Kerja Sambil Kuliah? Ini Beberapa Tips yang Bisa Dilakukan

Cukup tingginya biaya UKT kuliah mungkin membuat kamu, mahasiswa, mencari cara untuk bisa meringankan beban orang tua. Terlebih, jadwal perkuliahan yang tidak padat seperti sekolah menyebabkan kamu memiliki waktu luang yang lebih banyak. Hal itu bisa kamu manfaatkan untuk kerja sambil kuliah. Selain bisa menambah uang saku, kerja sambil kuliah juga bisa memberikan pengalaman kerja sebelum nantinya terjun ke dunia pekerjaan yang sebenarnya.

 

Bekerja dan kuliah di waktu yang bersamaan memang memberikan banyak manfaat. Namun, hal ini bisa menjadi masalah yang besar jika keduanya tidak dilakukan dengan baik dan benar. Kewajiban dan tugas-tugas pekerjaan dan perkuliahan harus kamu jalankan secara seimbang. Maka dari itu, berikut ini adalah cara-cara efektif yang bisa kamu lakukan ketika menjalani kerja sambil kuliah. Simak penjelasannya di bawah ini.

 

Susun Perencanaan

perencanaan kuliah

Menjalani suatu hal secara bersamaan bukanlah hal yang mudah. Kamu akan memiliki tanggung jawab yang cukup besar ketika kerja sambil kuliah. Maka dari itu, perlu disiapkan perencanaan yang matang dan rinci. Buatlah jadwal waktu bekerja dan kuliah serta apa saja tugas yang harus dikerjakan. Dengan begitu, tidak ada satupun tugas yang tertinggal dan muncul kedisiplinan dalam melaksanakan keduanya. Jika kesulitan untuk mengingat jadwal yang telah disiapkan, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi pengingat dalam smartphone atau catatan-catatan kecil yang bisa kamu baca atau lihat setiap waktu. 

bantu kuliah

 

Gunakan Waktu Sebaik Mungkin

memanfaatkan waktu luang

Dalam melakukan kerja ataupun kuliah, kamu dituntut untuk melaksanakan keduanya secara maksimal. Itulah mengapa pentingnya memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien. Contohnya, kamu bisa gunakan waktu perjalanan menuju tempat kerja dengan belajar untuk ujian di kampus atau mengerjakan tugas. Selain membaca, kamu juga bisa mendengarkan rekaman materi pelajaran yang bisa kamu dapatkan secara online. Sehingga, kamu tetap bisa mendapatkan hasil yang maksimal ketika ujian di kampus tiba, tanpa beralasan tidak adanya waktu untuk belajar.

 

Buat Skala Prioritas

skala prioritas kuliah

Ketika kerja sambil kuliah, buka tidak mungkin kamu akan mendapatkan tugas di waktu yang bersamaan. Hal yang harus kamu lakukan adalah membuat skala prioritas antara tugas kerja dan kuliah. Setelah mengetahui mana hal yang harus kamu utamakan, kembali ke poin pertama untuk membuat jadwal tugas secara rinci. Dengan begitu, tugas keduanya dapat diselesaikan tepat waktu.

bantu kuliah

 

Lakukan Multitasking

multitasking

Dalam bekerja dan kuliah secara bersamaan, bukan tidak mungkin kamu diharuskan melakukan multitasking. Multitasking atau mengerjakan lebih dari satu hal dalam waktu yang bersamaan dapat mempercepat waktu penyelesaian tugas. Namun, tidak semuanya bisa kamu lakukan secara multitasking. Sebaiknya, terapkan cara kerja seperti itu untuk kegiatan yang tidak perlu berpikir terlalu banyak. Yang terpenting adalah, cermat dan teliti dalam melakukan setiap tugas. 

 

Nah, itu adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar kerja dan kuliah bisa terlaksana dengan baik. Gunakan setiap waktu untuk dapat memberikan yang terbaik. Yuk, mulai susun jadwal dan persiapkan segalanya jika kamu berkeinginan untuk kerja sambil kuliah!


Kerja sambil kuliah memang banyak dilakukan oleh mahasiswa sekarang. Faktanya, banyak dari mereka yang hampir berhenti kuliah karena besarnya biaya UKT yang harus dibayarkan. Kamu bisa bantu mereka yang kesulitan membayar biaya perkuliahan dengan cara donasi di Kitabisa. Untuk bantu mereka, klik gambar di bawah ini!

banner_bisakuliah