Sedekah

Lengkapi Pahala dengan Amalan Hari Jumat

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagi umat Islam, hari Jumat merupakan hari yang istimewa dan menambah berkah. Di hari itu juga, kaum laki-laki melakukan ibadah salat Jumat. Apalagi jika ibadah salat Jumat diikuti dengan amalan-amalan untuk menambah pahala dan rahmat dari Allah SWT. Mari kita perbanyak pahala di hari baik dengan melakukan amalan hari Jumat. Apa saja amalan-amalannya? Yuk, disimak. 

 

5 Amalan di Hari Jumat

sedekah jumat

  1. Membaca Surah Al Kahfi

    Melengkapi pahala dengan melakukan berbagai amalan di hari Jumat bisa mendatangkan pahala dan rahmat dari Allah. Salah satu amalan hari Jumat adalah membaca surah Al Kahfi. Membaca surah Al Kahfi bisa dilakukan pada siang atau malam hari pada hari Jumat.
    Keutamaan melakukan amalan ini adalah Allah SWT. akan membuat hati menjadi tenang sampai satu pekan kemudian. Hal ini didukung oleh hadis HR Hakim dalam Al-Mustadrok, yang diriwayatkan Abu Sa’id Al-Khudri ra. Rasulullah Saw. bersabda, “Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka Allah akan menyinarinya dengan cahaya di antara dua Jumat”.

  2. Membersihkan Diri
    Amalan hari Jumat selanjutnya yang dapat dilakukan untuk memperbanyak pahala adalah membersihkan diri.
    Dalam hadis HR. Bukhari yang diriwayatkan oleh Salman Al Farisi, Rasulullah SAW. bersabda, “Barang siapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhotbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat”.
    Oleh karena itu, sebelum melaksanakan salat Jumat, ada baiknya melakukan berbagai hal yang disunahkan, seperti mandi untuk membersihkan diri, memotong kuku, memotong rambut, serta memakai minyak wangi.
  3. Perbanyak Selawat dan Zikir
    Selawat dan zikir bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Tetapi, pahala akan berlipat ganda jika memperbanyak lafaz selawat dan zikir pada hari Jumat. Hal ini dijelaskan dalam hadis HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An Nasa-I. Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah selawat kepadaku di dalamnya, karena selawat kalian akan disampaikan kepadaku”.
  4. Bersedekah
    Cara mudah untuk menambah pahala di hari Jumat adalah dengan melakukan sedekah. Sedekah bisa berupa makanan, uang, atau memberikan bantuan dalam bentuk tenaga. Allah akan melipatgandakan rezeki kepada siapa saja yang gemar bersedekah. Dalam  hadis Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239, Rasulullah Saw. bersabda, “Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. Jadi, jangan ragu untuk bersedekah.
  5. Berdoa

    Jika ingin doa dikabulkan, maka berdoalah pada hari Jumat. Karena hari Jumat menjadi waktu yang mustajab untuk berdoa meminta pengampunan dan rezeki. Doa-doa yang diucapkan dengan sungguh-sungguh insyaallah akan terkabul. Dalam hadis HR. Bukhari nomor 935 dan Muslim no. 852, diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah Saw. berbicara tentang hari Jumat, lalu bersabda, “Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta”. 

Inilah berbagai amalan hari Jumat yang bisa mendatangkan banyak pahala. Salah satu amalan yang bisa kamu lakukan adalah bersedekah. Bersedekah dengan hati yang ikhlas akan mendapatkan rezeki yang berlipat ganda.


Sempurnakan ibadah dengan laksanakan amalan di hari Jumat, salah satunya dengan sedekah lewat Kitabisa.

banner_donasi_sedekah

Comments are closed.