Kisah Pak Tatang, Tunanetra yang Dirikan SLB untuk Anak Disabilitas dan Kurang Mampu

 

  • Pak Tatang adalah seorang guru tunanetra mengabdikan dirinya untuk memberikan pendidikan gratis bagi anak-anak disabilitas kurang mampu di Caringin, Bandung. 
  • Ia juga ingin mendirikan asrama gratis bagi para siswa yang tinggal jauh dari sekolah dan orang tuanya tidak mampu mengasuh. Berkat bantuan donasi, kini asrama dan sekolah sedang diperluas.
  • Kisah Pak Tatang gerakkan 12.000 orang baik melalui kitabisa.com/bantuslbceria dengan total donasi mencapai Rp558.840.444. Artis Melly Goeslaw dan Amanda Rawles juga bantu kampanyekan kebaikan Pak Tatang.

Jakarta, 11 Agustus 2020 – Seorang guru tunanetra bernama Pak Tatang, mengabdikan dirinya untuk memberikan pendidikan gratis bagi anak-anak disabilitas kurang mampu di Caringin, Bandung. Ia juga ingin mendirikan asrama gratis bagi para siswa yang tinggal jauh dari sekolah dan orang tuanya tidak mampu mengasuh. Berkat donasi dari orang baik, kini asrama dan sekolah sedang diperluas.

Pak Tatang telah menderita gangguan mata sejak kecil. Ia sempat mengalami kegagalan dalam operasi mata dan membuatnya buta total. Namun Pak Tatang tidak menyerah, bahkan ia berhasil menamatkan pendidikannya di Universitas Padjajaran jurusan Antropologi pada 1998.

Kembali ke kampung halaman, Pak Tatang tergerak hatinya untuk membuat SLB (sekolah luar biasa) bagi anak-anak disabilitas kurang mampu di Caringin, Bandung. Alhasil, ia mendirikan SLB ABCD Caringin pada 2003.


Ia mendirikan sekolah dengan ruang kelas seluas 3×3 meter untuk 40 siswa. Selain ruang kelas, ia juga mendirikan asrama bagi siswa yang tinggal cukup jauh dari sekolah dan orang tua yang tak memiliki waktu untuk mengurus mereka.

Setiap bulannya, anak-anak SLB ABCD hanya perlu mengeluarkan biaya Rp50.000 untuk mendapatkan pendidikan di sekolah Pak Tatang. Tak jarang, ia menggratiskan biaya sekolah bagi mereka yang kurang mampu.

Sayangnya, asrama SLB ABCD memiliki kondisi yang kurang layak. Sebelum mendapatkan bantuan donasi, hanya ada satu kamar yang tersedia berdindingkan kayu yang sudah lapuk.

Kini mimpi Pak Tatang perlahan terwujud. Kisah Pak Tatang gerakkan 12.000 orang baik melalui kitabisa.com/bantuslbceria berdonasi dan berhasil mengumpulkan donasi Rp558.840.444. Artis Melly Goeslaw dan Amanda Rawles turut tergerak hatinya membantu perjuangan Pak Tatang. 

Pak Tatang adalah salah satu contoh inspiratif bagi mereka yang peduli dengan akses pendidikan anak disabilitas. Kamu bisa ambil bagian untuk bantu anak-anak Indonesia mendapatkan akses pendidikan di tengah pandemi dengan donasi melalui kitabisa.com/hpbuatbelajar.