersebut dihiraukan Intan karena menganggap kekasihnya tidak mungkin melakukan hal tersebut. Sampai suatu pagi, tetangga Intan menyampaikan bahwa saat malam di sekitaran rumahnya tercium bau bensin.

“Aku hampir dipecat dari perusahaan karena setelah satu bulan putus, dia dateng buat onar di kantor”, ungkapnya.

Intan dan para penyintas lainnya juga menjelaskan bagaimana perjuangan mereka untuk dapat lepas dari situasi tersebut tidaklah mudah dan menghimbau masyarakat untuk mencari pertolongan jika mengalami kekerasan dalam hubungan. “Yang harus teman-teman tau kalau cinta itu nggak kayak gitu. Carilah pihak luar sebanyak-banyaknya. (Untuk teman-teman korban) ajaklah ngobrol, supaya kita (para korban) bisa sadar akan situasi yang sebenarnya terjadi.”, jelas Raya (nama samaran), salah satu penyintas.

Beragam bentuk simpati datang dari publik baik melalui akun Hannah maupun Kitabisa, sebagai platform galang dana yang memfasilitasi gerakan KawanPuan. Hal ini ditunjukkan dari banyaknya komentar berisikan dukungan maupun cerita sesama penyintas. Sejumlah publik figur pun turut terlibat dalam gerakan ini seperti Cinta Laura, Gita Savitri, Abimana, Joko Anwar, Raisa, Ligwina Hananto, Arie Kriting, Indah Permatasari, dan lainnya.
Masyarakat juga dapat terlibat memberikan dukungannya dalam bentuk donasi melalui kitabisa.com/kawanpuan. Bekerja sama dengan sejumlah LSM dan LBH, hasil donasi akan digunakan untuk membantu pemulihan atau advokasi bagi perempuan maupun kelompok lainnya yang menjadi korban kekerasan. Hingga kini donasi yang terkumpul mencapai lebih dari 90 Juta Rupiah.

Recent Posts

<strong>Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa</strong>

Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa

Bingkisan Sehat adalah salah satu program dari Kitabisa yang men-support para Pejuang Sembuh melalui pemberian…

4 days ago
<strong>Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga</strong>

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga Kamu tertarik datang ke Festival Warga Bantu…

1 week ago
<strong>Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus</strong>

Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus

Kampusmu memiliki berbagai program kegiatan sosial dan ingin berkolaborasi dengan Kitabisa? Jangan khawatir, Kitabisa siap…

1 week ago
Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Halo #OrangBaik, Kitabisa menghadirkan fitur baru untuk kamu yang ingin memberikan kado/hadiah kepada orang tersayang.…

1 week ago
Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Apa itu Program “Paket Data untuk UMKM Melek Digital”Sebuah program untuk membantu memberikan bantuan pembelian…

3 weeks ago
Voluntrip By Kitabisa

Voluntrip By Kitabisa

Apa itu Voluntrip? Voluntrip adalah program yang diadakan oleh Kitabisa untuk mewadahi masyarakat umum yang…

3 weeks ago