Galang Dana

Mau Galang Dana atau Donasi Online? Kitabisa Solusinya!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Kitabisa merupakan salah crowfunding platform di Indonesia yang hadir sebagai solusi bagi Anda yang ingin aktif dalam kegiatan sosial kemanusiaan. Kitabisa menawarkan kemudahan donasi dan galang dana tanpa perlu melakukan tatap muka secara langsung.

Anda yang disibukkan dengan berbagai kegiatan tetap dapat berkontribusi untuk membantu sesama. Jika Anda ingin menolong, tetapi terkendala finansial pun tetap dapat berpartisipasi dengan mengajukan galang dana.

Hanya dengan sekali klik, dana Anda dapat tersalurkan. Dengan sekali klik, Anda bisa membantu orang-orang yang kesusahan. Melalui Kitabisa, berbagi kepada sesama menjadi lebih mudah.

 

Pentingnya Berbagi Kepada Sesama

Mau Galang Dana atau Donasi Online? Kitabisa Solusinya!

Berbagi merupakan sebuah kata yang penuh makna karena perlu kesadaran dan kerelaan untuk memberi apa yang Anda miliki kepada orang lain. Dengan berbagi, Anda bukan saja membantu orang lain, melainkan juga diri sendiri. Sebab, selain penerima, Anda pun akan merasakan manfaatnya.

 

Mengapa berbagi kepada sesama sangat penting? Berikut sejumlah alasannya.

  • Meringankan Kesulitan Orang Lain

Mau Galang Dana atau Donasi Online? Kitabisa Solusinya!

Sebagai makhluk sosial, Anda tidak bisa hidup sendiri. Ada kalanya, Anda membutuhkan bantuan orang lain. Begitu pula sebaliknya. Ketika ada orang lain dalam kesulitan, jangan ragu untuk memberikan pertolongan. Meskipun bantuan yang Anda beri tidak seberapa, tetapi bagi penerima hal tersebut sangat berharga.

 

Ketika tertimpa musibah, seseorang rentan mengalami krisis kepercayaan diri. Namun, dengan kepedulian Anda, mereka tidak lagi merasa sendiri. Bantuan yang Anda beri akan membangkitkan semangat dan harapan baru pada orang lain. Dengan berbagi, Anda telah meringankan kesulitan yang dialami orang lain.

  • Meningkatkan Rasa Empati

Mau Galang Dana atau Donasi Online? Kitabisa Solusinya!

Kebiasaan berbagi kepada sesama dapat memupuk rasa empati. Empati akan membuat Anda merasa utuh. Anda bisa merasakan apa yang dirasakan orang lain. Anda pun akan lebih menghargai orang lain. Dengan empati, Anda dapat dengan mudah menjalin hubungan sosial yang lebih baik.

  • Membuat Anda Lebih Bahagia

Mau Galang Dana atau Donasi Online? Kitabisa Solusinya!

Secara kasat mata memberi bantuan kepada orang lain tampak merugikan. Anda harus mengeluarkan uang, menghabiskan tenaga, dan membuang waktu demi orang lain yang bisa jadi tak Anda kenal. Faktanya, bersedekah justru dapat membuat Anda lebih bahagia. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa karena saat Anda berbagi, hati Anda akan diliputi oleh perasaan positif. Kondisi ini dikenal sebagai “warm-glow effect” atau biasa disebut cahaya hangat.

Dengan pikiran positif, Anda akan lebih bersemangat menjalani hari demi hari. Bahkan, ketika Anda kesulitan, Anda tidak akan mudah mengeluh. Anda justru akan menerimanya dan menanggapi hal tersebut sebagai tantangan. Hanya dengan memberi bantuan kepada orang lain, Anda akan lebih bahagia daripada orang yang hanya peduli pada dirinya sendiri.

  • Membuat Hidup Lebih Berarti

Mau Galang Dana atau Donasi Online? Kitabisa Solusinya!

Ketika Anda memberikan bantuan kepada orang lain, baik berupa tenaga, uang, barang, atau sekadar dukungan, jiwa Anda akan diliputi kehangatan. Hanya melihat raut wajah bahagia penerima bantuan, Anda akan ikut tersenyum.

Anda juga akan merasa bahwa tindakan kecil yang Anda lakukan dapat menjadi sesuatu yang berharga bagi orang lain. Anda pun akan menyadari bahwa hidup menjadi lebih berarti dengan berbagi.

  • Kepuasan Batin

Bukankah manusia diciptakan untuk bermanfaat bagi sesama? Berbuat kebaikan dengan cara memberi sebagian harta yang Anda miliki akan membuat hidup lebih bermanfaat. Dengan berbagi Anda pun akan menemukan kepuasan batin yang tak terhingga. Kepuasan ini akan mengisi relung hati Anda yang kosong dan membuatnya lebih hidup. Inilah mengapa berbagi sangat dianjurkan.

  • Memberi = Mendapat Lebih

Mau Galang Dana atau Donasi Online? Kitabisa Solusinya!

Anda tentu mengenal Bill Gates bukan? Salah satu orang terkaya di dunia yang gemar beramal dengan nominal fantastis. Secara hitungan matematika, apa yang dilakukan Bill Gates jelas akan mengurangi jumlah kekayaannya. Namun, yang terjadi justru sebaliknya. Uang yang digunakan Bill Gates untuk beramal kembali dalam jumlah yang jauh lebih besar.

Apa yang dialami Bill Gates serupa dengan peribahasa “Siapa yang menanam, dia yang akan menuai.” Apa pun kebaikan yang Anda lakukan hal tersebut akan kembali pada Anda. Anda memberi 1 kebaikan, Anda akan mendapat 10 kebaikan. Anda memberi 10 kebaikan, Anda akan menerima 100 kebaikan.

Semakin banyak Anda memberi, semakin banyak Anda menerima.  Bersedekah tidak akan membuat Anda miskin, Anda akan kaya, baik secara finansial maupun kaya hati. Tak ada alasan untuk tidak berbagi kepada sesama yang membutuhkan bantuan.

  • Tubuh Lebih Sehat

Mau Galang Dana atau Donasi Online? Kitabisa Solusinya!

Sudah banyak penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan memberi berdampak baik bagi kesehatan. Sikap dermawan tidak hanya membuat Anda lebih bahagia, tetapi juga membuat Anda lebih sehat. Ketika Anda menolong orang lain, otak akan memproduksi hormon dopamine dan meningkatkan produksi hormon oxytocin. Stres Anda berkurang, suasana hati membaik, tubuh pun lebih sehat.

  • Memotivasi Orang Lain

Mau Galang Dana atau Donasi Online? Kitabisa Solusinya!

Berbuat kebaikan dapat menginspirasi orang lain untuk berbuat hal yang sama. Misalnya, secara tidak sengaja Anda berpapasan dengan seorang nenek yang kesulitan menyeberang. Melihat hal tersebut, hati Anda tergerak untuk membantu. Saat menolong nenek tersebut, Anda telah memberi contoh nyata pada orang-orang di sekitar. Kelak, suatu saat terjadi hal yang sama, mereka tidak akan ragu untuk membantu.

  • Lebih Bersyukur

Mau Galang Dana atau Donasi Online? Kitabisa Solusinya!

Saat Anda membantu korban bencana alam, Melihat mereka kehilangan harta benda, kerabat, dan orang yang dicintai, Anda akan lebih menghargai kehidupan. Tidak hanya pandai bersyukur, Anda pun akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih bijaksana.

  • Menurunkan Angka Kriminalitas

Mau Galang Dana atau Donasi Online? Kitabisa Solusinya!

Disadari atau tidak, dengan berbagi Anda turut mengurangi risiko terjadinya tindak kriminal. Sebagaimana Anda ketahui, kondisi sulit dapat menyebabkan seseorang lupa diri. Rasa tidak berdaya mampu membuat mereka nekat melakukan tindakan tercela. Namun, kondisi ini tidak akan terjadi jika ada orang yang peduli terhadap masalah mereka. Bantuan Anda dapat mencegah mereka melakukan perbuatan buruk sekaligus mengeluarkan mereka dari jurang penderitaan.

 

Amankah Donasi Online?

Mau Galang Dana atau Donasi Online? Kitabisa Solusinya!

Sebelum teknologi berkembang pesat, penggalangan dana dilakukan secara manual, seperti menggunakan selebaran, iklan radio, dari pintu ke pintu, dan konser amal. Prosesnya pun terbilang cukup panjang karena melewati serangkaian tahapan. Meskipun cara tersebut masih dilakukan, tetapi sebagian besar orang telah beralih ke cara yang lebih praktis, yakni penggalangan dana via online.

Mirisnya, masih banyak orang yang enggan untuk berdonasi secara daring. Alasan utamanya adalah keamanan. Maklum saja, cukup banyak kasus yang memanfaatkan penggalangan dana untuk tujuan pribadi. Alih-alih dana yang terkumpul diberikan kepada yang berhak, dana tersebut justru digunakan untuk diri sendiri. Namun, Anda tak perlu khawatir karena ada kiat khusus untuk memilih lembaga donasi yang amanah.

Baca juga:
Donasi? Kini makin Mudah dengan Kitabisa Apps!

 

Agar Anda terhindar dari kasus penipuan berkedok donasi online, pastikan untuk menerapkan sejumlah cara di bawah ini.

  • Kredibilitas

Mau Galang Dana atau Donasi Online? Kitabisa Solusinya!

Dengan bantuan internet, Anda bisa dengan mudah menemukan platform donasi online di seluruh penjuru dunia. Di Indonesia sendiri cukup banyak crowfunding platform yang menawarkan kemudahan untuk beramal ataupun menggalang dana. Namun, tidak semua kredibel. Faktanya, cukup banyak lembaga donasi online abal-abal yang menyalahgunakan kesempatan ini untuk mengeruk keuntungan pribadi.

Oleh karena itu sangat penting untuk memastikan kredibilitas crowfunding platform lebih dulu. Platform yang kredibel tidak ragu melaporkan hasil penggalangan dana secara transparan kepada para donatur. Lembaga donasi legal pasti terdaftar di Kementrian Sosial atau Dinas Sosial Daerah. Jika platform tersebut tidak jelas, sebaiknya cari lembaga lain yang benar-benar kredibel.

Salah satus situs penggalangan dana dan donasi online tepercaya yang dapat Anda jadikan pilihan adalah Kita Bisa. Kitabisa terdaftar di Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham) serta mengantongi izin PUB (Penggalangan Uang dan Barang) dari Kementrian Sosial dengan SK Menteri No 310/HUK-PS/2018. Tak hanya itu saja, Kita Bisa juga diaudit langsung oleh Kantor Akuntan Publik dengan hasil Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

  • Cermat

Mau Galang Dana atau Donasi Online? Kitabisa Solusinya!

Sebelum Anda berdonasi lakukan penelusuran lebih dulu. Mulai dari profil penggalang dana, siapa targetnya, alasannya, hingga tujuan penggalangan dana. Jika masih kurang yakin, Anda bisa mencari informasi tambahan melalui internet. Misalnya, si A mengajukan penggalangan dana untuk pembangunan panti asuhan di daerah X karena hancur akibat gempa. Anda bisa menelusuri alamat yang dicantumkan.

Jika alamat yang Anda cari memang ada, kondisinya pun bukan sebuah kebohongan maka tak perlu ragu untuk memberikan donasi. Namun, jika tidak, sebaiknya urungkan niat Anda daripada donasi tidak tepat sasaran.

banner_donasi_biaya_pengobatan

  • Bukti  Nyata

Crowfunding Platform tepercaya tidak akan ragu untuk menampilkan kisah sukses program besutannya. Kisah sukses menjadi bukti nyata bahwa donasi yang terkumpul dari para donatur sampai ke tangan yang berhak menerima.

Kita Bisa telah membuktikan diri sebagai salah satu situs galang dana dan donasi online tepercaya. Tak terhitung banyaknya campaign dan dana yang berhasil tersalurkan untuk memberikan kehidupan baru bagi mereka yang membutuhkan.

Dengan ketiga cara di atas, Anda dapat berdonasi dengan nyaman dan aman tanpa khawatir dana tidak sampai tujuan.

Baca juga:
Takut Tertipu? Pahami 7 Hal Sebelum Donasi Online

 

Kelebihan Donasi dan Galang Dana Online

Mau Galang Dana atau Donasi Online? Kitabisa Solusinya!

Lantas, apa keunggulan donasi dan galang dana online dibandingkan dengan cara manual? Sebenarnya tidak berbeda jauh karena sama-sama fokus pada penggalangan dana untuk menolong sesama. Hanya saja sistemnya lebih tertata sehingga menghemat waktu dan tenaga. Bisa dibilang penggalangan dana dan donasi dengan bantuan internet memiliki banyak kelebihan.

Baca juga:
Yuk, Cari Tahu Manfaat Seputar Galang Dana Online

 

Adapun kelebihan donasi online, di antaranya sebagai berikut.

  • Praktis

Mau Galang Dana atau Donasi Online? Kitabisa Solusinya!

Donasi online terbilang lebih praktis karena Anda hanya perlu melakukan transfer sejumlah dana ke rekening yang tercantum tanpa harus beranjak dari tempat duduk. Sangat praktis dan hemat waktu.

  • Fleksibel

Anda bebas melakukan donasi kapan pun, di mana pun, selama Anda terhubung dengan internet. Anda pun berhak menentukan berapa besaran donasi. Sesuaikan dengan kemampuan dan keikhlasan Anda. Tak hanya itu saja, jika Anda tidak ingin perbuatan baik diketahui orang lain, Anda bisa menyamarkan identitas sebagai pengguna anonim.

  • Waktu Lebih Panjang

Mau Galang Dana atau Donasi Online? Kitabisa Solusinya!

Umumnya, waktu penggalangan dana cukup panjang, malahan ada yang berbulan-bulan. Hal ini menjadi keuntungan bagi Anda yang hendak berdonasi, tetapi belum memiliki dana.

  • Banyak Pilihan

Biasanya donasi manual hanya berfokus pada satu proyek saja, misalnya galang dana untuk korban gempa di daerah Y. Lain halnya dengan donasi online yang menawarkan banyak pilihan, mulai dari donasi untuk anak yatim piatu, pembangunan tempat ibadah, bantuan untuk operasi, hingga bencana alam.

  • Mudah Dipantau

Mau Galang Dana atau Donasi Online? Kitabisa Solusinya!

Satu lagi kelebihan donasi online, yaitu mudah dipantau. Setelah Anda memberikan donasi dan penggalangan dana usai, Anda akan diberi informasi mengenai kemajuan campaign melalui e-mail terdaftar. Biasanya, progres pun disertai dengan sejumlah gambar sebagai bukti pendukung.

Bagaimana dengan keunggulan penggalangan dana online? Berikut uraiannya.

  • Mudah

Cukup mengisi form pendaftaran dan identitas diri, Anda dapat menggalang dana bantuan untuk keluarga, teman, ataupun orang lain.

  • Transparan

Mau Galang Dana atau Donasi Online? Kitabisa Solusinya!

Melalui platform galang dana online, Anda bisa melakukan pemantauan jumlah donasi yang masuk secara berkala. Proses pencairan dana pun praktis, yakni melalui kartu kredit maupun debit. Dengan cara ini, Anda bisa menarik dana dengan mudah sehingga donasi yang terkumpul dapat segera diberikan kepada penerima bantuan.

  • Fleksibel

Penggalangan dana secara daring sangat fleksibel. Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan biaya untuk mengajukan galang dana.

  • Viral

Mau Galang Dana atau Donasi Online? Kitabisa Solusinya!

Dengan nama baik yang disandang Kita Bisa, campaign yang Anda buat berpeluang besar menjadi viral di media sosial. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan lebih banyak donasi dari donatur di seluruh Indonesia.

 

Bagaimana Cara Menggalang Dana?

Mau Galang Dana atau Donasi Online? Kitabisa Solusinya!

Serupa dengan donasi, cara untuk melakukan penggalangan dana pun mudah. Adapun tahapannya, antara lain sebagai berikut.

  1. Buka situs Kitabisa.
  2. Pilih menu Galang Dana.
  3. Lakukan pengisian form penggalangan dana. Pastikan untuk memberikan informasi dan cerita lengkap dengan bahasa yang menarik.
  4. Setelah yakin telah mengisi seluruh kolom yang tersedia, klik Launch Campaign
  5. Halaman galang dana pun siap digunakan.
  6. Lakukan promosi dengan cara menyebarkan link campaign ke berbagai media sosial.

Setelah tahap pertama di atas, Anda harus mengajukan verifikasi akun. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan risiko penyalahgunaan campaign. Dengan fitur verifikasi akun, donatur tidak akan ragu memberikan donasi pada campaign yang Anda buat.

Bagaimana cara melakukan verifikasi?

  1. Masuk (login) ke akun Anda.
  2. Pilih setting.
  3. Klik verifikasi akun.
  4. Unggah foto KTP dan foto diri sesuai dengan contoh yang ditampilkan di halaman verifikasi.

Jika diperlukan, verifikasi pun terkadang dilakukan secara langsung melalui wawancara via telepon untuk memastikan keaslian identitas. Umumnya proses verifikasi berlangsung selama 2×24 jam. Jika lebih dari itu, kemungkinan besar verifikasi Anda gagal. Akun yang tidak terverifikasi tidak dapat mencairkan donasi yang telah terkumpul. Agar terhindar dari kegagalan verifikasi, pastikan wajah pada foto KTP tampak jelas dan tidak terpotong. Tulisan pun harus terlihat jelas.

 

Tebar Kebaikan Bersama Kitabisa

Mau Galang Dana atau Donasi Online? Kitabisa Solusinya!

Berbagi merupakan bentuk kepedulian yang paling terasa dampaknya. Dengan memberi bantuan, baik berupa materiel maupun imateriel, Anda telah mengurangi sedikit beban yang dirasakan orang lain.

Sejak tahun 2013, Kitabisa telah menjadi jembatan kebaikan dengan semangat gotong royong. Kita Bisa hadir untuk memfasilitasi proses penggalangan dana dan donasi secara online dengan tujuan mempermudah Anda yang ingin berbagi kepada sesama.

Selain program galang dana dan donasi, Kita Bisa pun aktif bergerak untuk mengumpulkan dan menyalurkan zakat kepada orang yang berhak menerima. Dengan cara ini, pembayaran zakat menjadi lebih praktis karena dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Anda dapat menyisihkan harta melalui berbagai program zakat global yang ada.


Mari wujudkan dan lestarikan keindahan tolong-menolong dengan berbagi bersama Kitabisa. Ulurkan tangan Anda, tebar kebaikan, niscaya hidup Anda akan jauh lebih bermakna.

banner_donasi_umum

Comments are closed.