Kelebihan Mengikuti Program Kitabisa Wakaf Quran

Program wakaf Alquran merupakan solusi tepat dalam mengatasi permasalahan tingginya angka buta huruf Quran di Indonesia. Kamu pun bakal menemukan banyak pilihan lembaga yang menyelenggarakan program wakaf Quran. Salah satunya adalah Kitabisa Wakaf Quran.

Sesuai dengan namanya, Kitabisa Wakaf Quran merupakan program wakaf kitab suci Alquran yang diprakarsai oleh Yayasan Kitabisa. Kamu pun bisa berpartisipasi dengan mudah pada program tersebut. Caranya, kamu dapat menggunakan aplikasi Kitabisa yang tersedia di Google Play Store.

Kelebihan Berpartisipasi dalam Program Kitabisa Wakaf Quran

Kitabisa memang bukan satu-satunya lembaga yang menjadi inisiator dalam program wakaf Quran. Namun, kamu akan memperoleh beberapa kelebihan ketika memilih berpartisipasi dalam program wakaf di Kitabisa, yaitu:

1. Jangkauan Wilayah yang Luas

Wakaf Quran di Kitabisa membuka kesempatan bagi kamu untuk melakukan sedekah jariyah ke mana saja. Kitabisa dapat membantu kamu untuk melakukan donasi Quran ke berbagai penjuru tanah air, termasuk di antaranya adalah daerah terpencil dan tertinggal yang mempunyai akses sangat terbatas.

Kelebihan dalam menjangkau wilayah yang sangat luas tidak lepas dari peran berbagai lembaga sosial yang bekerja sama dengan Kitabisa. Lembaga tersebut di antaranya adalah Dompet Dhuafa, ACT, Rumah Zakat, Rumah Yatim, Yatim Mandiri, Griya Yatim & Dhuafa, dan lain sebagainya.

2. Penerima Wakaf Quran Jelas

sumber : unsplash

Orang yang menerima manfaat wakaf atau al-mauquf ‘alaihi merupakan faktor penting yang perlu kamu perhatikan ketika berwakaf, apalagi al-mauquf ‘alaihi merupakan salah satu rukun wakaf yang harus terpenuhi. Selain itu, kamu perlu tahu kalau ada syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh al-mauquf ‘alaihi.

Wakaf Quran yang diberikan kepada al-mauquf ‘alaihi harus mampu memberikan manfaat dalam mendekatkan diri kepada Allah. Ada tiga syarat yang harus dipenuhi oleh seorang penerima wakaf, yakni beragama Islam, merdeka, serta kafir zimmi yang memenuhi syarat tertentu. Sementara itu, orang gila, orang bodoh, serta hamba sahaya, tak berhak menerima wakaf.

Dalam program Kitabisa wakaf Quran, kamu akan dapat mengetahui informasi tentang al-mauquf ‘alaihi secara lengkap. Dengan begitu, kamu bisa menilai apakah orang yang ditunjuk sebagai penerima wakaf Quran tersebut sudah tepat atau tidak. Apakah mereka benar-benar akan memperoleh manfaat dari donasi Quran yang kamu berikan?

Tidak hanya itu, Kitabisa juga melakukan upaya verifikasi berlapis untuk setiap program wakaf Quran yang dilakukan. Verifikasi berlapis tersebut dilakukan merupakan bentuk perlindungan dari Kitabisa agar terhindar dari penipuan. Oleh karena itu, tidak heran kalau Kitabisa menjadi platform galang dana yang paling dipercaya di Indonesia.

3. Transparan

Kelebihan selanjutnya yang bisa kamu peroleh ketika ikut program wakaf Quran adalah transparansi informasi. Kamu dapat mengetahui informasi pengelolaan dana wakaf secara terbuka. Kitabisa secara rutin memberikan laporan penggunaan dana yang berhasil dikumpulkan.

Setiap program penggalangan dana, termasuk wakaf Quran, dilengkapi dengan informasi yang lengkap. Di situ, kamu dapat menemukan berbagai info penting seperti tujuan penggalangan dana, rencana penggunaan dana, dokumentasi, ataupun pembaruan informasi perlu disampaikan.

Tak cukup sampai di situ, upaya Kitabisa dalam menjaga kepercayaan juga dilakukan dengan proses audit yang transparan. Kitabisa menggunakan layanan firma audit profesional untuk melaksanakan proses audit keuangan. Bahkan, pada tahun 2020 proses audit dilakukan oleh Ernst & Young (EY) – salah satu firma audit profesional terbesar di tingkat dunia.

Berbagai kelebihan tersebut membuat tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Kitabisa sebagai platform wakaf Quran sangat tinggi. Kamu pun bisa melakukan wakaf Quran dengan aman tanpa khawatir menjadi korban penipuan. Selanjutnya, kamu pun bisa berkontribusi dan sekaligus berkesempatan memperoleh pahala yang terus mengalir dari wakaf Quran.

Yuk, berwakaf!