Kisah Queen Berjuang Lawan Gagal Ginjal

Sejak bayi, Queen menderita penyakit gagal ginjal dan harus rutin cuci darah. Belum sembuh penyakit gagal ginjalnya, Queen juga harus berjuang dengan kista. Biaya yang besar membuat kedua orang tuanya kesulitan memenuhi pengobatan sang buah hati. Beruntung, ribuan #OrangBaik berjuang bersama Queen. Queen bisa menjalani pengobatan dan keadaannya mulai membaik.


Datang jauh dari Bandar Lampung ke Jakarta, sang Ibu rela membawa Queen untuk berobat dengan fasilitas dan pelayanan yang lebih lengkap. Dengan sisa uang yang dimiliki, sang Ibu rela membeli tiket untuk ke Jakarta demi kesembuhan sang buah hati. Walaupun sebenarnya ia tak tahu bagaimana hidupnya ke depan nanti.

6 tahun yang lalu, kakak Queen juga menderita penyakit gagal ginjal dan harus pergi lebih dulu. Belum hilang duka di hati keluarga, anak kedua yaitu Queen juga harus berjuang dengan penyakit yang sama. Queen sempat mengalami koma dan dirawat di ICU karena kondisinya yang menurun drastis.

 

Penyakit Gagal Ginjal yang Diderita Queen

penyakit gagal ginjal

Gagal ginjal merupakan kondisi dimana terdapat penurunan fungsi ginjal. Jika kondisi ini terjadi, ginjal tidak dapat menyaring racun dan sisa-sisa makanan yang ada di dalam tubuh. Akibatnya, kadar racun dan cairan berbahaya lainnya akan berkumpul dan dapat berakibat fatal.

Penyebab gagal ginjal umumnya dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu gagal ginjal akibat kerusakan pada ginjal, gagal ginjal karena hilangnya aliran darah ke ginjal, serta gagal ginjal yang disebabkan kesulitan buang air kecil.

Pada kasus Queen, gagal ginjalnya disebabkan oleh daya tampung kandung kemih yang kecil dan tidak normal seperti anak seusianya. Karena daya tampung yang kecil, maka urin yang seharusnya ditampung kembali lagi ke ginjal dan mengalir ke darah. Kondisi ini yang juga membuat Queen kesulitan untuk buang air kecil. Ia sering mengalami infeksi dan harus melakukan cuci darah setiap 3 hari sekali.

 

Galang Dana untuk Penuhi Biaya Pengobatan

Biaya cuci darah dan check up dokter setiap minggu tentu sangatlah besar. Untuk biaya sehari-hari saja orang tua Queen kesulitan, ditambah biaya berobat dan rumah sakit yang diperlukan untuk menjalani pengobatan.

Melihat perjuangan orang tua Queen, Yayasan Respek Peduli Indonesia tergerak untuk membantu dengan cara galang dana di Kitabisa. Ribuan #OrangBaik ikut berdonasi dan mendoakan kesembuhan Queen. Bahkan, dana yang terkumpul di galang dana Queen melebih target donasi.

 

Penanganan Gagal Ginjal Queen

pengobatan gagal ginjal

Selain rutin cuci darah, Queen juga harus menggunakan kateter atau alat bantu untuk buang air kecil. Setelah pemeriksaan urodinamik untuk melihat kondisi kandung kemih, dokter baru bisa menentukan tindakan selanjutnya, salah satunya adalah operasi.

Kontrol rutin Queen di Jakarta harus tertunda karena adanya pandemi. Sementara ini, ia melanjutkan pengobatan di rumah sakit di Lampung. Tak hanya kontrolnya, jadwal operasinya pun terpaksa ditunda. Saat ini Queen masih belum lepas kateter, serta masih menggunakan selang untuk asupan nutrisinya.

Proses pengobatan Queen masih panjang, namun berkat dukungan dan bantuan dari para #OrangBaik kondisinya jauh lebih baik.


Seperti Yayasan Respek Peduli Indonesia, kamu juga bisa bantu keluarga, teman, atau kerabat yang sedang berjuang untuk sembuh dan butuh biaya pengobatan dengan cara galang dana di Kitabisa. Klik gambar di bawah ini!

galang dana kitabisa