Keutamaan Wakaf Al Quran Bagi Umat Islam

Harta yang bisa kamu wakafkan ternyata tidak hanya berupa uang, bangunan, tanah, atau kendaraan, lho! Al Qur’an juga merupakan benda yang bisa menjadi wakaf. Keutamaan wakaf Al Qur’an bahkan disebut dalan hadis riwayat Bukhari, di mana Nabi Muhammad SAW bersabda tentang amal wakaf Al Qur’an yang akan membawa pahala bagi pelakunya hingga ke alam kubur.

Keutamaan wakaf Al-Qur’an ini begitu besar hingga skema wakaf seperti Wakaf Produktif memiliki kampanye khusus untuk menyumbangkan Al Qur’an. Jika kamu masih belum yakin, inilah beberapa manfaat mewakafkan kitab suci umat Islam tersebut.

1. Membantu Generasi Baru Penghapal Al Qur’an

Menghapal Al Qur’an bisa dimulai dari usia dini, dan generasi baru penghapal akan terus hadir selama fasilitas serta lingkungan mereka mendukung. Akan tetapi, banyak sekolah, masjid, dan pesantren tidak memiliki Al Qur’an yang layak sehingga menghambat potensi anak-anak penghapal Al Qur’an.

Wakaf Al Qur’an membantu para generasi baru penghapal ini dalam mencapai tujuan mereka. Selain mendapat jumlah Al Qur’an yang cocok untuk mereka, para penghapal ini juga bisa menggunakan kitab yang kondisinya bagus, bersih, dan tidak robek atau menguning. Cocok untuk memotivasi mereka agar menjadi penghapal Al Qur’an.

2. Memotivasi Sesama Umat Islam

Membaca Al Qur’an dan mengamalkannya adalah salah satu amalan terbaik bagi umat Islam. Terkait hal ini, salah satu keutamaan wakaf Al Qur’an adalah membantu umat Islam mengamalkan hal tersebut. Bayangkan memegang Al Qur’an baru yang halamannya bersih dan mulus dibandingkan dengan yang sudah tua serta berhalaman kusam atau menguning. Mana yang lebih memotivasi orang untuk membaca dan mempelajarinya?

3. Mendapat Berkah dari Allah

keutamaan wakaf al quran
sumber : unsplash

Membaca Al Qur’an secara tulus dan ikhlas bisa mendatangkan berkah dari setiap huruf yang dibaca. Bayangkan berapa banyak amalan yang bisa diraih jika seorang umat Muslim membaca Al Qur’an setiap hari. Kamu bisa mendapat berkah seperti sang pembaca ketika kamu menyumbangkan Al Qur’an berkondisi bagus untuk menggantikan milik mereka yang telah rusak.

Membaca Al Qur’an termasuk salah satu kegiatan ibadah di mana pahalamu terus mengalir. Bayangkan jika kamu rajin mewakafkan uang ke organisasi yang membantu penghapal Al Qur’an.

4. Menghasilkan Amalan yang Terus Mengalir

Keutamaan wakaf Al Qur’an adalah pahalanya yang terus mengalir untukmu sebgaai pewakaf. Menurut hadis riwayat Muslim, amal jariyah merupakan satu dari tiga amalan yang pahalanya terus mengalir walau sang pelaku sudah meninggal dunia. Salah satu amal jariyah tersebut adalah mewakafkan Al Qur’an.

Ingat, ketika seseorang meninggal dunia, semua amalan duniawinya akan terputus. Akan tetapi, ada beberapa amalan yang dianggap istimewa sehingga bisa memberi berkah bagi pelakunya. Jika kamu ingin mendapatkan hasil dari amalan tersebut untuk selamanya, cobalah melakukan wakaf Al Qur’an.

5. Membantu Diri Lebih Dekat kepada Allah

Melakukan wakaf adalah salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah. Ketika kamu mewakafkan harta, kamu memulai arus amalan yang tidak akan berhenti bahkan setelah kamu meninggal. Wakaf juga bermakna menyumbangkan harta untuk kepentingan umum sehingga Allah menyukainya.

Ketika mewakafkan Al Qur’an, kamu membantu menyebarkan firman dan perintah Allah sekaligus membantu orang lain mendapat rahmat dari-Nya. Tambahkan potensi menciptakan penghapal Al Qur’an, dan semua amalan ini menjadi salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah.

Setelah mengetahui semua keutamaan wakaf Al Qur’an, sekarang saatnya kamu melakukannya. KitaBisa menyediakan sarana mudah untuk mewakafkan hartamu dalam bentuk tunai lewat skema Wakaf Produktif. Salah satu program Wakaf Produktif adalah wakaf Al Qur’an sehingga kamu tidak perlu repot membeli kitab sendiri dan cukup mengirim uang.

Lewat KitaBisa, Wakaf Produktif membantumu menyumbangkan harta untuk melakukan wakaf Al Qur’an. Kamu pun tidak perlu repot menumpuk Al Qur’an atau mengirimkannya ke tempat tinggal calon penerima. Dapatkan keutamaan wakaf Al Qur’an dengan mengunduh KitaBisa, dan pilih Wakaf Produktif untuk penghapal Al Qur’an agar donasinya semakin merata.