7 Alasan Kenapa Kamu Perlu Punya Asuransi Jiwa

Kamu masih ragu kenapa perlu punya asuransi jiwa? Sebagai generasi milenial kita tentu masih berpikir memiliki asuransi jiwa bukanlah prioritas. Padahal, waktu terbaik untuk bisa peduli dan memilih produk asuransi jiwa bisa dimulai sejak usia 20 tahunan. 

Seperti kata pepatah “Sedia payung sebelum hujan” yang merupakan nasehat agar kamu bisa mengantisipasi risiko yang terjadi di masa depan.

Risiko ini tidak melulu tentang usia, karena resiko bisa terjadi kapan saja tidak mengenal usia ataupun harapan hidup. Oleh karena itu, penting untuk memiliki asuransi jiwa sejak dini.

Alasannya karena asuransi jiwa merupakan layanan jasa yang akan menanggung kerugian finansial tak terduga yang disebabkan karena seorang pemegang polis asuransi jiwa terkena musibah meninggal dunia.

Selain itu, semakin muda dan sehat kamu saat membeli polis asuransi, semakin murah harganya, kecuali kalau kamu bekerja di sektor berisiko tinggi atau memiliki kecenderungan untuk olahraga ekstrim.

Kamu bisa miliki asuransi jiwa mulai dari Rp260 ribu, biaya ini masih lebih murah dari biaya gym setiap bulan kan? Kalau kamu belum memiliki asuransi jiwa, berikut tujuh alasan yang perlu dipertimbangkan untuk punya asuransi jiwa.

1. Melindungi Diri dari Kejadian Tak Terduga

Alasan utama mengapa kamu harus memiliki asuransi jiwa adalah untuk melindungi diri dan keluarga dari kejadian tak terduga.

Selama kamu membayar premi asuransi, maka seumur hidup asuransi jiwa akan memproteksi kamu dari risiko kejadian tidak terduga seperti kecelakaan, kehilangan kemampuan untuk bekerja (cacat permanen), atau musibah lainnya. 

Sehingga kamu tidak perlu khawatir ketika kamu kehilangan pekerjaan kamu karena kamu bisa mengklaim asuransi yang sudah menjadi hak kamu.

2. Melindungi Keluarga dari Kesulitan Finansial

Kamu bisa membantu sekaligus bisa melindungi anggota keluarga kamu dengan asuransi jiwa. Karena dengan memiliki asuransi jiwa membuat penerima manfaat (orangtua atau istri atau anak/saudara kandung) mendapatkan uang pertanggungan saat pemegang polis asuransi meninggal dunia.

Uang pertanggungan tersebut bisa digunakan untuk membayar tagihan yang belum lunas, KPR, cicilan mobil, dll. Sehingga keluarga kamu tidak terbebani dengan tagihan dan bisa juga digunakan untuk mengcover kebutuhan hidup setelah sang kepala keluarga meninggal dunia. 

3. Memaksa kamu untuk Menabung

Dengan memiliki asuransi jiwa, kamu diharuskan untuk membayar premi asuransi dalam jangka waktu yang panjang. Sehingga secara tidak langsung kamu akan menyisihkan sedikit dari pendapatan untuk membayar asuransi. 

Dengan kebiasaan rutin menyisihkan uang untuk asuransi jiwa kamu juga akan terbiasa untuk menabung dan juga lebih hemat dan bijak dalam mengelola keuangan.

4. Bisa Melunasi Hutang

Asuransi jiwa dalam Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) sering dianggap merepotkan. Padahal, asuransi jiwa dapat digunakan untuk melindungi debitur KPR ketika terjadi risiko seperti cacat fisik, meninggal dunia, atau risiko lainnya yang dapat membuat debitur kesulitan mengangsur cicilan.

Sehingga kamu dan keluarga tidak perlu khawatir karena dengan adanya asuransi jiwa kamu bisa melunasi semua cicilan yang ada.

5. Pengganti Penghasilan Pasangan

Kalau keluargamu terbiasa dengan satu sumber penghasilan maka apabila tulang punggung keluarga meninggal, akan berdampak pada keuangan keluarga yang ditinggalkan.

Kondisi seperti ini yang jadi salah satu alasan untuk kamu wajib pertimbangkan untuk memiliki asuransi jiwa. Dana yang dibayarkan selama membayar premi asuransi bisa menggantikan penghasilan pasangan kalau tulang punggung keluarga meninggal dunia. 

6. Sebagai Bentuk Investasi

Alasan selanjutnya adalah saat kamu memiliki asuransi jiwa kamu akan mendapat jaminan pengembalian investasi pada akhir kontrak. Masa tanggungan pada umumnya lebih fleksibel, mulai dari 5 hingga 10 tahun. 

7. Memberikan Ketenangan dalam Hidup

Terakhir, dengan memiliki asuransi akan memberikan rasa tenang. Asuransi jiwa dapat membantu kamu untuk mewujudkan rencana masa depan dengan lebih rileks.

Nah, itulah beberapa alasan kenapa kamu harus membeli asuransi jiwa. Dengan adanya asuransi jiwa, maka nantinya ahli waris mendapatkan sejumlah manfaat yang dapat digunakan untuk keperluan maupun kebutuhan. 

Ciptakan rasa aman bagi keluarga, dan kamu dapat melewati kesulitan yang ada. Miliki asuransi jiwa syariah melalui platform tolong menolong sesama anggota, bernama Kitajaga dan ciptakan rasa aman untuk diri kamu dan keluarga yang kamu sayangi. Dengan kontribusi mulai Rp260 ribu kamu sudah bisa dapatkan perlindungan jiwa melalui Kitajaga. Klik gambar berikut untuk cari tahu lebih lanjut tentang Kitajaga!