Galang Dana

Mau Bantu Sesama? Ayo Lihat 5 Langkah Galang Dana via Kitabisa!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

#OrangBaik, bisa coba sebutkan deh aspirasimu sebagai human being atau insan di dunia ini? Apakah itu karir? pendidikan tinggi? tabungan dan investasi atau bermanfaat bagi orang banyak?

Coba tinjau lagi poin terakhir aspirasi yang kami sebutkan di atas. Yup, benar sekali poin bermanfaat bagi banyak. Sebagai insan di dunia yang terlahir dan hakikatnya hidup sebagai mahluk sosial, sudah bukan rahasia umum lagi kalau ada aspirasi di dalam nurani kita untuk dapat bermanfaat bagi orang banyak bukan?

Tentunya aspirasi untuk mencapai tujuan dapat bermanfaat bagi orang banyak ini dapat dilakukan sejak dini, lho. Banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu orang lain, salah satunya dengan menggalang dana dan dukungan bagi orang yang membutuhkan. Eits, perlu diingat lagi bahwa menggalang dana bukan sekedar materi saja ya, menggalang dana juga dapat dilakukan untuk mendapat dukungan moral dari berbagai pihak.

Dukungan-dukungan tersebut tentunya sangat berarti bagi teman, saudara ataupun ornag lain yang sangat membutuhkan,lho. Tunggu apalagi? Yuk, mulai wujudkan aspirasimu dengan melakukan 5 langkah mudah galang dana. Jangan di skip, baca dulu artikel ini selengkapnya ya.

Buat Campaign Galang Dana

Mau Bantu Sesama? Ayo Lihat 5 Langkah Galang Dana via Desktop Kitabisa!

Salah satu langkah mudah yang dapat kamu lakukan untuk membantu sesama adalah dengan menggalang dana. Melalui platform crowdfunding online yakni Kitabisa, kamu dapat mengakses aksi nyata penggalangan dana dengan mudah.

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengunjungi situs Kitabisa di sini. dan pilih menu Galang Dana. Setelah masuk ke menu Galang Dana, kamu dapat mengisi form online seperti identitas, target donasi yang ingin dicapai, deadline, cerita lengkap berupa latar belakang dari penggalangan dana hingga tujuanmu untuk membuat penggalangan dana ini.

Saran dari kami saat menceritakan latar belakangan penggalangan dana adalah buatlah se-detail mungkin. Tulislah cerita se-menarik namun tidak berlebihan agar orang tergugah dan memperkuat alasan calon donatur untuk memberikan donasi di campaign-mu.

Jangan Lupa untuk Verifikasi Identitas!

Langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah memverifikasi identitas-mu di Kitabisa. Saat kamu mengisi identitas, pastikan kamu juga melengkapi data diri di akun Kitabisa. Melalui proses verifikasi, tim Kitabisa dapat melakukan penilaian serta kamu juga dapat mencairkan donasi yang sudah didapatkan.

Tanpa adanya verifikasi, donasi yang sudah terkumpul tidak dapat dicairkan begitu saja. Nah, nggak mau seperti itu kan? Pastikan kamu verifikasi data diri dengan melengkapi data KTP, akun sosial media dan foto. Oh iya, pastikan identitas KTP terbaca dengan jelas terutama pada bagian foto dan tanda tangan ya.

Selain itu, pastikan juga kamu telah mengunggah foto sesuai dengan ketentuan yang kami berikan. Jangan lupa juga untuk memasukkan nomor rekening bank yang nama pemegangnya sesuai dengan identitas KTP yang kamu masukkan.

 

Share, Share, dan Share

Kamu juga harus tahu bahwa penggalangan dana tidak dapat kamu lakukan sendiri. Tentunya kamu juga membutuhkan dukungan orang lain bukan? Viral jadi salah satu poin penting agar khalayak umum dapat mengetahui penggalangan dana yang kamu lakukan.

Jangan lupakan untuk selalu mengawasi perkembangan campaign. Jika kamu merasa donasi jauh dari target, kamu dapat menggunakan kekuatan media sosial untuk membagikan link campaign mulai dari orang terdekat hingga khalayak umum.

Kamu dapat membagikan aksi galang dana melalui media sosial yang familiar. Contohnya saja facebook, instagram, serta twitter. Kamu dapat memulai untuk mengajak keluarga, teman, serta kolega kerja untuk menyukseskan aksi galang dana yang kamu unggah.

Survey membuktikan bahwa 70% donasi di Kitabisa berasal dari teman/keluarga terdekat campaigner,lho.

 

Pencairan Dana

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah pencairan dana. Di langkah ini kamu harus teliti karena ada langkah-langkah untuk memverifikasi seperti verifikasi scan KTP dan nama pemegang rekening yang sesuai dengan nama di KTP.

Proses verifikasi akan memakan waktu sekitar 3 hari kerja ya #OrangBaik. Setelah itu, notifikasi akan masuk melalui email dan SMS apabila proses verifikasi sukses. Kalian juga harus tahu kalau dana donasi yang terkumpul bisa dicairkan kapan saja melalui fitur Dompet Kebaikan yang tersedia di akun milik kamu di Kitabisa.

Jangan khawatir juga soal timing atau waktu pencairannya. Kamu bisa mencairkan donasi kapan saja kok walaupun target donasi belum tercapai.

Jangan Lupa Tulis Update

Last but not least adalah menulis update untuk para donatur di campaign-mu. Menulis update ini penting banget karena update  digunakan sebagai laporan penggunaan dana donasi yang telah mereka percayakan.

Siapkan detail-detail yang diperlukan ya seperti jumlah pengeluaran yang digunakan dan bisa juga untuk menambahkan bukti-bukti pembayaran beserta tanggal masuk dan keluarnya transaksi. Dengan menuliskan update yang rinci, tentunya campaign akan semakin transparan serta dapat ditanggungjawabkan. Selain pertanggungjawaban terperinci, kamu juga dapat menuliskan update berupa kabar gembira dan progress campaign ke para donatur melalui email mereka.

 

#OrangBaik, itu  dia lima cara mudah Galang Dana di Kitabisa. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu untuk memahami alur Galang Dana. nfomasi lengkap bisa juga dibaca di Kitabisa Help Center ya. 

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons