Qurban

Ketentuan dan Tata Cara Sembelih Qurban dalam Islam

Secara bahasa, qurban dapat diartikan sebagai hewan sembelihan. Menjelang hari raya Idul Adha, orang Islam biasanya menyisihkan uang untuk berkurban. Kemudian, proses sembelih qurban dilakukan pada tanggal 10, 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Jadi, penyembelihan hewan qurban tidak hanya dilakukan pada hari raya, tetapi juga pada hari tasyrik.

Pada ulasan kali ini, kita akan membahas tentang tata cara menyembelih hewan qurban. Proses sembelih kambing, sapi, atau hewan ternak lainnya harus dilakukan berdasarkan syariat Islam. Dengan begitu, qurban bisa disebut sah dan daging yang dibagikan pun halal menurut Islam.

 

Waktu yang Paling Utama untuk Sembelih Qurban

waktu sembelih qurban

Pada penjelasan di atas, sudah disebutkan bahwa penyembelihan hewan Quran dilakukan selama hari raya Idul Adha dan Hari Tasyrik. Jadi, waktunya kira-kira pada sejak matahari terbit pada Hari Raya Idul Adha hingga terbenamnya matahari pada tanggal 13 Dzulhijjah. Selama waktu tersebut, ada waktu-waktu yang lebih utama dalam menyembelih hewan qurban. Waktu yang paling disarankan untuk sembelih qurban adalah saat matahari sudah mencapai kira-kira satu tombak dari pandangan mata di Hari Raya Idul Adha.

Waktu di atas disebut sebagai waktu utama. Akan tetapi, pada dasarnya, penyembelihan qurban bisa dilakukan selama Idul Adha dan Tasyrik. Proses penyembelihan qurban sebaiknya dilakukan pada pagi hari.

 

Rukun, Tata Cara, dan Proses Sembelih Qurban

tata cara sembelih qurban

Rukun Quran ada 4, yakni pekerjaan menyembelih Quran (dzabbu), orang yang bekerja sebagai penyembelih Quran (dzabih), hewan yang akan disembelih, dan juga alat untuk menyembelih. Keempat rukun Quran di atas harus terpenuhi dulu sebelum melakukan proses penyembelihan sapi Quran.

Setelah rukun qurban terpenuhi, selanjutnya penyembelih qurban atau dalam bahasa sehari-hari kita disebut dengan tukang jagal wajib melakukan hal-hal berikut sebelum menyembelih hewan ternak.

Pertama, penyembelih membaca Bismillah dan membaca shalawat nabi. Kemudian, menghadap ke kiblat, baik untuk orang yang menyembelih hewan maupun yang hewan yang disembelih. Setelah itu, orang yang menyembelih membaca takbir 3 kali dan berdoa supaya qurbannya diterima Allah SWT.

Setelah itu, proses penyembelihan hewan qurban dilakukan dengan memotong dua pembuluh darah, saluran pernafasan, dan jalan makanan. Proses tersebut harus dilakukan secara cepat dan dengan satu kali penyembelihan. Setelah itu, memastikan darah mengalir dan hewan bergerak sebagai tanda bahwa pada saat disembelih hewan masih hidup. Terakhir, memastikan hewan sudah mati akibat proses penyembelihan.

 

Syarat Penyembelih, Alat Penyembelihan, dan Hewan Ternak untuk Qurban

hewan qurban

Tidak semua orang bisa menerima tugas sebagai penyembelih Quran. Sesuai dengan syariat Islam, orang yang bertugas menyembelih Quran mempunyai syarat-syarat tertentu. Tak hanya orangnya, alat penyembelihan dan hewan ternak pun ada kriterianya sesuai dengan syariat Islam.

Syarat Penyembelih Qurban:

  1. Orang Islam dan sudah baligh
  2. Paham tata cara dan proses penyembelihan hewan sesuai syariat islam
  3. Mempunyai kemampuan dalam menyembelih hewan qurban

Syarat Alat Penyembelihan:

  1. Alat yang digunakan harus tajam
  2. Alat tersebut bukan gigi atau taring, tulang, atau kuku

Syarat hewan qurban sesuai syariat Islam:

  1. Domba yang telah berumur lebih dari satu tahun
  2. Kambing yang telah berumur lebih dari dua tahun
  3. Sapi yang sudah berumur lebih dari dua tahun

Dalam hal persyaratan hewan qurban, meskipun hewan memiliki kriteria di atas, hewan tidak sah dijadikan qurban apabila memiliki cacat atau terlalu kurus. Hewan yang matanya buta, kakinya pincang, terputus telinga atau ekornya entah itu sebagian atau keseluruhan, sedang sakit, atau sangat kurus tidak boleh dijadikan qurban.

 

Berbagi Berkah dengan Berqurban

Itulah beberapa ketentuan dan tata cara sembelih qurban sesuai dengan syariat Islam. Untuk kamu yang sudah mampu berkurban, mari berbagi berkah dengan berkurban. Menjelang hari raya Idul Adha, salurkan kasihmu dengan melakukan qurban.

Tidak harus selalu sapi, kamu bisa menyumbangkan domba atau kambing untuk berqurban. Satu kambing atau domba cukup untuk mewakili satu orang shohibul qurban. Sementara sapi bisa mewakili tujuh shohibul qurban.

Bagi kamu yang ingin Qurban dengan mudah di Kitabisa, caranya mudah, tepat sasaran dan diberikan pada mereka yang berhak. Ini saatnya berbagi agar mereka bisa bergembira di hari raya.


Kamu bisa berqurban dengan mudah melalui Kitabisa. Selain transparan dan sesuai syariat, harga hewan qurban di Kitabisa juga sangat terjangkau. Yuk, qurban sekarang bersama ribuan OrangBaik lainnya.

qurban online

Comments are closed.