Maksud Sedekah Subuh dan Manfaatnya untuk Diri Sendiri

Istilah sedekah mungkin bukan hal asing di telinga kita. Sedekah pada dasarnya merupakan kegiatan memberi sesuatu pada orang lain baik dalam bentuk harta maupun non harta. Berbeda dengan zakat, sedekah tidak ditentukan nominal atau banyaknya dan bisa dilakukan kapan saja.

Beberapa waktu belakangan, ada istilah baru yang muncul soal sedekah yaitu sedekah subuh. Meskipun mungkin sebelumnya sudah banyak ulama yang menggaungkan, tetapi tokoh yang membuat kebiasaan sedekah subuh dikenal lebih banyak orang adalah almarhum Syekh Ali Jaber.

Lalu, apa arti dan maksud sedekah subuh, bedanya dengan sedekah biasa, dan bagaimana manfaatnya untuk orang yang gemar melakukan sedekah subuh? Berikut ulasannya!

Apa itu Sedekah Subuh

Sebagaimana namanya, sedekah subuh adalah kegiatan sedekah yang dilakukan saat subuh baik setelah ataupun sebelum salat. Menurut Syekh Ali Jaber, sedekah ketika subuh termasuk salah satu jenis yang paling utama karena kegiatan ini dilakukan di waktu pagi sebelum kita memulai aktivitas.

Bagi umat Islam, waktu subuh memang termasuk istimewa. Pada saat itu, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi untuk menebarkan keberkahan dan rezeki. Menurut sebuah riwayat, salah satu malaikat akan mendoakan orang yang menafkahkah hartanya (bersedekah) pada hari itu sehingga Allah berkenan memberikan rezeki (HR. Bukhari dan Muslim).

Sedekah subuh pun bukan sesuatu yang sulit dilakukan. Jika mengikuti resep dari Syekh Ali Jaber, sedekah subuh bisa dimulai dari hal paling sederhana yaitu memasukkan sejumlah uang setiap subuh di sebuah kaleng. Niatkan sedekah tersebut untuk suatu hajat atau keinginan.

Ketika isi kaleng dirasa penuh, kita bisa menyalurkannya ke pihak yang membutuhkan seperti pondok pesantren, panti asuhan, atau fakir miskin di sekitar lingkungan rumah. Begitu isi kaleng tersalurkan, kamu bisa memulai lagi kegiatan sedekah subuh dengan hajat atau niat lain.

Maksud Sedekah Subuh

Dari ulasan tentang arti sedekah subuh di atas, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa maksud sedekah subuh yang bisa dirasakan. Pertama, melatih keikhlasan dan kebiasaan baik karena setiap pagi kita “memaksa” diri untuk melakukan sedekah subuh. 

Kedua, meningkatkan tali silaturahmi karena saat sedekah subuh disalurkan kita bisa berinteraksi dengan orang-orang di sekitar dan menjalin hubungan dengan orang-orang baru yang ditemui. Ketiga, membersihkan harta. Diakui atau tidak dari sebagian rezeki yang diterima ada hak orang lain yang Allah titipkan pada kita.

Sedekah subuh rutin akan membantu kita membersihkan harta sehingga tidak ada hak orang lain tersisa dan rezeki pun semakin berkah. 

Manfaat Sedekah Subuh untuk Diri Sendiri

Selain yang telah disebutkan sebelumnya, bagi diri sendiri sedekah subuh juga memiliki beberapa manfaat yaitu:

1. Membuat Hati Lebih Tenang

Disadari atau tidak, kegiatan memberi sesuatu kepada orang lain akan membuat kita bahagia. Lihat saja bagaimana keseruan yang dirasa saat melihat orang lain gembira ketika membuka kado ulang tahun yang kita berikan. Sedekah subuh juga memberi efek yang sama. Secara tidak langsung, kebahagiaan itu akan membuat hati kita lebih tenang dan hidup pun semakin berkah.

2. Membiasakan Diri Bangun Pagi

Kebiasaan sedekah subuh mau tidak mau juga dapat melatih kebiasaan untuk bangun lebih pagi. Bagi yang biasa telat salat subuh, hal ini tentu bisa menjadi referensi sehingga ibadah kita lebih baik lagi. 

Tidak hanya soal ibadah, bangun pagi juga sangat baik bagi kesehatan jiwa dan raga. Udara segar ketika subuh hari dapat membantu melancarkan pernapasan, menjernihkan pikiran, dan membuat tubuh kita semakin bugar.

3. Menjauhkan dari Sifat Kikir

Ketika bersedekah dan memberi sesuatu, secara tidak langsung kita membiasakan diri untuk ikhlas serta terhindar dari sifat kikir. Karena pada sedekah terdapat unsur merelakan sesuatu yang kita miliki (harta ataupun nonharta) untuk diberikan pada orang lain.

Bagaimana, sudah siap memulai kebiasaan baik sedekah subuh? Saat ini ada banyak kemudahan yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kita terbiasa melakukan hal baik ini. Salah satunya adalah penggunaan aplikasi sedekah di smartphone. Sebagai rekomendasi, kamu bisa menggunakan aplikasi KitaBisa.

Aplikasi ini tidak hanya membantu memudahkan kita melakukan kebiasaan sedekah subuh, tetapi juga memastikan bahwa sedekah yang disalurkan benar-benar sampai kepada mereka yang membutuhkan. Apalagi channel aplikasi KitaBisa cukup beragam, mulai dari panti asuhan, pondok pesantren, hingga individu yang sedang mengalami kesulitan.Itulah ulasan tentang arti dan maksud sedekah subuh serta manfaatnya bagi diri sendiri. Semoga artikel di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *