Makna Sedekah Subuh bagi Kehidupan Manusia

Sedekah merupakan harta maupun nonharta yang diberikan untuk kemanfaatan umum. Sedekah juga diartikan sebagai cara mengamalkan harta di jalan Allah SWT. Tentu saja, dalam bersedekah, kamu harus tulus serta mengharap rido-Nya.

Bentuk sedekah tak harus dengan uang; kamu juga bisa memberikan makanan, pakaian, atau apa pun yang dibutuhkan orang. Selain itu, membaca tasbih, tahlil, dan tahmid pun menjadi salah satu wujud sedekah. Lalu, kapan waktu terbaik menunaikan sedekah?

Sebenarnya, kamu bisa menunaikan sedekah kapan saja. Namun, sedekah terbaik dilakukan saat subuh. Jadi, apakah makna sedekah subuh? Simak pembahasannya berikut ini!

Sedekah Subuh Membersihkan Harta

Makna Sedekah Subuh
Sumber : Sindo News

Setiap orang semestinya berhati-hati dalam mencari harta. Pasalnya, harta yang bercampur bisa jadi tidak halal jika cara memperolehnya salah. 

Sebaliknya, bagi kamu yang sudah yakin mendapatkan harta halal, sebaiknya menyisihkan untuk sedekah subuh. Hal itu karena sedekah subuh bisa membersihkan harta agar menjadi lebih berkah.

Perintah sedekah subuh bagi orang yang kelebihan harta sudah tertulis secara tersirat dalam Alquran surah Al-An’am ayat 141. 

Lalu, harta haram seperti apa yang dilarang untuk sedekah maupun zakat?

Rasulullah SAW secara tegas melarang harta hasil korupsi untuk sedekah. Hal itu diungkapkan dalam sabda Beliau yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. 

Begitu pula ketika harta tersebut merupakan hasil curian; Rasulullah SAW melarangnya untuk disumbangkan atau sedekah. Justru, orang yang mencuri wajib mengembalikan kepada pemiliknya. Sekalipun memaksa, pemberi sedekah tidak akan mendapatkan pahala atau kebaikan apa pun di sisi Allah SWT.

Sedekah Subuh Mendekatkan pada Sang Pencipta

Makna Sedekah Subuh
Sumber : Liputan 6

Setiap manusia bisa mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dengan memelihara sifat bijak, ilmu, penyantun, serta penuh welas asih. Salah satu bentuk sifat welas asih, yaitu memberikan sedekah untuk orang yang membutuhkan.

Sedekah adalah ibadah istimewa yang dapat menghapuskan dosa manusia. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, bahwa sedekah menghapus dosa seperti air memadamkan api.

Ketika dosa terhapus, maka jiwa kamu lebih bersih. Jika jiwa bersih, seseorang lebih mudah melakukan berbagai perbuatan baik. Dengan begitu, Allah SWT akan memberikan pahala yang lebih besar untuk manusia tersebut.

Selain itu, kamu akan mendapatkan kebaikan yang berlimpah melalui sedekah. Dengan demikian, kebaikan tersebut dijadikan oleh Allah SWT sebagai penolong kamu ketika terjebak dalam kondisi serba sulit.

Sedekah Subuh Membantu Meringankan Sesama

Makna Sedekah Subuh
Sumber : Liputan 6

Pernahkah kamu melihat seorang nenek yang tua renta masih mencari makan dengan berjualan di pinggir jalan? Salah satu cara untuk meringankan beban hidup si nenek adalah memberikan makanan. Dengan begitu, si nenek tidak perlu berjualan seharian di pinggir jalan saat terik matahari ataupun hujan.

Selain membantu jompo, sedekah subuh bisa dilakukan dengan cara ikut menyumbang di pondok pesantren atau yayasan yang sedang membangun asrama. Misalnya, membelikan semen untuk meringankan beban pembelian bahan bangunan atau memberikan sejumlah uang.

Lantas, apakah makna sedekah subuh bagi diri sendiri?

Ketika membantu orang lain, berarti kamu telah menolong dirimu sendiri. Pasalnya, tatkala itu kualitas diri meningkat dan memperoleh relasi yang berguna untuk kesehatan. 

Sedekah subuh harus dilakukan dengan hati yang tulus dan niat baik agar orang-orang di sekitar dapat merasakan manfaatnya. Jika bersedekah dilandasi keterpaksaan, orang di sekeliling kamu pasti juga bisa mengetahui. Pada akhirnya, semua itu dapat merusak hubungan sosial dengan orang lain.

Kamu ingin lebih mudah menunaikan sedekah subuh? Tenang saja; Aplikasi Kitabisa siap membantu kamu menyalurkan sebagian harta untuk sedekah. Kamu bisa mulai sedekah dari Rp1.000 saja. Selain itu, pengguna dapat memanfaatkan beberapa fiturnya, seperti pengingat dan catatan donasi, perhitungan zakat, dan galang dana. 
Itulah sekilas pembahasan tentang makna sedekah subuh bagi orang lain, lingkungan, maupun diri sendiri. Jangan ragu mengeluarkan harta maupun benda berharga untuk sedekah subuh. Pasalnya, janji Allah SWT atas kebaikan di dalam sedekah itu nyata adanya. Jadi, teruslah melangkah dan berbuat baik kepada sesama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *