Untuk NGO

Lakukan Hal Ini Untuk Meningkatkan Partisipasi Dalam Penggalangan Dana

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Dengan membentuk berbagai macam acara penggalangan dana dapat menghasilkan pendapatan yang besar untuk berkontribusi untuk membentuk perubahan pada isu atau organisasi yang Anda pilih. Keberhasilan penggalangan dana tersebut tergantung pada bagaimana Anda mengemas acara sehingga menarik perhatian banyak orang.

Berikut merupakan ide untuk membantu Anda dalam membentuk acara penggalangan dana untuk organisasi/isu yang Anda pilih.

1. Menyelenggarakan Acara Olahraga Untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat

Dengan membuat penggalangan dana melalui kegiatan yang menyehatkan seperti olahraga, bisa menarik perhatian banyak orang dan meningkatkan partisipasi untuk berkontribusi pada acara yang Anda bentuk.

Sebagai contoh kegiatan olahraga seperti Run 4 Charity, Jakarta Goes Pink dan Nusantara Run merupakan gerakan berjalan di mana semua peserta hadir untuk berkontribusi dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk permasalahan kesehatan dan sosial. Penggalangan dana tersebut dibentuk melalui kitabisa.com, yang memberikan kesempatan masyarakat untuk donasi demi berkontribusi untuk kebaikan.

nusanta-run

@pipinbeck – Runner bernama asli Ervina Ferciana ini menempati posisi ke 5 dalam penggalangan dana #RunForCharity . . “Saya akan berlari sejauh 10 KM dalam @jakartamarathon 2016 untuk menggalang dana, untuk membantu adik-adik kita yang saat ini sedang tergeletak tak berdaya di Yayasan Sayap Ibu Bintaro Banyak adik adik kita di sana yang kurang beruntung dan tidak ada biaya untuk mengobati penyakit yang di deritanya Ada 35 anak yang membutuhkan uluran tangan Anda. Mereka adalah para penderita Hydrocephalus, Microcephaly, Celebral Palsy, autisme, cacat fisik, tuna rungu dan tuna netra Mari sisihkan sebagian rezeki kita untuk membantu adik adik kita yang kurang beruntung tersebut dengan memberikan sedekah . — . Hingga saat ini, Ervina sudah mengumpulkan lebih dari 10 Juta. Support Ervina dengan berdonasi di kitabisa.com/ervinarunforcharity Semoga menginspirasi para runners untuk terus berbagi kebaikan 🙂 #RunForGood #JakartaMarathon #Runners #RunforCharity

A photo posted by Kitabisa.com (@kitabisacom) on Oct 20, 2016 at 5:07am PDT

2. Membentuk Gerakan Untuk Kebaikan

Beberapa gerakan yang dibentuk untuk menarik perhatian masyarakat melalui kitabisa.com seperti Movember yaitu gerakan untuk seluruh laki-laki di dunia yang bertepat di bulan November untuk secara berasama mencukur kumis dan juga Shave for hope, yaitu gerakan membotakkan rambut yang ditujukan untuk membangun kesadaran mengenai kanker.

Gerakan ini menceritakan  bahwa dengan kehilangan rambut bukan menjadi halangan untuk pengidap kanker dan mengajak masyarakat utuk berkontribusi melalui donasi.

shave-4-hope

3. Menyelenggarakan Acara Musik

Ide acara penggalangan dana melalui musik juga dengan mudah dapat menarik perhatian masyarakat dalam jumlah yang besar. Sebagai contoh acara Voice of Refugees, konser musik yang di selenggarakan di Jakarta yang dibentuk dalam rangka untuk mengumpulkan dana  bagi para pengungsi.

Khususnya untuk membantu memenuhi kebutuhan hak kemanusiaan mendasar dan kebutuhan pengungsi lainnya seperti penampungan, pelayanan kesehatan, pendidikan, dan pelayanan sosial.

Selain itu juga ada Global Citizen yang merupakan festival musik yang ditujukan untuk membangun kesadaran mengenai isu-iu global seperti permasalahan pendidikan, kemiskinan kesehatan dan lingkungan yang terjadi di dunia dan menghasilkan lebih dari 8 juta partisipasi untuk mendukung misi dari Global Citizen.

rihanna_performing-jpg__1500x670_q85_crop_subsampling-2

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons