Aliqa, Anak Montir yang Sembuh dari Kelainan Jantung

Sejak lahir, Aliqa sudah menderita kelainan jantung TGA VSD Subpulmonik. Dikarenakan kelainan jantung itu, Aliqa yang baru berumur 7 bulan harus menjalani 3 operasi. Efek dari 3 operasi itu juga membuat paru Aliqa terinfeksi sehingga pertumbuhannya sangat lambat.

Baru seminggu kelahirannya, tubuh dan tangan Aliqa membiru. Infeksi pada paru-parunya yang menyumbat saluran pernapasan Aliqa dengan lendir memperparah kondisinya. Orang tua Aliqa membawanya ke ICU, Aliqa dirawat selama 13 hari sebelum menjalani operasi pertamanya. Setelah menjalani operasi pertamanya, Aliqa juga jalani tindakan uap, kontrol rutin, dan 2 kali tahap operasi jantung.

Seperti jatuh sekaligus tertimpa tangga, Aliqa dengan tubuh mungilnya juga mengalami gizi yang terus menurun saat ingin menjalani operasi keduanya. Pada usia 7 bulan, tubuh Aqila hanya seberat 4 kg. Untuk bayi perempuan, berat normal minimal adalah 6 kg. Orang tua Aqila harus penuhi kebutuhan Aqila agar operasinya berjalan lancar.

Ancaman Gagal Jantung Akibat Kelainan Menghantui Orang Tua Aqila

Aliqa, Anak Montir yang Sembuh dari Kelainan Jantung

Sempat terpikirkan kalau terjadi apa-apa dengan kondisi Aliqa setelah menjalani beberapa operasi jantung. Infeksi pada parunya yang mungkin menyebar ke seluruh tubuhnya bisa mengancam nyawa Aliqa. Kebutuhan Aliqa harus segera dipenuhi namun ekonomi keluarga tak bisa memenuhinya. Ayah Aliqa hanya bekerja di bengkel motor, upah dari pekerjaannya itu tidak dapat memenuhi biaya pengobatan yang dibutuhkan Aliqa.

Keterbatasan ekonomi tidak membuat orang tua Aliqa putus asa. Beradu dengan waktu untuk selamatkan Aliqa, mereka juga membuka galang dana untuk menutup kekurangan biaya pengobatan Aliqa. Tak disangka, ternyata masih banyak #OrangBaik yang membantu keluarga kecil mereka.

“Kami ingin Aliqa tak lagi mengandalkan selang-selang medis untuk bertahan hidup. Kami ingin melihatnya sehat tanpa hambatan pertumbuhan, sebuah impian besar bagi setiap orang tua yang memiliki anak”

Aliqa, Anak Montir yang Sembuh dari Kelainan Jantung

Harapan orang tua Aliqa layaknya harapan semua orang tua. Kesehatan anaknya yang tidak menghambat perkembangannya agar Aliqa bisa menggapai mimpi-mimpinya nanti. Akhirnya, perjuangan orang tua Aliqa untuk sembuhkan anaknya membuahkan hasil. 

Sekarang, Aliqa sudah sembuh dan bisa pulang ke rumah. Berkat bantuan 2867 #OrangBaik dari galang dananya,, orang tua Aliqa bisa mengumpulkan lebih dari Rp 72 juta dari target Rp 60 juta. Pengobatan Aliqa masih berlanjut hingga sekarang karena harus lakukan kontrol dan pemenuhan gizinya dengan susu. 

Orang tua Aliqa merasakan kebahagiaan yang luar biasa karena Aliqa sudah sembuh dari kelainan jantung. Artinya Aliqa tidak perlu lagi mengandalkan selang-selang medis untuk bertahan hidup. Alhamdulillah, ini semua berkat doa dan bantuan keluarga maupun #OrangBaik.

Untuk bantu biaya pengobatan orang tersayang, kamu bisa membuat galang dana seperti yang dilakukan orang tua Aliqa. Kamu bisa contoh langkah-langkah di video ini untuk cara mudahnya:

https://youtu.be/He6xkiOG7H8

Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang cara membuat galang dana untuk biaya pengobatan di sini!