Mau Bersedekah di Waktu Subuh? Ini Caranya!

Kebaikan memang sebaiknya bisa menyebar dengan berbagai cara. Salah satunya adalah lewat tren bersedekah di waktu Subuh yang belakangan mulai jadi tren di kalangan umat Islam. Dengan berbagai keutamaan yang bisa kamu dapatkan, bersedekah Subuh adalah salah satu cara mudah berbagi kebaikan dengan orang-orang di sekitarmu.

Sama seperti ibadah salat Subuh, bersedekah di waktu Subuh juga memiliki sejumlah tantangan. Namun sekarang ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mulai menjadikannya sebagai rutinitas. Simak beberapa caranya berikut ini!

Membuat Celengan Khusus untuk Sedekah Subuh

Bagi sebagian orang terutama wanita yang tidak melaksanakan salat Subuh berjamaah, menemukan kotak infak untuk sedekah Subuh mungkin sulit. Sebagai solusi, kamu bisa membuat sendiri kotak infak di rumah. Manfaatkan celengan atau wadah bekas untuk kamu isi dengan uang sedekah Subuh kamu setiap hari. Setelah jumlahnya cukup banyak atau sudah memasuki 40 hari, kamu bisa membongkar dan memberikannya kepada mereka yang berhak.

Memasukkan Uang Sedekah ke Kotak Infak Saat Salat Subuh

Bagi para pria yang setiap hari melakukan salat Subuh berjamaah di masjid, bersedekah di waktu Subuh tentu jauh lebih mudah. Pasalnya, hampir di setiap masjid dan musala biasanya ada kotak infak yang bisa diisi. Kamu tinggal memasukkan uang yang ingin disedekahkan setiap hari langsung ke dalam kotak infak. Nantinya, Badan Kenaziran Masjid yang akan mengelola dan mengalokasikan dana tersebut untuk berbagai kebutuhan umat.

Mengantarkan Makanan Kepada Tetangga Setelah Subuh

Jika kebetulan kamu memiliki tetangga yang kekurangan, mereka bisa menjadi tempat yang bagus untuk menyalurkan sedekahmu. Hal ini tertuang dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Thabrani. Bahwasannya Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa saja yang memberi makan kepada seorang mukmin sampai membuatnya merasa kenyang dari kelaparan, maka Allah akan memerintahkannya untuk masuk ke dalam salah satu pintu surga yang tidak dapat dimasuki orang lain.”

Ketika kamu memberikan makanan dalam bentuk sedekah Subuh kepada tetanggamu, kamu tidak hanya membebaskan mereka dari rasa lapar. Ketika mereka merasa kenyang dan memiliki tenaga, lalu mereka menggunakan tenaga itu untuk beribadah dan mencari rezeki, maka pahalanya juga akan mengalir kepadamu.

Menggunakan Aplikasi Kitabisa

Teknologi tidak hanya membuat kita lebih mudah melakukan urusan yang bersifat duniawi. Kini, teknologi bahkan memudahkan kita untuk beramal, termasuk bersedekah di waktu Subuh.

Aplikasi Kitabisa mendukung kamu untuk melaksanakan sedekah Subuh secara rutin. Sampai saat ini sudah banyak Orang Baik yang mulai rutin melakukannya. Hal ini terlihat dari jumlah traffic donasi yang meningkat pesat pada jam-jam menjelang dan setelah salat Subuh, tepatnya dari pukul 4 sampai pukul 5 pagi. Kenapa harus donasi melalui Kitabisa?

Di Kitabisa, kamu bisa memilih sendiri orang yang akan ingin kamu bantu. Kamu bisa memulai sedekah dengan Rp1.000 saja. Agar tidak lupa, aplikasi Kitabisa juga dilengkapi dengan fitur pengingat untuk para pengguna yang ingin berdonasi secara rutin. Semua dana yang terkumpul dari hasil sedekah juga akan dikelola secara transparan dan tentu saja akan disampaikan langsung pada mereka yang membutuhkan.

Kalau kamu sudah bergabung, jangan lupa ajak keluarga dan teman-temanmu yang lain untuk ikut serta dalam tren sedekah Subuh ini. Semakin banyak orang yang kamu ajak, semakin banyak juga orang yang bisa kita bantu. Dengan cara gotong royong, kita bisa menyalurkan lebih banyak kebaikan.

Bersedekah di waktu Subuh memang memiliki banyak keutamaan. Tidak heran juga untuk melaksanakannya dibutuhkan niat yang kuat serta konsistensi. Yuk mulai bangun kebiasaan bersedekah di waktu Subuh bersama aplikasi Kitabisa sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *