Khasiat Sedekah Subuh bagi Kehidupan Anda

Sedekah subuh adalah salah satu perbuatan baik yang bisa mendekatkan manusia kepada Allah SWT. Sedekah subuh juga memberikan banyak manfaat bagi orang-orang di sekitar serta mengurangi ketimpangan sosial.

Bentuk sedekah subuh bermacam-macam, antara lain donasi untuk yatim piatu dan membantu tetangga yang kesulitan finansial. Selain itu, kamu bisa bersedekah dengan memberikan barang sesuai kebutuhan penerima, misalnya pakaian atau makanan.

Keutamaan sedekah subuh tidak hanya dirasakan penerima, tetapi juga pemberinya. Berikut ini beberapa khasiat sedekah subuh bagi kehidupan kamu.

Khasiat Sedekah Subuh
Sumber : Harapn Rakyat

Melapangkan Rezeki

Allah SWT senantiasa melimpahkan rezeki kepada hamba-Nya untuk memelihara kehidupan. Ada dua macam rezeki yang diberikan Allah SWT, yaitu wahbi dan kasbi

Rezeki wahbi merupakan hadiah dari Allah SWT atas semua kebaikan manusia selama hidup. Contohnya, seseorang tiba-tiba mendapatkan rezeki naik haji dari sumber yang tidak disangka.

Sementara itu, rezeki kasbi harus didapatkan dengan usaha manusia. Misalnya, orang yang rajin bekerja dan bersungguh-sungguh kerap memperoleh rezeki lebih banyak daripada pemalas.

Ketika kamu mendapatkan banyak rezeki, itulah waktunya mengeluarkan sedekah subuh. Dengan sedekah, Allah SWT akan melapangkan jalan rezeki kamu dan memudahkan untuk mendapatkannya. 

Dimudahkan Segala Urusan

Kehidupan manusia tidak luput dari permasalahan dan tantangan. Sebagian orang bisa melewati semua itu dengan baik. Namun, sebagian lagi kerap merasa sulit menemukan solusi atau cara untuk menyelesaikannya.

Karena itu, penting bagi kamu untuk menunaikan sedekah subuh agar semua urusan selalu dimudahkan oleh Allah SWT. Orang yang menyedekahkan sebagian hartanya juga paling dicintai Allah SWT. 

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda melalui hadis riwayat At-Thabrani, bahwa Allah SWT paling mencintai manusia yang dapat menghapus kesulitan orang lain atau memberikan kegembiraan.

Selalu Dilindungi Allah SWT

Rasulullah SAW pernah bersabda, bahwasanya sedekah bisa menolak bala dan memanjangkan umur yang melakukannya. Selain itu, sedekah juga dapat menutup 70 pintu kejahatan, termasuk mencegah wabah penyakit.

Allah SWT juga akan menaungi orang-orang yang bersedekah kelak di hari akhir. Dan menjauhkan dari api neraka. Namun, balasan tersebut hanya akan didapatkan jika kamu memberikan sedekah tanpa pamrih.

Dijauhkan dari Orang Munafik

Kemunafikan adalah keburukan batin yang tersamarkan oleh perilaku baik ketika berada di depan orang lain. Orang munafik kerap melakukan hal sama seperti orang beriman, seperti menunaikan puasa dan mendirikan salat. Karena itu, sulit membedakan antara orang munafik dan beriman.

Namun, dengan sedekah, kamu bisa membedakan antara orang munafik dan beriman. Pasalnya, orang munafik hanya akan bersedekah jika tujuannya untuk mengangkat citra diri sebagai orang baik. Sebaliknya, orang baik biasanya bersedekah secara sembunyi-sembunyi.

Mendapatkan Kehidupan yang Berkah

Banyak cara untuk mendapatkan kehidupan berkah di dunia ini. Salah satunya caranya dengan memberikan sedekah untuk orang yang membutuhkan. Misalnya, bersedekah untuk fakir miskin dan anak yatim piatu. Perbuatan baik ini pun akan membuat seseorang selalu ingat bahwa Allah SWT selalu mengawasi tindakannya.

Namun, keberkahan bisa diperoleh jika sumber sedekahnya halal. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surah An-Nahl ayat 114, bahwasanya manusia harus makan makanan yang halal dari rezekinya dan mensyukuri nikmat-Nya. Dengan demikian, Allah SWT akan melimpahkan rezeki lebih banyak kepada umat-Nya yang bersedekah.

Sedekah subuh kini lebih mudah dilakukan dengan aplikasi Kitabisa. Kamu hanya perlu mentransfer sejumlah uang melalui ATM ataupun Mobile Banking ke virtual account. Setelah uang diterima, pengguna akan mendapatkan notifikasi via Email atau nomor Whatsapp. 

Aplikasi Kitabisa memiliki beberapa fitur, salah satunya fitur donasi mulai dari Rp1.000 saja. Donasi ditujukan untuk penerima yang telah kamu pilih melalui aplikasi. Di samping itu, kamu juga dapat menggunakan fitur pengingat donasi dan penghitung zakat.  

Itulah beberapa khasiat sedekah subuh yang akan didapatkan jika dilakukan dengan hati tulus. Sesungguhnya Allah SWT Maha mengetahui segala hal yang kamu kerjakan. Jadi, meski sedekah secara sembunyi-sembunyi, pahala kebaikannya tidak akan berkurang sedikit pun di sisi Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *