Kumpulkan 600 Juta Donasi, Army Indonesia Mulai Salurkan Bantuan ke Korban Gempa Sulawesi Barat

Sulawesi Barat, 21 Januari 2021 – Berhasil kumpulkan donasi sebesar 600 juta rupiah melalui galang dana kitabisa.com/armypedulibencana, fans boyband BTS di Indonesia mulai menyalurkan donasinya secara bertahap. Army Indonesia dibantu lembaga sosial Aku Anak Toraja telah menyalurkan paket sembako, obat-obatan, terpal dan kebutuhan pengungsi lainnya.

Medan yang ditempuh untuk mencapai titik pengungsian cukup berat. Relawan Aku Anak Toraja bahkan harus melewati sungai dengan perahu untuk mengantarkan paket bantuan ke korban gempa di Pulau Karangpuang, Mamuju, Sulawesi Barat. 

Dokumentasi: Aku Anak Toraja

Setelah berhasil menyebrangi pulau, para relawan masih harus berjalan kaki untuk sampai di tenda pengungsian. Para relawan memikul seluruh bantuan guna memastikan bantuan tetap aman hingga diterima oleh pengungsi. Selain bantuan sembako dan obat-obatan, di sini juga dibuka posko kesehatan. 

Selain ke Pulau Karangpuang, bantuan juga disalurkan ke warga di Kecamatan Kaluku, Mamuju, Sulawesi Barat di mana terdapat banyak bayi dan balita sehingga selain sembako, bantuan juga diberikan berupa popok bayi, susu dan makanan bayi dan balita.

Gempa yang terjadi di  Sulawesi Barat, Kamis pekan lalu mengakibatkan lebih dari 19 ribu orang harus mengungsi dan 88 orang meninggal dunia. Donasi masih dibuka oleh Army Indonesia melalui Kitabisa.com/armypedulibencana hingga pekan depan. Borahae.