Galang Dana

Mari Donasi untuk Perjuangan Orang Pengidap Kanker Kulit

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Ini adalah cerita dari Pak Yatno (50 tahun), hanya tinggal seorang diri di Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas ditengah kondisinya yang sangat memprihatinkan. Pak Yatno divonis terkena kanker kulit yang membuatnya sudah tidak bisa beraktivitas lagi sejak lama.

Pak Yatno di diagnosis oleh dokter terkena kanker kulit. Kanker kulit yaitu sebuah penyakit yang terjadi karena pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal, pertumbuhan sel kulit terjadi secara cepat dan sel kehilangan sifat dasarnya. 

Kisah Pak Yatno yang Terkena Kanker Kulit

Berawal ketika Pak Yatno masih kecil ia memiliki satu benjolan yang timbul di sekitar lututnya. Pak Yatno sempat menjalani operasi benjolan tersebut. Namun, setelah operasi dilakukan, benjolan timbul satu persatu dan semakin banyak di seluruh tubuhnya,

Semenjak tahun 2009, Pak Yatno sudah tidak bisa bekerja lagi karena kondisinya mulai kesulitan dalam beraktivitas dan tidak memungkinkan untuk bekerja. Saat ini kondisi Pak Yatno semakin memburuk, pak Yatno kesulitan menggerakan tubuhnya, termasuk kaki dan tangan, sehingga kondisi tersebut memaksakan dirinya harus terus berbaring di kasurnya. 

kanker kulit

Pada awalnya, Pak Yatno tidak berobat dikarenakan faktor biaya, namun karena kondisi yang kian memburuk, Pak Yatno akhirnya melakukan pemeriksaan di rumah sakit. Dengan kondisi tubuh yang sudah penuh benjolan, pihak dokter rumah sakit angkat tangan dengan kondisi tersebut, Pak Yatno hanya diberikan obat pengurang rasa sakit. Sekarang ini, Pak Yatno sudah tidak lagi menjalani pengobatan dikarenakan kendala biaya dan transportasi.

Pak Yatno adalah salah satu kasus kanker kulit yang sangat berbahaya di Indonesia. Maka, mari kita cari tahu tentang pengetahuan mengenai penyakit dan gejala kanker kulit yang penting untuk kita ketahui.

Apa Penyebab Kanker Kulit?

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang terkena penyakit kanker kulit, di antaranya adalah kelainan kromosom, keturunan atau faktor genetika, hingga terkena virus yang mematikan.

Selain itu, paparan sinar matahari secara langsung pada kulit secara terus-menerus juga bisa memicu seseorang terkena kanker kulit karena matahari adalah sumber utama sinar ultraviolet. Ada tiga jenis sinar ultraviolet, yaitu A, B, dan C. Dari ketiganya, sinar UVC adalah yang paling berbahaya. Meski begitu, UVC akan hilang terserap oleh atmosfer sebelum mampu sampai ke kulit kamu. Namun, kamu tetap perlu waspada, karena sinar UVA dan UVB juga berpotensi besar terhadap kerusakan kulit.

Mengenal Kanker dan Jenis yang Paling Populer di Dunia

Apa Gejala Kanker Kulit?

Tanda yang paling umum dari kanker kulit adalah perubahan pada kulit, biasanya tahi lalat baru atau adanya lesi kulit yang tiba-tiba muncul. Berikut ini adalah gejala-gejala kanker kulit yang lainnya antara lain :

  • Permukaan kulit yang menjadi gatal dan nyeri. Rasa gatal akan muncul pada permukaan kulit yang tampak lebih kasar dan lecet.
  • Muncul bercak – bercak pada kulit seperti lingkar berwarna kecoklatan atau hitam pada kulit
  • Kulit berubah warna
  • Kulit bersisik
  • Adanya benjolan pada permukaan kulit.

Bagaimana untuk mencegah terjadinya kanker kulit?

Pencegahan yang terbaik adalah dengan menghindarkan kulit dari paparan langsung sinar matahari dalam waktu lama. Tak hanya itu, ada beberapa cara untuk mencegah terjadinya kanker kulit, diantaranya:

  • Memeriksa kondisi tahi lalat. Konsultasikan ke dokter jika melihat perubahan bentuk pada tahi lalat atau bintik-bintik di tubuh Anda.
  • Hindari sinar matahari ketika di puncak terpanas
  • Gunakan tabir surya
  • Hindari sinar ultraviolet buatan.
  • Berpakaian dengan benar jika berada di luar ruangan dan harus terpapar matahari dalam jangka waktu yang lama

Itulah kisah pak Yatno yang harus berjuang melawan kanker kulit yang berbahaya dan beberapa hal mengenai kanker kulit yang perlu kita ketahui sejak dini agar bisa dicegah dan terhindar dari penyakit berbahaya tersebut. Pak Yatno sangat membutuhkan kepedulian dan dukungan kita untuk bertahan melawan sakitnya. Kepedulian dan dukungan kita akan menjadi semangat untuk Pak Yatno untuk terus berusaha sembuh dari sakitnya.

Selain pak Yatno, masih banyak sekali penderita penyakit berbahaya dan juga mematikan yang harus berjuang melawan penyakitnya dengan segala keterbatasan pendanaan. Mari kita memberikan doa dan dukungan untuk membantu para pejuang-pejuang itu agar dapat terselamatkan dari penyakit yang dideritanya. Kamu bisa membantu mereka dengan cara berdonasi  di sini.banner_donasi_biaya_pengobatan

Penulis: Samantha Widya

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons