Begini Langkah Baca Alquran Untuk Pemula dan Manfaatnya

Kitab suci Alquran merupakan pedoman hidup umat muslim yang berisikan pesan kehidupan, amalan, petunjuk kehidupan dunia akhirat, dan tanda-tanda kekuasaan Allah Swt. 

Sebagaimana kamu ketahui, garis hidup manusia tergambar secara rinci dan jelas di dalam Alquran. Kamu hanya perlu baca Alquran untuk memahami isinya dan mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari.

Begini Cara Belajar Baca Alquran Untuk Pemula

baca alquran untuk pemula

Sebagai muslim sudah sepantasnya kamu bisa membaca Alquran. Tak perlu khawatir, mulailah dengan perlahan. Kamu bisa mempelajarinya bersama keluarga atau seorang diri. 

Namun, kalau kamu kesulitan menghafal dan memahami arti yang terkandung di dalam Alquran, kamu bisa mengikuti kelas khusus mengaji. 

Bagi kamu yang ingin belajar membaca ayat suci Alquran, berikut langkah mudah yang bisa dicoba.

  • Menghafal Huruf Hijaiyah – terdapat 29 huruf hijaiyah yang perlu kamu kenali dan pahami pengucapannya. Setelah mengenali huruf hijaiyah, pahami juga tempat keluarnya huruf. Supaya lebih mudah, pelajari Iqra terlebih dulu sebelum membaca Alquran. 
  • Memahami Tanda Baca (Harakat)– harakat berfungsi menentukan pengucapan huruf hijaiyah. Tanda baca fathah, kasrah, tasydid, dammah, dan sukun wajib dipelajari agar kamu lebih mudah membaca Alquran. 
  • Pelajari Tajwid – ilmu tajwid wajib dipelajari supaya kamu mengetahui bagaimana membaca ayat Alquran dengan benar. 
  • Belajar Surah Pendek – mulailah mempraktikkan ilmu yang kamu dapatkan dengan mempelajari surah pendek, seperti Al-Ikhlas, An-Naas, Al-Falaq, atau Al-Kautsar. Mempelajari surah pendek memudahkan kamu lebih memahami harakat dan tajwid. 
  • Buatlah Jadwal Rutin – latihan secara teratur akan membuat kamu terbiasa dengan pengucapan huruf hijaiyah. Lambat laun, kamu akan makin lancar membaca Alquran. Supaya tidak mengganggu aktivitas harian, bacalah Alquran setelah salat subuh, magrib, atau isya. 
  • Mengaji Bersama Guru – supaya kamu makin memahami Alquran, tidak ada salahnya belajar mengaji bersama seorang guru. 

Pentingnya Baca Alquran Secara Rutin

Baca Alquran merupakan kegiatan yang dianjurkan Rasulullah Saw dan disukai Allah Swt. Lantaran di dalam kitab suci umat Islam terkandung banyak kebaikan, kamu akan memperoleh pahala setiap kali membaca huruf Alquran. Bahkan, makin rutin membaca ayat suci, makin besar ganjaran yang akan kamu dapatkan baik di dunia maupun akhirat. 

Allah Swt akan mengangkat derajat orang-orang yang mencintai Alquran dan senantiasa membacanya, mempelajari, serta mengamalkan isinya. Rutin membaca Alquran dapat membuat jiwa dan pikiran lebih tenang. 

Rajin membaca Alquran bisa mendekatkan kamu dengan Allah Swt dan memperkuat kadar keimanan. Ketika mendapatkan cobaan maupun musibah, kamu akan lebih kuat dan yakin mampu melaluinya.  

Rutin membaca Alquran juga dapat menolak bala dan membuat rumah tampak bercahaya serta dilingkupi aura positif. Tak hanya itu saja, membaca dan mempelajari Alquran lebih dalam akan memperbesar peluang kamu mendapatkan syafaat (pertolongan) di hari kiamat dan akhirat kelak. Kamu akan dikumpulkan bersama hamba Allah Swt yang mencintai dan senantiasa menjaga Alquran semasa hidupnya. 

Sempurnakan Membaca Alquran Dengan Bersedekah 

Kalau kamu ingin lebih dicintai Allah Swt, sempurnakan ibadah membaca Alquran dengan bersedekah. Kamu bisa melakukan sedekah setiap hari. Namun, dianjurkan untuk bersedekah di waktu subuh

Pasalnya, di waktu ini malaikat sedang turun ke bumi untuk mendoakan orang-orang yang gemar mengeluarkan uang di jalan Allah Swt. Doa yang dipanjatkan oleh malaikat akan dikabulkan Allah Swt.

sedekah di aplikasi kitabisa

Selain sedekah subuh, kamu juga bisa memberi bantuan tenaga pada kerabat, teman, atau tetangga yang membutuhkan. Ketika kamu menyingkirkan sampah berserakan atau paku dan batu di jalanan, Allah Swt juga akan memberimu balasan kebaikan yang setimpal. Bahkan, memberi makan kucing, burung liar, atau hewan lainnya juga akan diganjar dengan pahala berlipat. 

Pelengkap Ibadah Baca Alquran

Untuk menyempurnakan ibadahmu baca Alquran, kamu bisa mencari berkah lainnya dengan sedekah.

Sekarang, sedekah bisa kamu lakukan secara mudah. Cukup dari satu aplikasi, yaitu aplikasi Kitabisa, kamu bisa membantu korban bencana alam, membayar pengobatan Covid-19, mendirikan sekolah, pesantren, dan rumah sakit, membeli sembako, hingga dana untuk pendidikan anak putus sekolah. 

Dari informasi mengenai pentingnya membaca Alquran, tidak ada lagi alasan untuk menunda berbuat kebaikan. Rutinkan baca Alquran dan sempurnakan dengan sedekah. Makin banyak perbuatan baik yang kamu lakukan, Allah akan senantiasa menjaga langkah dan memudahkan kehidupanmu di dunia akhirat. 

Yuk, perbanyak amalan dengan sedekah di aplikasi Kitabisa. Mulai dari Rp1.000, kamu sudah bisa berbagi untuk sesama yang membutuhkan.

sedekah di kitabisa