Press Release

Media: List Pertanyaan Interview Kitabisa.com

Untuk membantu rekan-rekan media yang sedang riset untuk keperluan interview atau liputan, berikut beberapa pertanyaan umum tentang kitabisa.com dan jawaban dari kami:

Tentang Kitabisa

Bisa dijelaskan apa itu Kitabisa?

Kitabisa.com adalah platform untuk menggalang dana dan berdonasi secara online. Di luar negeri, apa yang kami lakukan dikenal sebagai crowdfunding. Kitabisa terus bertumbuh menjadi platform galang dana dan donasi online terbesar dan terpercaya di Indonesia. Kitabisa memiliki badan hukum yayasan untuk aktivitas penggalangan dana, serta badan hukum Perseroan Terbatas (PT) untuk pengembangan teknologi. Yayasan Kita Bisa memiliki izin PUB (Pengumpulan Uang dan Barang) dari Kementerian Sosial dengan SK (Surat Keputusan) 365/HUK-PS/2020 untuk kategori umum dan 210/HUK-UND/2020 untuk kategori Bencana Alam, izin tersebut selalu diperbaharui setiap 3 bulan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Indonesia. Kitabisa telah memfasilitasi jutaan orang baik untuk menyalurkan kebaikan untuk beragam isu yang membutuhkan bantuan secara mudah, cepat, dan transparan. Dengan menggunakan teknologi dan terus berinovasi, Kitabisa percaya jutaan orang Indonesia bisa menghasilkan kebaikan dan dampak sosial dalam skala besar untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik.

Bagaimana latar belakang berdirinya Kitabisa? 

Founder Kitabisa – Alfatih Timur (Timmy) merupakan aktivis yang terlibat di berbagai pergerakan sejak menjadi mahasiswa di UI. Dari sana ia mengetahui betapa sulitnya meminta sumbangan, hingga harus menggalang dana di lampu merah dan seringkali tidak terkumpul banyak bahkan penyalurannya sukar dipercayai. Pada tahun 2013, saat ia bekerja menjadi asisten Prof Rhenald Kasali di Rumah Perubahan, Timmy juga bertemu dengan banyak penggerak sosial yang memiliki program-program sosial bagus namun minim pendanaan. Di saat yang sama, Timmy mendapatkan fakta bahwa di luar negeri sudah banyak platform crowdfunding yang bisa menghubungkan pemodal dengan usaha rintisan. Hal tersebutlah yang mendorong Timmy kemudian membuat crowdfunding untuk menghubungkan antara penggalang donasi dengan donatur, menghubungkan kebaikan di Indonesia.

Sebagai platform, apa visi misi Kitabisa?

Visi Kitabisa adalah menjadi platform terbesar yang dapat memfasilitasi masyarakat untuk membantu dan melindungi apa yang penting bagi mereka. Misi Kitabisa adalah membuka peluang masyarakat untuk menjadi versi diri mereka yang lebih baik dengan menjadi platform paling terpercaya untuk berdonasi dan menggalang dana, memfasilitasi umat muslim dalam menunaikan zakat, qurban dan wakaf, dan memfasilitasi orangbaik untuk menjaga satu sama lain.

Bagaimana cara menggalang dana di Kitabisa?

Secara umum, galang dana di Kitabisa terbagi menjadi 2 jenis yaitu galang dana medis dan galang dana non-medis. Galang dana medis ditujukan untuk menggalang dana bantuan biaya pengobatan. Sementara galang dana non-medis adalah penggalangan dana yang ditujukan untuk kategori selain pengobatan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat galang dana atau campaign di Kitabisa dengan mudah:

Cara Galang Dana untuk Biaya Pengobatan (Medis)

  • Buat akun di Kitabisa, akun ini bisa kamu buat dengan email atau nomor WhatsApp.
  • Setelah memiliki akun, klik tombol “Galang Dana”.
  • Pilih kategori galang dana yang ingin kamu buat. Pilih “Bantuan Medis & Kesehatan” untuk galang dana biaya pengobatan atau kesehatan.
  • Isi formulir penggalangan dana.
  • Halaman galang dana berhasil dibuat. Sebarkan link galang dana agar banyak orang yang membantu.

Cara Galang Dana Non-Medis

  1. Buat akun di Kitabisa, akun ini bisa kamu buat dengan email atau nomor WhatsApp.
  2. Setelah memiliki akun, klik tombol “Galang Dana”.
  3. Pilih jenis galang dana “Bantuan Lainnya” untuk galang dana selain biaya pengobatan. Pastikan galang dana yang akan dibuat sesuai dengan Community Guideline Kitabisa)
  4. Isi formulir identitas diri secara lengkap dan tuliskan detail penggalangan dana yang ingin dibuat.
  5. Penggalangan dana kamu berhasil dibuat dan sedang di-review oleh Tim Kitabisa
Lebih lengkapnya dapat diakses di sini: https://blog.kitabisa.com/cara-mudah-galang-dana-di-kitabisa/

Bagaimana cara Kitabisa memastikan keaslian penggalangan dana? 

Kitabisa sebagai platform yang menghubungkan kebaikan terus berupaya menjaga kepercayaan publik dengan meningkatkan pelayanan dan keamanan platform. Berikut proses verifikasi hingga pencairan dana yang kami lakukan untuk penggalangan dana:

Verifikasi Akun

Untuk setiap orang yang akan menggalang dana di Kitabisa.com harus mengirimkan foto KTP/SIM, serta foto wajah bersama KTP/SIM, selanjutnya penggalang diminta untuk melakukan verifikasi nomor telepon dan nomor WhatsApp.

Verifikasi Cerita

  1. Untuk galang dana medis, pihak penggalang dana harus melampirkan dokumen medis dari rumah sakit atau puskesmas yang menjelaskan mengenai kondisi kesehatan dan biaya yang dibutuhkan.
  2. Kemudian tim Kitabisa.com akan melakukan validasi via telepon dan dalam kondisi tertentu dilakukan juga pengecekan ke lapangan. Kitabisa.com saat ini sudah bekerjasama dengan lebih dari 75 rumah sakit di Indonesia dan ratusan yayasan untuk memudahkan proses verifikasi.
  3. Sedangkan untuk galang dana non-medis, Kitabisa meminta dokumen pendukung sesuai dengan kategori dan tujuan penggalangan dana.

Verifikasi Saat Pencairan Dana

  1. Untuk kategori medis, pembayaran tagihan rumah sakit akan dibayarkan langsung ke rekening rumah sakit yang bersangkutan. Selebihnya penggalang dana bisa melakukan pencairan dana untuk pembelian obat-obatan atau alat pendukung lainnya dengan menyertakan bukti pendukung yang sah.
  2. Untuk kategori non medis, penggalang dana bisa mencairkan donasi secara bertahap setelah melengkapi proses verifikasi galang dana.
Dalam beberapa kasus, tim Kitabisa dibantu dengan organisasi/komunitas mitra ikut langsung dalam proses implementasi langsung di lapangan. Kitabisa juga memiliki fitur “Laporkan” dimana publik bisa memberikan informasi terkait penggalangan dana yang mencurigakan, identitas pelapor akan dirahasiakan dan setiap masukan akan ditindak-lanjuti oleh Kitabisa. Apabila ditemukan penggalangan dana yang tidak sesuai dengan prosedur, atau melanggar community guideline, atau terbukti ada penyalahgunaan dana, maka Kitabisa berhak untuk menutup penggalangan dana, mengembalikan dana kepada donatur atau beberapa dialihkan ke penggalangan sejenis dengan mengabari donatur sebelumnya.

Boleh dijelaskan apa itu BisaMakan, BisaSembuh, dan program Kitabisa lainnya?

Banyaknya penggalangan dana yang masuk di Kitabisa, tidak jarang membuat donatur bingung akan berdonasi ke penggalangan dana yang mana. Hal tersebut membuat Kitabisa yang semula hanya berperan sebagai platform berkembang menjadi inisiator program penggalang dana yang mewadahi beragam isu. Dalam 1 program galang dana yang diinisiasi Kitabisa ditujukan untuk banyak penerima manfaat yang sudah terverifikasi, dan bekerja sama dengan partner di beragam daerah untuk penyalurannya. Sejak Desember 2018, Kitabisa telah memulai program pertamanya yaitu Program #BisaBangkit, program galang dana yang ditujukan untuk membantu kebutuhan penanggulangan bencana alam. Selanjutnya, #BisaSembuh, program yang ditujukan untuk membantu kebutuhan pengobatan. Di tahun berikutnya, menyusul program lainnya diantaranya adalah #BisaMakan, #BisaBantuLansia, #BisaBangunInfrastruktur, #BisaNolongHewan, #BisaBantuYatim, dan masih banyak lagi isu yang difasilitasi galang dananya melalui Program Kitabisa. Tingginya antusias donatur membuat Kitabisa percaya bahwa program ini mendukung value kitabisa yaitu menjadi jembatan kebaikan bagi orang-orang yang membutuhkan, dimanapun mereka berada. Tidak hanya sekedar memfasilitasi, Kitabisa juga senantiasa mengembangkan bentuk penyaluran dari masing-masing program dan bekerja sama dengan beragam pihak. Singkatnya, Kitabisa ingin menunjukkan bahwa kebaikan bisa dilakukan dengan cara apapun dengan mudah dan menyenangkan. Berikut ini artikel-artikel terkait inisiatif program Kitabisa:

Bagaimana cara Kitabisa memastikan donasi tersalurkan dengan aman?

Kitabisa bekerja sama dengan ratusan yayasan dan komunitas di beragam daerah di Indonesia untuk menyalurkan donasi. Terutama untuk penggalangan dana yang mengumpulkan donasi dengan nominal besar, Kitabisa akan melibatkan yayasan dan komunitas terpercaya dan kompeten untuk bantu mendampingi penggalang dana. Sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada donatur, partner Kitabisa yang membantu salurkan dana akan melampirkan bukti dalam bentuk laporan yang nantinya donatur bisa akses melalui fitur “kabar terbaru” di Kitabisa.

Apa yang dilakukan Kitabisa saat menemukan ada penggalangan dana yang bermasalah atau ada tendensi menyalah gunakan donasi? Seberapa sering laporan yang masuk?

Kitabisa menerima puluhan laporan setiap minggunya, dan kami memiliki tim investigasi yang akan menulusuri lebih lanjut setiap laporan masyarakat tersebut. Kitabisa juga telah membentuk tim khusus untuk menangani kasus penyalah gunaan donasi ini. Apabila ditemukan penggalangan dana yang melanggar community guideline, maka Kitabisa berhak untuk menutup penggalangan dana, mengembalikan dana kepada donatur atau beberapa dialihkan ke penggalangan sejenis dengan mengabari donatur sebelumnya. Laporan hasil peninjauan ataupun penanganannya juga akan secara transparan dibagikan melalui fitur “kabar terbaru”.

Berapa potongan platform kitabisa? Digunakan untuk apa?

Kitabisa mengenakan potongan platform fee sebesar 5% yang dikenakan pada donasi online. Kecuali untuk kategori zakat dan kategori bencana alam atau keadaan yang ditetapkan sebagai bencana oleh pemerintah. Sebagai social enterprise (perusahaan bermisi sosial), Kitabisa menggunakan platform fee tersebut sebagai penunjang kebutuhan operasional dan pengembangan produk. Untuk info lebih lengkapnya dapat diakses di sini: https://kitabisa.zendesk.com/hc/en-us/articles/360003659814-Apakah-Kitabisa-com-mengenakan-biaya-administrasi-

Berapa banyak pengguna Kitabisa?

Kitabisa telah memfasilitasi lebih dari 40 Juta transaksi donasi dengan sebanyak lebih dari 2 Juta orang baik yang tergabung.

Berapa penggalangan dana yang telah dibantu oleh Kitabisa?

Berdasarkan pada data, sejak awal Kitabisa berdiri, sudah ada 136 Ribu penggalangan dana yang berhasil memenuhi target. Selama satu tahun terakhir, setiap bulannya rata-rata ada sekitar 4254 galang dana yang berhasil live.

Apa kategori penggalangan dana yang paling banyak digunakan di Kitabisa?

Lebih dari 60% penggalangan dana yang ada di Kitabisa ialah kategori medis atau kebutuhan biaya pengobatan.

Apa misi kitabisa tahun 2021

Misi Kitabisa adalah membuka peluang masyarakat untuk menjadi versi diri mereka yang lebih baik dengan menjadi platform paling terpercaya untuk berdonasi dan menggalang dana, memfasilitasi umat muslim dalam menunaikan zakat, qurban dan wakaf, dan memfasilitasi orangbaik untuk menjaga satu sama lain.

Comments are closed.