Puasa

Keutamaan Puasa Idul Adha di Bulan Dzulhijjah

Selain menjalankan kewajiban puasa Ramadhan menjelang Idul Fitri, kita juga dianjurkan melakukan sunnah puasa Idul Adha. Puasa sunnah sebelum Idul Adha ini mempunyai hikmah untuk memperoleh keberkahan bulan Dzulhijjah karena inilah salah satu bulan yang mulia dalam Islam. Nah, sebagai referensi pelaksanaan ibadah tersebut, yuk simak informasi berikut.

 

Pengertian Puasa Sunnah Sebelum Idul Adha

Bulan Dzulhijjah adalah waktu untuk melaksanakan ibadah yang menyempurnakan rukun iman, yaitu berhaji ke Baitullah. Sementara bagi mereka yang belum memungkinkan untuk menjalankan ibadah haji, sangat dianjurkan untuk mengerjakan ibadah sunnah lainnya. Ibadah tersebut antara lain berqurban hewan ternak, bersedekah, shalat sunnah, serta berpuasa. 

Makna puasa sunnah Idul Adha adalah ibadah yang bila dikerjakan berpahala, tetapi jika ditinggalkan karena suatu sebab tidak berdosa, dan tidak wajib menggantinya. Berbeda dengan puasa di bulan Ramadhan yang wajib hukumnya.

Hadis yang menjadi dalil anjuran berpuasa sunnah ini adalah: 

Hadits riwayat Ibnu Abbas dalam Sunan At-Tirmidzi sebagai berikut;

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ما من أيام العمل الصالح فيهن أحب إلى الله من هذه الأيام العشر

Artinya : “Rasulullah SAW berkata: Tak ada hari lain yang disukai Allah SWT untuk beribadah seperti sepuluh hari ini,” (HR. At-Tirmidzi)

 

Keutamaan Puasa Idul Adha

Walaupun tergolong ibadah sunnah yang tak berdosa jika tak melakukannya, tetapi hikmah di balik puasa sebelum Idul Adha ini sungguh luar biasa. Jadi sayang kalau sampai kamu melewatkannya. Ibadah puasa di bulan Dzulhijjah adalah amal saleh yang sungguh dicintai Allah, terutama yang dilaksanakan mulai tanggal 1 sampai 9.

Pada sebuah hadis Rasulullah bersabda, bahwa Allah sangat mencintai amal soleh ini lebih daripada yang dilakukan pada hari-hari lain. Puasa sunnah di bulan Dzulhijjah bahkan Rasulullah katakan lebih dicintai-Nya dibandingkan berjihad di jalan Allah. Kecuali mereka yang berjihad dengan harta dan nyawanya kemudian gugur. Amalan puasa akan mendapat balasan yang setimpal langsung dari Allah SWT karena hanya ibadah inilah yang dilakukan hamba secara khusus untuk-Nya. 

Hikmah puasa sunnah yang dikerjakan pada tanggal 9 Dzulhijjah atau puasa Arafah, sehari sebelum Idul Adha akan menghapus dosa-dosa setahun sebelumnya. Mengenai hal tersebut didasarkan pada hadis Rasulullah SAW, saat seseorang bertanya kepada beliau tentang keutamaan puasa Arafah.

 

Jenis-Jenis Puasa Idul Adha

Menjelang Idul Adha ada tiga jenis puasa sunnah yang dapat kamu laksanakan, yaitu:

Puasa Dzulhijjah

Puasa ini dilaksanakan sejak tanggal 1 Dzulhijjah sampai 7 Dzulhijjah, atau 7 hari berturut-turut. Yang luar biasa, ada keutamaan yang berbeda-beda pada setiap hari puasa tersebut, yaitu.

  • 1 Dzulhijjah, diampuni dosa-dosa hamba yang berpuasa di hari itu.
  • 2 Dzulhijjah, disamakan dengan beramal ibadah dan berpuasa selama satu tahun tanpa berbuat maksiat.
  • 3 Dzulhijjah, doa orang yang berpuasa pada hari tersebut akan dikabulkan.
  • 4 Dzulhijjah, mendapat berkat Allah, dihilangkan seluruh penderitaannya, dan di hari kiamat akan berkumpul bersama orang-orang mulia.
  • 5 Dzulhijjah, dijauhkan dari sifat munafik serta terbebas dari siksa kubur.
  • 6 Dzulhijjah, memperoleh rahmat dan kasih sayang Allah SWT.
  • 7 Dzulhijjah, terhindar dari 30 pintu kesulitan, dan akan terbuka 30 pintu kemudahan.

Puasa Tarwiyah

Ibadah puasa ini dikerjakan pada tanggal 8 Dzulhijjah dan sesuai hadits Rasulullah SAW, balasan atas ibadah tersebut adalah dihapus dosanya selama 1 tahun.

Puasa Arafah

Berikutnya di tanggal 9 Dzulhijjah, kaum Muslimin dianjurkan berpuasa Arafah, yaitu saat jamaah haji tengah berwukuf di padang Arafah. Dalil tentang puasa sunnah sehari sebelum Idul Adha ini ada pada hadis yang diriwayatkan oleh Abu Qatadah Rahimahullah.

Rasulullah menerangkan bahwa hikmah puasa Arafah adalah mampu menghapus dosa selama dua tahun, baik pada tahun sebelumnya serta yang akan datang.

Selain sunnah puasa Idul Adha, jangan lewatkan untuk melakukan amal ibadah pendukung pada waktu-waktu istimewa tersebut, misalnya berinfak dan sedekah. 


Kamu bisa berqurban dengan mudah melalui Kitabisa. Selain transparan dan sesuai syariat, harga hewan qurban di Kitabisa juga sangat terjangkau. Yuk, qurban sekarang bersama ribuan OrangBaik lainnya.

qurban online

Recent Posts

<strong>Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa</strong>

Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa

Bingkisan Sehat adalah salah satu program dari Kitabisa yang men-support para Pejuang Sembuh melalui pemberian…

2 days ago
<strong>Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga</strong>

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga Kamu tertarik datang ke Festival Warga Bantu…

7 days ago
<strong>Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus</strong>

Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus

Kampusmu memiliki berbagai program kegiatan sosial dan ingin berkolaborasi dengan Kitabisa? Jangan khawatir, Kitabisa siap…

7 days ago
Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Halo #OrangBaik, Kitabisa menghadirkan fitur baru untuk kamu yang ingin memberikan kado/hadiah kepada orang tersayang.…

7 days ago
Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Apa itu Program “Paket Data untuk UMKM Melek Digital”Sebuah program untuk membantu memberikan bantuan pembelian…

2 weeks ago
Voluntrip By Kitabisa

Voluntrip By Kitabisa

Apa itu Voluntrip? Voluntrip adalah program yang diadakan oleh Kitabisa untuk mewadahi masyarakat umum yang…

3 weeks ago