Kumpulan Dalil Qurban dari Alquran dan Hadis

Tak lama lagi, umat Islam akan menyambut hari raya kedua, yaitu Iduladha. Hari raya besar ini diperingati pada tanggal 10 Dzulhijjah setiap tahunnya dalam penanggalan Islam. Mulai dari tanggal tersebut sampai tiga hari kemudian atau dikenal dengan istilah Hari Tasyrik, umat Muslim dianjurkan untuk menunaikan kurban. Telah banyak dalil qurban baik dalam Alquran maupun Hadis yang bisa kamu temukan. 

Dalil Qurban dalam Alquran

Dalil Qurban

Meski sebenarnya qurban tidak menjadi bentuk ibadah yang bersifat wajib, tetapi qurban memiliki hukum sunnah muakkad. Artinya, ibadah ini sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh Nabi Muhammad saw kepada seluruh umatnya. Apalagi, berkurban juga memiliki banyak keutamaan dan menjadi ibadah yang nilainya lebih baik dibandingkan dengan sedekah dalam angka yang sama besarnya. 

Oleh karena itu, berikut beberapa dalil qurban dari Alquran tentang anjuran untuk melakukan kurban sehingga umat Muslim dapat lebih memahami kurban lebih dalam lagi:

1. Alquran Surat Al-Kautsar Ayat 2

Dalil pertama berasal dari Alquran Surat Al-Kautsar ayat 2 yang artinya, “Maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah).”

Berdasarkan ayat tersebut, dikatakan bahwa kurban menjadi bentuk ibadah yang bisa membuat diri lebih dekat kepada Allah SWT setelah perintah untuk mengerjakan shalat. Meski hukumnya sunnah, berkurban dapat menjadi cara terbaik untuk semua umat Muslim mengingat Allah SWT. 

2. Alquran Surat Al-Hajj Ayat 34

Selanjutnya dari Alquran Surat Al-Hajj ayat 34 yang artinya, “Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syariatkan penyembelihan (qurban) supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan yang Maha Esa, karena itu berserahdirilah kamu kepada-Nya, dan berilah kabar gembira pada orang-orang yang tunduk (patuh) pada Allah.”

Berdasarkan penggalan ayat tadi, dikatakan bahwa menyembelih hewan qurban yang didasarkan perintah Allah SWT menjadi ungkapan rasa syukur diri terhadap rezeki yang telah Allah SWT berikan. Menyembelih satu hewan qurban tidak akan pernah mengurangi harta yang kamu miliki. Bahkan, Allah SWT akan menggantinya dengan rezeki yang tidak disangka-sangka. 

3. Alquran Surat Al-Hajj Ayat 36-37

Melanjutkan Surat Al-Hajj Ayat 34, Ayat 36-37 juga terdapat anjuran berkurban, yang artinya, “Maka makanlah sebagiannya (daging qurban) dan berilah makan orang yang merasa cukup dengan apa yang ada padanya (orang yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Daging daging qurban dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai keridhaan Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.”

Melalui ayat tersebut, Allah SWT tetap memberikan rezeki kepada hambaNya yang melaksanakan kurban pada Hari Raya Iduladha, yaitu bisa turut menikmati daging qurban. 

4. Alquran Surat Al-An’am Ayat 162

Dalil qurban selanjutnya diambil dari Surat Al-An’am ayat 162 yang artinya, “Katakanlah (wahai Muhammad): Sesungguhnya shalatku, nusuk/ibadah qurbanku, hidup dan matiku hanya untuk Allah rabb semesta alam.  Tidak ada sekutu bagi-Nya, aku diperintahkan seperti itu dan aku adalah orang yang pertama kali berserah diri.”

Berdasarkan ayat tersebut, dikatakan bahwa Nabi Muhammad SAW membenarkan bahwa shalat dan berkurban menjadi suatu wujud pengakuan kepada diri bahwa tidak ada Tuhan lain selain Allah SWT yang menjadi tempat paling baik untuk berserah diri. 

Dalil Qurban dari Hadis

Dalil Qurban

Selain Alquran, dalil qurban juga banyak terdapat dalam hadis yang diriwayatkan oleh para sahabat Nabi Muhammad, di antaranya: 

1. Nabi Muhammad Ikut Berkurban

Nabi Muhammad juga ikut berkurban. Seperti sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari, “Nabi Muhammad SAW. berkurban dengan dua kambing gemuk dan bertanduk. Saya melihat Nabi Saw. meletakkan kedua kakinya di atas pundak kambing tersebut, kemudian Nabi Saw. membaca basmalah, takbir dan menyembelih dengan tangannya sendiri.”

2. Setiap Bagian Tubuh Hewan Qurban Menjadi Pemberat Timbangan Amal

Dalil qurban juga dituliskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ibnu Majah, “Tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya qurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah (menyembelih hewan qurban), sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan-hewan tersebut akan datang lengkap dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu- bulunya. Sesungguhnya darahnya akan sampai kepada Allah –sebagai qurban– di manapun hewan itu disembelih sebelum darahnya sampai ke tanah, maka ikhlaskanlah menyembelihnya.”

Jadi, dalil qurban baik dari Alquran dan hadis tadi tentunya sudah sangat jelas, bukan? Bahwa Allah SWT menganjurkan kepada setiap Muslim di seluruh dunia untuk melaksanakan kurban setiap tahun. Jika kamu ada rencana untuk berkurban tahun ini, yuk, salurkan langsung melalui Kitabisa!

Hewan qurban di Kitabisa dijamin tidak cacat, sehat, dan pastinya bebas PMK. Selain itu, harganya juga sangat terjangkau, kok! Tidak perlu khawatir akan proses penyaluran hewan qurbannya, karena Kitabisa sudah bekerja sama dengan berbagai lembaga penyalur yang amanah, sehingga dijamin transparan dan sesuai syariah Islam. Kamu juga bisa menentukan lokasi penyaluran qurban sendiri, lho!

Qurban Online