Palestina

Makna Bendera Palestina Sebagai Simbol Perjuangan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Tiap negara memiliki bendera sebagai lambang atau simbol negara mereka. Palestina pun begitu. Bangsa yang masih dilanda konflik bersenjata itu juga memiliki bendera sebagai simbol bangsa mereka.

Secara fisik, bendera Palestina terdiri dari empat warna. Keempat warna itu ialah merah, hitam, putih, dan hijau. Masing-masing warna itu mewakili simbol tertentu bagi rakyat Palestina. Tak hanya warna, bentuk garis dan segitiga dalam bendera Palestina pun memiliki makna tertentu.

 

Merah Bendera Palestina Perlambang Bendera Pemimpin Islam di Andalusia

Jarang ada yang tahu makna merah berbentuk segitiga di bendera Palestina. Warna merah itu, menurut Dr. Mahdi Abdul Hadi, Kepala Lembaga Palestinian Academic Society for the Study of International Affairs, sebagai lambang bendera pemimpin Islam di Andalusia. Menurutnya, warna merah merupakan perayaan kemenangan suku Muslim di Jazirah Arab dalam peperangan di Afrika Utara dan Spanyol dalam mempertahankan agama. Secara tidak langsung, warna merah itu menjadi semangat perjuangan rakyat Palestina yang masih memperjuangkan nasib mereka.

 

Warna Hitam Bendera Palestina, Lambang Janji Pasukan Tempur Rasulullah

Makna Bendera Palestina Sebagai Simbol Perjuangan

Tak jauh berbeda dengan makna warna merah dalam bendera Palestina, warna hitam pun memiliki makna. Menurut Dr. Mahdi, warna hitam itu merupakan ambang dari janji pasukan tempur pimpinan Rasulullah Muhammad SAW. Ketika Rasulullah menaklukkan kota Mekkah, Beliau membawa dua bendera berwarna hitam dan putih. Bendera putih bertuliskan kalimat Tauhid, lalu bendera hitam merupakan perlambang kegagahan dan keberanian dari janji yang diikatkan di kepala para komandan perang.

Putih, Perlambang Bendera Dinasti Umayyah dan Perang Badar

Pengaruh Islam pun tampak pada warna putih bendera Palestina. Masih menurut Dr. Mahdi, warna putih dalam bendera Palestina merupakan lambang dari bendera Dinasti Umayyah yang memimpin pemerintahan Damaskus selama puluhan tahun. Selain itu, warna putih itu merupakan simbol bendera peperangan Badar.

 

Hijau Dalam Bendera Palestina Bermakna Simbol Dinasti Fatimiyyah yang Berjaya di Bumi Afrika Utara

Makna Bendera Palestina Sebagai Simbol Perjuangan

Bagi rakyat Palestina, warna hijau dalam bendera mereka itu memiliki makna simbol tersendiri. Menurut Dr. Mahdi, warna hijau dalam bendera Palestina memiliki makna simbol Dinasti Fatimiyyah yang pernah berjaya di bumi Afrika Utara. Selain itu, menurut analisis Dr. Mahdi, hijau bermakna lambang kesetiaan Dinasti Fatimiyyah terhadap Ali bin Abi Thalib. Jadi, dapat dikatakan bahwa warna hijau dalam bendera Palestina amat kental dengan Dinasti Fatimiyyah.

 

Makna Simbol Tiga Garis dan Segitiga di Bendera Segitiga

Makna Bendera Palestina Sebagai Simbol Perjuangan

Pada bendera Palestina, ada tiga garis dan segitiga yang memisahkan keempat warnanya. Tiga garis dan segitiga dalam bendera itu merupakan simbolisasi Dinasti Arab yang beragam. Pemaknaan itu bersumber dari masa Perang Dunia I oleh dunia Arab yang bersatu melawan Kekhalifahan Ottoman Turki demi membentuk negara sendiri di Jazirah.

Baca juga:
Keadaan Palestina Hari Ini
Cara Bersedekah, Sederhana Membawa Berkah

 

Makna Keseluruhan Bendera Palestina

Dari beragam makna itu, secara kesatuan, tiap warna, garis-garis, dan segitiga dalam bendera Palestina membentuk makna simpulan. Secara kesatuan, bendera Palestina bagi rakyatnya memiliki makna lambang kemerdekaan, kebudayaan, keagamaan, dan perjuangan merebut hak-hak rakyat Palestina sebagai manusia.

 Oleh sebab itu, hubungan makna bendera Palestina itu sangat melekat penuh di tiap rakyatnya. Bagi rakyat Palestina, simbol itu menjadi landasan mereka bertahan dari situasi perang yang masih terjadi. Tak salah memang bila rujukan simbolisasi dalam bendera Palestina itu mengacu kepada perjuangan umat Muslim di Jazirah Arab. Rujukan itu akhirnya merasuk ke dalam masing-masing jiwa rakyat Palestina sebagai simbol perjuangan.

Dapat dikatakan, simbolisasi bendera Palestina bagi rakyatnya memiliki pemaknaan mendalam sama halnya dengan bendera Sangsaka Merah Putih bagi bangsa Indonesia. Tak salah bila bendera itu terus menyemangati rakyat Palestina untuk terus berjuang, sama seperti para pejuang Indonesia.

Ditulis Oleh: Muhammad Khairil Haesy


Kiranya, perjuangan Palestina merebut hak-haknya perlu didorong oleh bangsa Indonesia. Sebab, Palestina merupakan salah satu bangsa yang menyokong pengakuan kemerdekaan bangsa Indonesia. Tak salah bila banyak organisasi dan yayasan di Indonesia yang telah membuat program dan kampanye untuk membantu rakyat Palestina. Berbagai kampanye itu dapat dilihat di sini.

banner_palestina

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons