Ramadhan

Materi Kultum Ramadhan untuk Meningkatkan Keimanan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Salah satu hal yang cukup identik ditemui saat Ramadhan adalah kultum menjelang waktu maghrib dan menjelang waktu isya. Berbagai stasiun televisi pun seolah tak ingin ketinggalan menyiarkan acara yang satu ini. Selain itu, di beberapa tempat lain seperti sekolah maupun instansi lainnya juga menyelipkan kultum pada waktu-waktu tertentu.

Materi kultum Ramadhan pun sangat beragam dan seperti tak ada habisnya. Beberapa biasanya membahas yang khusus dengan Ramadhan seperti keutamaan puasa, kewajiban membayar zakat bagi, keutamaan shalat tarawih, Lailatul Qadar, dan lain-lain. Beberapa lainnya pun tak sedikit yang membahas tentang Islam dan akhlak secara lebih general dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari seperti bersabar, bersyukur, dan lain-lain.

Pada dasarnya tak ada patokan khusus tentang bagaimana atau tema apa yang harus disampaikan. Namun bila butuh beberapa referensi materi kultum Ramadhan, berikut beberapa contoh bahasan yang dapat kamu sampaikan.

 

Kewajiban Membayar Zakat

Materi kultum Ramadhan ini cocok kamu sampaikan mengingat berzakat wajib dikeluarkan oleh umat muslim. Jenis zakat yang wajib dikeluarkan saat bulan Ramadhan adalah zakat fitrah yang dapat diberikan dalam bentuk beras langsung atau uang senilai dengan nominal beras. Sementara itu, zakat mal dapat dibayarkan di waktu lain, tetapi bila dikeluarkan saat Ramadhan juga lebih utama dan mendapat balasan yang lebih besar.

Tak lupa, sebagai generasi yang sangat familier dengan kecanggihan teknologi digital, kamu juga dapat memperkenalkan kemudahan berzakat melalui platform digital untuk lebih mudah. Di Kitabisa misalnya, kamu bisa membayar zakat dengan lebih mudah dan praktis. Kamu pun dapat memanfaatkan fitur kalkulator yang tersedia untuk menghitung berapa besar pasti zakat yang harus kamu keluarkan.

 

Sedekah Non-Harta di Bulan Ramadhan

Selagi berada dalam bulan penuh berkah, sedekah juga menjadi materi kultum Ramadhan yang cocok. Kamu dapat mengajak lebih banyak orang untuk melakukan kebaikan sederhana dengan balasan kebaikan yang berlipat ganda. Selain itu, ada banyak pula keistimewaan sedekah terutama di bulan Ramadhan yang dapat kamu sampaikan sebagai pengingat.

Menurut peraturan BAZNAS, sedekah merupakan harta atau non-harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemashlatan umum. Artinya, kamu juga tetap bisa bersedekah dan mendapat balasan kebaikan serupa meski tak melakukannya dalam bentuk materi. Berbagi ilmu bermanfaat, menjaga ucapan dari kalimat yang tidak menyakiti, berdakwah, bahkan menyingkirkan pohon yang menghalangi jalan juga termasuk dalam bentuk sedekah.

 

Keutamaan Bersabar

Kamu pasti sering mendengar kalimat semacam, “Sabar dong, jangan marah-marah. Nanti puasanya batal.” Fenomena ini pun dapat menjadi salah satu hal yang semakin menguatkanmu menyampaikan kesabaran sebagai materi kultum Ramadhan. Terlebih lagi, godaan saat bulan Ramadhan pun biasanya jadi lebih bermacam-macam sehingga bersabar menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan.

Sabar pun mempunyai banyak keistimewaan. Tak hanya sekadar menambah pahala, sabar juga senantiasa mendekatkan seorang hamba kepada Allah SWT, mempermudah kehidupan seseorang, dan lain-lain. Kamu dapat menambahkan berbagai kisah para Nabi yang diuji dan tetap bersabar sebagai contoh nyata.

Segala kebaikan dalam Islam sesungguhnya dapat kamu ambil sebagai materi kultum Ramadhan. Sebab pada dasarnya, tujuan kultum adalah untuk menambah wawasan dan keimanan seseorang. Adapun lebih bijak jika kamu menyesuaikan materi yang akan disampaikan dengan kondisi jemaah yang akan mendengarkan. Dengan begitu, mereka akan merasa lebih relate sehingga materi pun jadi lebih mudah untuk ditangkap dan melekat.


Kamu bisa menyempurnakan ibadah di bulan Ramadhan dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah

Comments are closed.