Kitajaga: Perlindungan Jiwa Dengan Semangat Saling Jaga

Sejak 2013, Kitabisa telah memfasilitasi semangat gotong-royong dan tolong-menolong dari jutaan orang baik di seluruh Indonesia melalui platform donasi dan galang dana. 

Namun kami kerap bertanya, bagaimana semangat ini bisa mendorong kami untuk membuat inovasi baru dan dampak positif yang lebih besar?

Salah satu yang  kami amati adalah rendahnya jumlah masyarakat yang memiliki sarana perlindungan finansial saat terjadi musibah. Data dari AAJI mengungkapkan bahwa baru 6.5% masyarakat di Indonesia yang memiliki perlindungan jiwa.

Hal ini mengakibatkan sebagian besar masyarakat harus meminjam uang atau bahkan menggalang dana saat terjadi musibah pada anggota keluarga. Karenanya di tahun 2019, kami menghadirkan program tolong menolong untuk kesehatan bernama Saling Jaga. 

Program tolong menolong Saling Jaga

Mengangkat semangat tolong menolong, anggota dapat bergabung di program Saling Jaga dengan berdonasi minimal Rp10 ribu. Dana yang terkumpul lalu digunakan untuk membantu sesama anggota yang terdiagnosa penyakit kritis maupun COVID-19 di kemudian hari.

Dalam 2 tahun, Saling Jaga telah memfasilitasi 700 ribu lebih anggota untuk saling membantu hingga 2.703 anggota dari dana bersama.

Namun, program ini harus selesai beroperasi karena dinilai sebagai produk asuransi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Karenanya, sebagai warga negara yang baik kami menerima arahan dari regulator untuk memastikan inovasi kami memiliki izin yang tepat dan sesuai dengan regulasi.

Misi Lanjutan Saling Jaga

Saat Saling Jaga selesai beroperasi, kami menerima begitu banyak dukungan dan pesan positif dari para anggota. Semangat serta harapan merekalah yang menjadi motivasi kami untuk terus melanjutkan misi kami  untuk mengajak masyarakat saling menjaga.

Kami percaya bahwa semangat dan prinsip dasar tolong-menolong yang dibawa oleh asuransi memiliki tujuan yang baik, terutama untuk membantu meringankan beban saat terjadi musibah. 

Bahkan dalam islam, asuransi dikenal dengan istilah takaful atau saling menanggung. Menariknya, takaful menggunakan akad hibah sosial yang sama dengan saat kita bersedekah, infaq atau menunaikan zakat.

Ironisnya, hal ini sangat jarang tercermin di persepsi masyarakat terhadap asuransi yang cenderung kurang baik. Asuransi kerap dinilai sebagai produk yang tidak menguntungkan konsumen; mahal, ribet dan tidak sesuai dengan ekspektasi. 

Inilah yang membuat kami yakin bahwa dengan semangat Saling Jaga, kami dapat memurnikan kembali semangat asuransi sebagai sarana untuk saling tolong dan saling melindungi di saat sulit. 

Harapannya, upaya ini akan membuat lebih banyak masyarakat terlindungi dan dapat melihat asuransi sebagai produk yang baik untuk dirinya, keluarga dan masyarakat luas.

Kitajaga: Program Tolong Menolong Selanjutnya

Kitajaga adalah wadah baru kami untuk mengembangkan dan menyediakan solusi perlindungan dengan semangat tolong menolong dan Saling Jaga. 

Saat ini, Kitajaga bekerja sama dengan pialang asuransi resmi PT. Pasar Polis Insurance Broker (dengan nomor izin No. KEP-19/NB.1/2021) yang terdaftar dan diawasi OJK untuk membantu memasarkan produk produk asuransi syariah terpilih

Kami memulai langkah ini dengan menawarkan perlindungan jiwa, diharapkan program asuransi jiwa ini bisa menjadi penghubung kebaikan sesama #OrangBaik yang ingin mendapatkan perlindungan sekaligus memperoleh manfaat kebaikan dengan membantu sesama anggota.

Kontribusi di Kitajaga pun terjangkau mulai dari Rp 285 ribu/tahun dan dapat dipilih sesuai kemampuan finansial anggota dan sesuai besaran manfaat yang dipilih mulai dari Rp100 juta, Rp250 juta, Rp500 juta, Rp750 juta, hingga Rp 1 miliar.

Di Kitajaga, kontribusi anggota akan dimanfaatkan untuk membantu sesama anggota yang membutuhkan. Jadi jika kamu tutup usia selama masa perlindungan, maka keluargamu akan mendapat bantuan tunai dari kontribusi para anggota lainnya.

Sebaliknya, jika anggota diberikan rezeki usia, maka kontribusimu akan menjadi amal kebaikan sebab membantu keluarga anggota lainnya yang tutup usia. 

Anggota juga akan dibantu oleh Kiki, asisten perlindungan Kitajaga yang siap bantu anggota mulai dari proses pendaftaran hingga proses klaim. Kitajaga juga memilih jenis produk perlindungan berbasis syariah yang aman digunakan untuk semua orang, termasuk bagi umat non muslim.

Ini langkah awal kami untuk perjalanan panjang memurnikan kembali asuransi kepada semangat awalnya. Banyak hal yang masih perlu kami pelajari dan tingkatkan. Karena itu, untuk para #OrangBaik mohon terus kawal agar Kitajaga dapat menjadi wadah yang bermanfaat dan bisa menjaga kita semua.