Keceriaan Baby Jove Keluar dari NICU

Berkat dukungan dari para #OrangBaik, Baby Jove berhasil melewati masa kritisnya. Ia sempat mengalami Asfiksia atau kondisi tidak ada detak jantung saat lahir. Kini, Baby Jove sudah keluar dari NICU baby dan kondisinya sudah jauh membaik.


Ibunda Baby Jove, Ruth, mendadak harus menjalani operasi caesar. Saat lahir, Baby Jove mengalami asfiksia berat atau kondisi dimana bayi tidak bernapas dan tidak ada detak jantung. Untuk penanganannya, bayi mungil ini harus dirawat di NICU baby serta cek lab. Ruang NICU adalah ruang perawatan intensif khusu bayi. Di sana, kondisi baby Jove harus selalu dipantau oleh tim medis setiap waktu.

 

Galang Dana untuk Penuhi Biaya Pengobatan

ruang nicu

Selain biaya pengobatan sang buah hati, Ruth juga harus memenuhi biaya operasi caesarnya yang mendadak. Biaya yang dibutuhkan sangatlah besar, sementara keluarga belum bisa memenuhinya. Karena itu, Ruth menggalang dana di Kitabisa agar biaya rumah sakit dirinya dan sang buah hati dapat terbantu. 

Sejak galang dananya dibuat, ratusan #OrangBaik turut berdonasi dan mendoakan kesembuhan baby Jove. Bagi Ruth dan keluarga, bantuan dari yang didapatkan tidak hanya meringankan beban secara finansial tetapi juga mental. Ia sekeluarga merasa mendapatkan semangat lagi untuk menghadapi cobaan yang diberikan Tuhan.

 

Pengobatan Jove di NICU Baby

perawatan nicu

Saat menjalani pengobatan, baby Jove sempat kejang. Dokter memutuskan untuk melakukan rontgen paru, rekam jantung, dan USG kepala. Berdasarkan pemeriksaan tersebut, dicurigai adanya PVL (Periventricular Leukomalacia), atau kerusakan jaringan di sekitar ventrikel. Sementara, napas dari paru-paru baby Jove masih sangat berdahak. Setiap beberapa jam sekali, harus dilakukan suction pada paru-parunya. 

Perlahan-lahan, selang ke paru-paru baby Jove mulai dilepas. Tetapi, obat kejang masih terus diberikan sampai adanya kabar terbaru mengenai perkembangan otak di USG selanjutnya.

Setelah kurang lebih menjalani perawatan 2 minggu di NICU, baby Jove diperbolehkan pulang setelah sebelumnya dipindahkan ke ruang observasi bayi. Meski begitu, kondisinya harus terus dipantau dan melakukan rawat jalan. Baby Jove juga masih harus menjalani USG kepala, tes EEG, dan OAE. 

Baca juga:
Perjalanan Bayi Prematur untuk Keluar dari NICU
Bayi Kembar Prematur Pejuang NICU

 

Kesembuhan Baby Jove 

bayi nicu

Pengobatan rawat jalan rutin dilakukan oleh baby Jove. Kini, kondisinya sudah sangat membaik. Obat anti kejang juga sudah tidak lagi diberikan agar baby Jove bisa beraktivitas lebih banyak. Menurut dokter, hal yang harus terus dilakukan adalah memperhatikan tumbuh kembang baby Jove nantinya. 

Ruth dan keluarga mengucapkan rasa terima kasih mereka untuk #OrangBaik yang turut membantu kesembuhan baby Jove. Bagi Ruth, galang dana yang ia buat di Kitabisa menjadi saluran berkat bagi mereka yang membantu dan baby Jove. 


Seperti orang tua baby Jove, kamu juga bisa bantu keluarga, teman, atau kerabat yang sedang berjuang untuk sembuh dan butuh biaya pengobatan dengan cara galang dana di Kitabisa. Klik gambar di bawah ini!

galang dana kitabisa