Kitajaga: Wadah untuk #OrangBaik Saling Melindungi

Masih ragu untuk gabung Kitajaga dan mau cari tahu lebih mengenai cara kerja Kitajaga? Tenang, Kitajaga adalah program tolong menolong yang membawa nilai saling jaga sesama anggota.

Kitajaga sebagai penghubung kebaikan dan wadah yang menyediakan perlindungan jiwa untuk para anggota yang ingin terlindungi sekaligus membantu keluarga yang berduka.

Untuk daftar jadi anggota pun mudah, kamu bisa pilih kontribusi mulai Rp280 ribu/bulan sesuai usiamu serta besaran manfaat yang kamu butuhkan. Besaran manfaat yang kamu pilih berkisar dari Rp100 juta, Rp250 juta, Rp500 juta, Rp750 juta, hingga Rp1 miliar. 

Kitajaga bekerja sama dengan asuransi syariah Takaful Keluarga

Seperti yang kamu tahu, Kitajaga untuk saat ini bekerja sama dengan pialang asuransi resmi PT. Pasar Polis Insurance Broker (dengan nomor izin No. KEP-19/NB.1/2021) yang terdaftar dan diawasi OJK untuk membantu memasarkan produk Takaful Keluarga. Takaful Keluarga sendiri mengadopsi konsep dana Tabarru’ yang telah sesuai dengan prinsip syariah. Secara harfiah, Tabarru’ sendiri memiliki makna kebaikan. Pengumpulan dana Tabarru’ berarti pengumpulan dana dari tiap anggota yang bertujuan untuk kebaikan dan tolong menolong.

Konsep tolong menolong yang mendasari prinsip kerja Takaful Keluarga telah sejalan dengan nilai yang akan dibawa Kitajaga, untuk menjadi wadah peserta untuk saling melindungi dan bersama-sama menanggung risiko keuangan saat musibah menimpa sesuai dengan prinsip-prinsip syariah yang bebas dari unsur gharar (ketidakjelasan), maisir (perjudian), riba (sistem bunga), dan zhulm (ketidakadilan).

Sekali kontribusi, terlindungi setahun penuh

Kontribusimu akan digunakan sebagai dana bersama anggota yang dimanfaatkan untuk membantu anggota lainnya yang tutup usia. Setelah kamu bayar kontribusi, polismu akan segera dikirimkan melalui email agar kamu bisa pelajari dalam masa bebas lihat (free look) selama 14 hari. Untuk tahu lebih lanjut tentang free look kamu bisa baca di sini

Jika kamu menyetujui polis yang dikirimkan, perlindunganmu akan aktif selama setahun penuh. Jadi, kamu ga perlu khawatirkan keluarga jika suatu saat terjadi sesuatu sama kamu, karena ada anggota lainnya yang akan membantu.

Manfaat asuransi perlindungan jiwa memang bukan buat kita, melainkan untuk keluarga yang ditinggalkan. Karena saat kita tutup usia, keluarga bukan hanya kehilangan kamu tapi juga sumber penghasilan mereka. Karena itu, dana manfaat asuransi jiwa ini diharapkan bisa membantu keluarga untuk jalani kehidupan sementara waktu setelah kamu tinggalkan.

Perlindungan murni, tanpa ada unsur riba

Kitajaga menggunakan akad wakalah sebagai dana operasional dari kontribusi tiap anggota untuk menjalankan misi kebaikan ini. Biaya wakalah ini dipergunakan untuk biaya pengelolaan untuk menjamin penyaluran dana bersama dilakukan tepat sasaran, secara transparan, dan cepat diterima oleh anggota yang membutuhkan.  Wakalah itu juga bisa diartikan perlindungan (al-hifzh), pencukupan (al- kifayah), tanggungan (al-dhamah), atau pendelegasian (al-tafwidh). 

Setelah dikenakan biaya wakalah, kontribusimu sepenuhnya akan digunakan sepenuhnya untuk dana perlindungan bersama untuk membantu anggota yang tutup usia, tanpa ada elemen investasi ataupun memperoleh keuntungan. Penyaluran dana bersama pun dilakukan secara transparan, tanpa ada yang ditutupi. Semua penyaluran dana akan dilaporkan secara rutin tiap bulan, agar seluruh anggota tahu pengelolaan dana kontribusi mereka.

Setelah baca penjelasan di atas, apakah keraguanmu mulai terjawab? Buat rasakan pengalaman ikut asuransi perlindungan jiwa, kamu bisa gabung jadi anggota Kitajaga untuk tahu asuransi yang sesungguhnya. Namun, yang paling penting adalah kamu terlindungi terlebih dahulu agar kamu dan keluarga bisa lebih tenang, karena tahu ada yang menjagamu.