Kenali 7 Tanda Kanker Usus Berikut Ini!

Kanker usus, sebagaimana kanker pada umumnya, tentu bukanlah hal yang patut diabaikan karena kanker selalu mematikan apabila tidak segera mendapatkan penanganan tepat. Kanker usus sendiri terjadi karena adanya pertumbuhan sel tak normal yang berada di area usus kecil, usus besar, usus buntu, atau anus. Kemunculan dari kanker usus ini ada di sepanjang usus, tepatnya di sepanjang jaringan tipis dan memiliki gejala-gejala yang cukup jelas.

 

Tanda-tanda Kanker Usus

  1. Nyeri Perut

    Kenali 7 Tanda Kanker Usus Berikut Ini!Karena berhubungan dengan usus, maka jelas bahwa salah satu ciri bahwa seseorang tengah mengalami penyakit kanker usus adalah merasakan adanya nyeri di perut bagian bawah yang kerap muncul dan tak hilang-hilang. Nyeri perut bagian bawah terkadang untuk para wanita yang akan datang bulan atau selama menstruasi pasti akan timbul, namun perlu diselidiki lebih lanjut apabila perut terasa nyeri tanpa adanya alasan yang jelas. Kalau terjadi terus-menerus tentu memeriksakan diri adalah ide yang baik.

  1. Ambeien

    Ambeien yang terlalu sering jangan diremehkan karena ini bisa menjadi tanda adanya kanker yang bersarang di usus kita. Wasir atau ambeien sendiri adalah sebuah kondisi peradangan atau pembengkakan pembuluh darah pada bagian rektum bawah serta area anus. Tak hanya rasa sakit saja yang bakal dirasakan oleh penderitanya, tapi ada rasa malu dan minder juga karena penderita rata-rata bakal sulit hanya untuk duduk.

    Penderita juga akan sangat menderita ketika harus buang air besar karena bibir anus akan sangat sakit. Ini mungkin dianggap biasa oleh sebagian orang yang pernah mengalami, tapi padahal ambeien dapat menjadi gejala kanker usus, terutama kanker usus besar. Tanda awal ini perlu dicermati dan memeriksakan diri sebelum terlalu lama akan lebih mudah ditangani.

  1. Tinja Disertai Darah

    Ambeien bukan hanya sekadar ketidaknyamanan dan rasa sakit ketika kita duduk maupun buang air besar. Dari kondisi tersebut buang air besar pun malah dapat mengeluarkan tinja beserta darah yang bila terjadi terlalu sering maka tak akan baik bagi tubuh. Kadar darah dalam tubuh kemungkinan bisa berkurang ketika feses bercampur darah ini frekuensinya cukup sering. Selain adanya darah yang turut keluar, tekstur tinja pun berbeda dari yang biasanya, yaitu lebih tipis dan panjang, maka perlu diperhatikan betul-betul saat kita buang air besar supaya dapat lebih memastikan kondisi yang sebenarnya.

  1. Turunnya Berat Badan

    Kenali 7 Tanda Kanker Usus Berikut Ini!Berat badan yang turun secara drastis juga patut untuk dicurigai dan diatasi sedini mungkin apalagi kalau kenyataannya kita tidak sedang menjalankan program diet apapun. Saat tengah berdiet untuk mencapai berat ideal yang ditargetkan, normal bila terjadi penurunan berat badan, tapi bila hal ini terjadi tiba-tiba justru harus dipertanyakan. Ini memungkinkan seseorang tengah menderita kanker usus, terutama bila ada gejala-gejala kanker usus besar lain yang terjadi.

  1. Gangguan BAB

    Rupanya buang air besar yang disertai dengan darah bukan satu-satunya masalah yang bakal dihadapi, melainkan juga adanya diare serta jadwal BAB yang tak teratur pun menjadi tanda akan adanya kanker di dalam usus kita. Kondisi diare dan BAB yang tidak teratur kerap dianggap kondisi yang umum, tapi bila sampai terlalu sering, perlu segera mendapat penanganan. Ada potensi kondisi menjadi lebih buruk bila didiamkan atau hanya diatasi dengan obat pelancar BAB atau penyetop diare.

Baca juga:
Berikut Gejala Kanker Usus yang Dialami Julius
Ciri-ciri Kanker Usus yang Masih Jarang Diketahui

 

  1. Perut Kembung

    Perut yang terasa kembung terkadang dapat menjadi suatu tanda seseorang sedang masuk angin, namun ketidaknyamanan ini bisa berlangsung cukup lama yang artinya kita tengah mengalami suatu keabnormalan pada bagian usus. Tanda kanker usus bukan hanya perut yang kemudian terasa nyeri dan sakit, tapi perut pun dapat terasa kembung. Penyebab dari rasa kembung tersebut adalah dari sel-sel kanker yang tengah berada di dalam tubuh dan mencoba menginvasi tubuh kita.

  1. Benjolan di Perut

    Kenali 7 Tanda Kanker Usus Berikut Ini!Untuk kasus kanker usus lebih lanjut atau pada stadium yang lebih tinggi, secara fisik kita akan menemukan adanya benjolan di bagian perut. Bila benjolan terlihat tak biasa, itu bisa jadi adalah tumor yang perlu didiagnosa segera untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan secara tepat. Waspadai akan benjolan yang muncul di perut setelah mengalami serangkaian tanda yang disebutkan di atas, bila benar ada timbul benjolan, jangan tunggu apa-apa lagi untuk segera ke dokter.

Ditulis Oleh: Shelia Lauvita


Banyak penderita kanker yang sedang berjuang untuk melawan penyakitnya. Kamu bisa membantu mereka dengan cara memberikan donasi di Kitabisa atau bisa juga melalui Aplikasi Kitabisa di Play Store dan App Store.

banner_donasi_biaya_pengobatan