Pendidikan

Macam-macam Jurusan Kuliah yang Bisa Kamu Pilih

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Sebelum memasuki dunia perkuliahan, ada banyak hal yang harus kamu persiapkan dan rencanakan salah satunya adalah menentukan jurusan kuliah. Jurusan kuliah menjadi hal yang penting karena dapat menunjukkan arah masa depan kamu. Penentuan jurusan atau bidang studi tidak hanya ditentukan dari minat atau bakat yang kamu miliki, namun juga prospek kerja, perguruan tinggi yang dituju, serta melihat latar belakang pendidikan kamu sebelumnya. 

 

Macam-macam Jurusan Kuliah

jurusan kuliah

Beberapa macam jurusan kuliah ditentukan berdasarkan penjurusan atau peminatan kamu saat di bangku sekolah menengah, yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Hal tersebut menjadi dasar pembagian jurusan kuliah secara umum, yaitu kelompok IPA atau Saintek dan kelompok IPS atau Soshum.

 

1. IPA atau Sains dan Teknologi (Saintek)

kuliah jurusan IPA

Jurusan-jurusan dalam kelompok IPA atau Saintek mempelajari atau terkait dengan bidang ilmu MIPA, kesehatan, pertanian, teknologi atau teknik. Jurusan-jurusan kuliah dalam bidang IPA dan Saintek antara lain:

  • Jurusan Matematika

    Matematika adalah ilmu tentang angka dan perhitungan secara tidak langsung, yang prinsipnya dasarnya dekat dengan pemikiran kita terhadap dunia sekitar. Jurusan ini memberikan peluang kerja sebagai analisis riset pasar, penasihat keuangan, ahli statistika, aktuaris, serta penaksir biaya.

  • Teknik Sipil

    Ilmu ini mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, dan merenovasi infrastruktur gedung serta tata lingkungan. Mahasiswa lulusan teknik sipil memiliki peluang kerja sebagai arsitek, kontraktor, manajemen konstruksi, dan masih banyak lagi.

  • Ilmu Komputer

    Saat ini, ilmu komputer merupakan jurusan yang memiliki peluang kerja besar karena kebutuhan teknologi di era digital. Prospek kerja dari jurusan ini antara lain menjadi ahli komputer, web designer, dan IT maintenance.

  • Kedokteran

    Pendidikan dokter atau kedokteran merupakan macam jurusan kuliah yang mempersiapkan mahasiswanya untuk menjadi tenaga medis seperti dokter. Perjalanan mahasiswa untuk menjadi dokter sangatlah panjang karena secara umum tahapannya dibagi kedalam 4 bagian yaitu pre klinik, klinik, UKDI , dan magang.

  • Astronomi

    Program studi astronomi memfokuskan pada penerapan ilmu fisika terhadap benda-benda langit. Mahasiswa akan mempelajari objek-objek di langit, serta struktur serta sifat fisik evolusi alam semesta beserta isinya dan kosmologi. Peluang kerja dari jurusan astronomi antara lain astronom, peneliti atmosfer dan ruang angkasa.

    bantu kuliah

 

2. IPS atau Sosial Humaniora (Soshum)

kuliah jurusan IPS

Pada kelompok jurusan IPS, mahasiswa mempelajari ilmu yang terkait dengan sosial, ekonomi, bisnis, manajemen, bahasa dan sastra, serta seni.

  • Psikologi

    Bidang studi ini mempelajari pemikiran dan tingkah laku manusia, termasuk cara menangani dan memberikan solusi pada masalah perilaku mental yang dialami seseorang. Prospek kerja dari jurusan ini adalah HRD, psikolog, konsultan perusahaan, dan psikiater. 

  • Sastra

    Macam jurusan kuliah ini berfokus pada kemampuan mahasiswa dalam bidang kesusastraan, kebahasaan, dan kebudayaan. Di Indonesia sendiri, terdapat banyak jurusan sastra dalam beberapa bahasa seperti Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jepang, Sastra Arab, Sastra Jawa, dan bahasa lainnya.

  • Akuntansi

    Jurusan akuntansi merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari proses mencatat, mengklasifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi keuangan. Tentunya, seseorang yang lulus dari macam jurusan kuliah ini akan menjadi seorang akuntan yang dapat bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) atau membuka praktik sendiri.

  • Ilmu Komunikasi

    Bidang studi ini mempelajari tentang ilmu berkomunikasi, mulai dari pengirim pesan, isi pesan, media, penerima pesan, dan lainnya. Sehingga jurusan ini menuntut lulusannya bisa mengkomunikasikan suatu hal dengan baik. Peluang kerja dari jurusan ini antara lain menjadi seorang komunikasi pemasaran, public relations, komunikasi bisnis, atau penyiaran.

  • Hubungan Internasional

    Macam jurusan kuliah ini mempelajari fenomena interaksi pelaku hubungan internasional. Cakupan pembahasan meliputi pelaku hubungan internasional negara dan non-negara seperti organisasi internasional dan perusahaan multinasional.

 

Nah, itu dia beberapa macam jurusan kuliah yang bisa kamu pilih. Jadi, sudah tahu ingin melanjutkan perguruan tinggi dengan jurusan apa?


Banyak mahasiswa yang terpaksa berhenti kuliah karena besarnya UKT atau BKT yang harus dibayarkan. Kamu bisa bantu mereka yang kesulitan membayar biaya kuliah dengan cara donasi di Kitabisa. Untuk bantu mereka, klik gambar di bawah ini!

banner_bisakuliah

Comments are closed.