Kenapa Masa Tunggu Kitabisa Saling Jaga Kamu Bisa Terulang?

Sebagai program tolong menolong kesehatan antar donatur, Kitabisa Saling Jaga memiliki masa tunggu. Untuk lebih memahami istilah masa tunggu atau waiting period, yuk simak artikel di bawah ini!

 

Pengertian Masa Tunggu

Masa tunggu dalam konsep asuransi kesehatan adalah jangka waktu tertentu yang harus dilalui anggota, sebelum bisa mengajukan bantuan atau klaim asuransi. Periode waktu tunggu telah ditentukan dan harus dilalui oleh setiap anggota. 

Anggota wajib menunggu sebelum berbagai manfaat tertentu yang tercantum dalam ketentuan dapat dijamin. Selama masa tunggu belum berakhir, anggota belum bisa mengajukan klaim untuk berbagai manfaat yang tertulis dalam ketentuan. 

 

Masa Tunggu Kitabisa Saling Jaga

Semua orang bisa ikut program Saling Jaga, baik yang pernah berdonasi maupun belum pernah berdonasi di Kitabisa. Namun, hanya anggota yang telah memenuhi syarat yang bisa mengajukan bantuan. Salah satunya adalah telah menyelesaikan masa tunggunya.

Masa tunggu Saling Jaga adalah selama 90 hari untuk Penyakit Kritis dan 21 hari untuk COVID-19, sejak melakukan verifikasi akun Saling Jaga. Setelah berdonasi minimal Rp 10.000 dan verifikasi keanggotaan Kitabisa, kamu dapat mengajukan bantuan ketika masa tunggu sudah mencapai periode yang ditentukan. Jika periode masa tunggu belum berakhir, kamu belum bisa mengajukan bantuan.

 

Kenapa Masa Tunggu Kitabisa Saling Jaga Dapat Terulang?

Masa tunggu anggota Kitabisa Saling Jaga untuk penyakit kritis dan COVID-19 bisa terulang kembali dari awal. Hal itu dapat terjadi jika kamu memiliki saldo keanggotaan kurang dari Rp 10.000 dan tidak melakukan pengisian kembali lebih dari 30 hari.  

Perlu diingat bahwa Saldo Saling Jaga kamu adalah dana bersama yang akan digunakan sewaktu-waktu untuk membantu sesama. Saat anggota Saling Jaga mengajukan bantuan, saldo Saling Jaga anggota lainnya akan terpotong. Jika saat awal gabung program kamu telah berdonasi di atas Rp 10.000, dana tersebut bisa saja berkurang dan menyebabkan masa tunggu kembali terulang jika tidak melakukan pengisian ulang.

Bantuan yang disalurkan di Kitabisa Saling Jaga berasal dari saldo setiap anggota. Jadi, saat bantuan disalurkan saldomu pasti otomatis berkurang. Begini ilustrasinya:

Masa Tunggu Kitabisa Plus

Lewat Kitabisa Saling Jaga, kamu dapat mengajukan bantuan kesehatan dan juga membantu anggota lainnya yang membutuhkan. Untuk kamu yang sudah terdaftar di Saling Jaga, jangan lupa donasi untuk terus #SalingJaga! Jika belum bergabung, yuk segera daftarkan diri dan keluargamu di Saling Jaga untuk tolong menolong dalam kesehatan. 

daftar Kitabisa Saling Jaga