Kedahsyatan Sedekah Subuh dan Cara Mengamalkannya

Subuh merupakan waktu terbaik untuk melakukan ibadah, termasuk salat dan zikir. Pasalnya, ketika subuh, malaikat turun ke bumi untuk menyaksikan ibadah manusia kepada Allah SWT. Saat subuh juga menjadi momen tepat bagi kamu yang ingin sedekah.

Kedahsyatan sedekah subuh dapat dirasakan secara langsung oleh pelakunya. Selain itu, sedekah subuh juga memberikan manfaat bagi orang-orang sekitar kamu.

Lalu, bagaimana cara mengamalkan sedekah subuh agar merasakan kedahsyatannya? Yuk, simak terus artikel ini!

Kedahsyatan Amalan Subuh

Sedekah subuh menjadi salah satu cara menyisihkan harta yang kamu miliki di jalan Allah SWT sebelum matahari terbit. Amalan ini dipercaya mampu memberikan dampak positif untuk kehidupan. 

Berikut ini kedahsyatan amalan subuh yang akan diberikan oleh Allah SWT.

  • Hajat Cepat Terkabul

Melalui hadis yang diriwayatkan oleh Musnad Ahmad, Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa doa bisa terkabul dengan membantu sesama. Artinya, jika kamu tulus membantu orang lain yang sedang kesulitan, Allah SWT akan membalas kebaikan itu. Salah satu balasannya adalah dengan mengabulkan doa kamu.

Dianjurkan melakukan kebaikan, termasuk bersedekah, ketika subuh. Dengan demikian, permohonan kamu yang terlantun dari doa lebih cepat dikabulkan Allah SWT.

  • Dosa Diampuni

Tidak ada manusia yang luput dari dosa, baik yang sengaja maupun tidak. Salah satu cara untuk menghapuskan dosa, yaitu memperbanyak sedekah. Namun, kamu harus memastikan sumber sedekah itu diperoleh dengan cara halal. 

  • Dibukakan Pintu Rezeki

Rezeki merupakan hak prerogatif Allah SWT setelah menilai usaha yang dilakukan manusia. Ketika kamu mendapatkan rezeki, sisihkan sebagian untuk sedekah subuh. Dengan sedekah, harta tersebut tidak akan berkurang. Justru, Allah SWT akan menambah rezekimu melalui jalan yang tidak disangka.

  • Didekatkan dengan Pintu Surga

Sedekah adalah salah satu bentuk kebaikan yang bisa mengantarkan manusia ke pintu surga. Hal ini dikuatkan oleh sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim. Rasulullah SAW bersabda, bahwa orang yang ikhlas memberikan dua harta di jalan Allah SWT akan dipanggil melalui salah satu pintu surga.

  • Malaikat Mendoakan Kamu

Sebelum matahari terbit, Allah SWT menurunkan dua malaikat ke bumi untuk mendatangi seorang hamba. Kedua malaikat tersebut senantiasa berdoa agar orang yang membelanjakan harta di jalan Allah SWT senantiasa dibukakan jalan rezekinya. 

Sebaliknya, ketika ada seorang hamba yang bakhil, kedua malaikat mendoakan agar Allah SWT membinasakannya. Jadi, kamu jangan ragu menyedekahkan rezeki halal di jalan Allah SWT karena akan diberikan ganti yang lebih baik.

Cara Mengamalkan Sedekah Subuh

Melakukan sedekah subuh secara rutin adalah hal mudah. Kamu bisa mulai dari membaca Alquran, zikir, salat sunah, hingga menyisihkan rezeki untuk donasi. Supaya lebih memahami cara sedekah subuh, simak penjelasan di bawah ini.  

  • Salat sunah qobliyah. Ibadah ini dilakukan sebanyak dua rakaat sebelum melaksanakan salat fardu subuh. Jika kamu bisa melakukan secara rutin, Allah SWT akan memudahkan segala urusanmu dan membuka jalan rezeki seluas-luasnya.
  • Berzikir walau sebentar. Orang yang berzikir senantiasa dilapangkan rezekinya oleh Allah SWT. Selain itu, zikir membuat hati lebih tenang dan dekat dengan Sang Pencipta.
  • Menyisihkan sebagian rezeki untuk mengisi kotak amal. Kotak amal  biasanya diletakkan di depan masjid atau toko-toko yang memiliki banyak pengunjung. Pemilik kotak amal bisa dari yayasan yatim piatu, panti jompo, maupun orang-orang yang membutuhkan dana untuk berobat. 
  • Mengirim makanan setiap pagi. Jika kamu memiliki banyak makanan, jangan lupa berbagi dengan tetangga atau yang membutuhkan. Dengan membagikan makanan, kamu telah membantu meringankan beban mereka.
  • Mengirim donasi saat subuh. Donasi biasanya diunggah di media sosial maupun platform fundraising yang kamu ikut. Jika menemukan unggahan sosial tentang donasi, upayakan ikut berpartisipasi. 

Salah satu platform fundraising yang bisa diandalkan untuk berpartisipasi dalam donasi adalah aplikasi Kitabisa. Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa mentransfer donasi mulai dari Rp1.000. selain itu, Kitabisa membantu masyarakat yang ingin mengetahui jumlah kewajiban zakat melalui kalkulator khusus.Demikian beberapa hal penting terkait kedahsyatan sedekah subuh yang harus kamu ketahui. Tunggu apa lagi? Segera tunaikan kebaikan kamu dengan menyisihkan sebagian rezeki untuk donasi melalui aplikasi Kitabisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *