Keistimewaan Sedekah Subuh Saat Bulan Ramadan

Bulan Ramadan adalah saat yang istimewa untuk beribadah, apalagi jika dibarengi sedekah subuh. Keistimewaan Sedekah Subuh tidak hanya bermanfaat untuk orang yang mendapatkannya, tetapi juga pemberinya. Sedekah tulus saat bukan istimewa ini juga bisa membuat hidup lebih baik, terutama jika dipertahankan bahkan setelah Ramadan berakhir.

Apa saja hal-hal baik yang dibawa Sedekah Subuh saat Ramadan? Berikut beberapa di antaranya.

1. Hati Lebih Lapang

Selama Ramadan, Muslim yang sanggup secara fisik dan mental diwajibkan berpuasa. Hal ini tidak hanya melatih fisik dan mental, tetapi juga menguji hati agar lebih dermawan dan lapang. Sedekah Subuh tidak hanya mendatangkan kebaikan, tetapi juga membuat hati pelakunya lebih lapang, seperti kebun yang terus disirami sehingga subur.

Dalam Surat Al Baqarah ayat 265, pemberi sedekah yang melakukannya karena ketulusan hati digambarkan seperti kebun di dataran tinggi dan terus mendapat hujan lebat. Kebun tersebut akan semakin subur dan hasil panennya semakin banyak serta berkualitas. Pemberi sedekah pun akan mendapatkan rahmat Allah, lahan rezeki luas, serta hati yang lebih tenang dan lapang.

2. Jauh dari Api Neraka

Bulan Ramadan identik dengan ampunan dan tobat, terutama jika ditambah Sedekah Subuh. Salah satu hadis Nabi Muhammad SAW menyebut bahwa sedekah bisa menjauhkan api neraka walau yang bisa kamu berikan hanya separuh kurma. Jika sedekah kecil saja bisa menjauhkanmu dari api neraka, bayangkan keistimewaan Sedekah Subuh jika kamu bisa memberikan sesuatu yang lebih besar.

Walau sedekah bisa membantu menghindari ancaman neraka, jangan lupa sertakan hati yang tulus. Sedekah tulus akan membuat dampak positifnya semakin terasa, terutama di bulan suci seperti Ramadan.

3. Mengurangi Dosa-Dosa

Hadis Riwayat Bukhari menyebut Ramadan sebagai bulan di mana pertobatan diterima, pintu neraka ditutup, dan pintu surga dibuka lebih lebar. Itu sebabnya banyak orang memutuskan untuk memulai hidup yang lebih baik saat Ramadan tiba. Selain menghentikan perbuatan dosa, Ramadan bisa menjadi momen baik untuk semakin mengurangi dosa lewat Sedekah Subuh.

Manfaat pertobatan dan pengurangan dosa ini tercantum dalam Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim yang menyebut sedekah sebagai salah satu amalan yang dibawa setelah mati. Dalam hadis tersebut, Nabi Muhammad SAW menyebut pemberi sedekah sebagai salah satu golongan yang dilindungi dari panasnya Padang Mahsyar setelah kiamat. Akan tetapi, hal ini hanya berlaku untuk orang yang bersedekah tulus tanpa niat pamer.

4. Pahala Sedekah Lebih Besar

Keistimewaan Sedekah Subuh akan lebih besar jika dilakukan di bulan yang istimewa seperti Ramadan. Ini adalah bulan di mana umat Muslim mendapat pahala berlipat ganda ketika melakukan kebaikan dan amalan secara tulus. Hal ini tentu saja termasuk sedekah. Ketika kamu melakukan Sedekah Subuh secara ikhlas, pahalanya akan berlipat ganda, terutama jika disertai perbuatan-perbuatan baik lainnya.

5. Menambah Keberkahan pada Harta

Ketika bekerja mengumpulkan harta, ingatlah bahwa ada hak-hak orang lain di dalam harta tersebut. Sedekah Subuh menambah keberkahan pada harta dengan memberikan hak-hak mereka yang membutuhkan bantuan. Sedekah pada waktu ini juga akan membuatmu didoakan oleh malaikat agar hartamu tetap bersih dan rezeki terus mengalir.

Menurut Hadis Riwayat Bukhari, ada dua malaikat yang akan berdoa ketika kamu bersedekah di pagi hari. Salah satunya mendoakan agar rezekimu mengalir setelah bersedekah, sedangkan yang satu lagi meminta agar rezeki orang kikir tertahan. Jadi, jika kamu ingin hartamu bersih dan rezeki bertambah, jangan lupa lakukan sedekah terutama pada pagi hari atau Ramadan.
Aplikasi KitaBisa memudahkanmu melakukan Sedekah Subuh lewat langkah-langkah mudah. Peserta yang menjadi target sedekah pun telah melalui proses verifikasi sehingga aktivitas sedekah dijamin aman dan tepat sasaran. Dapatkan Keistimewaan Sedekah Subuh saat Ramadan lewat aplikasi ini dan bagikan hartamu kepada yang berhak agar pahalamu semakin berlipat ganda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *