Press Release

Media: List Pertanyaan Interview Kitabisa.com

Untuk membantu rekan-rekan media yang sedang riset awalan untuk keperluan interview/liputan, berikut beberapa pertanyaan umum tentang kitabisa.com dan jawaban dari kami:

1. Apa itu Kitabisa.com ?

Website untuk berdonasi dan menggalang dana secara online. Siapa saja, mulai dari individu, komunitas, yayasan hingga organisasi dapat memulai kampanye (campaign) penggalangan dana di Kitabisa untuk berbagai kategori seperti bantuan medis, beasiswa & pendidikan, membangun rumah ibadah, dll.

Di luar negeri, website seperti kami umumnya disebut sebagai website crowdfunding.

More info: https://kitabisa.com/about-us

2. Sejak kapan Kitabisa.com berdiri?

Website kami sudah live sejak Juli 2013, menjadi yayasan resmi di tahun 2014, dan tahun 2015 tim Kitabisa.com baru benar-benar bekerja full-time mengembangkan platform ini dengan mendirikan PT Kita Bisa Indonesia.

3. Bagaimana awalnya ide Kitabisa.com terbentuk?

Founder Kitabisa.com – Alfatih Timur – merupakan aktivis yang aktif di berbagai pergerakan sejak mahasiswa di UI. Setelah lulus, Timmy (sapaan akrab Alfatih) menjadi asisten Prof. Rhenald Kasali di Rumah Perubahan dan mulai mempelajari konsep social enterprise. Dari sana juga dia mulai bertemu banyak sosok penggerak sosial dan mengetahui bahwa penggalangan dana adalah salah satu masalah utama yang mereka alami.

Di saat yang sama, website crowdfunding (penggalangan dana online) sedang marak di luar negeri dan Timmy melihat ini sebagai solusi yang juga bisa diterapkan di Indonesia. Terlebih crowdfunding sejatinya adalah konsep gotong royong yang juga nilai utama masyarakat Indonesia. Sebagai pengagum bung Hatta Timmy yakin nilai gotong royong jika digabungkan dengan teknologi digital akan menjadi sebuah kekuatan besar: Kitabisa.com.

4. Apa value yang dibawa Kitabisa.com?

Kami ingin mengangkat value gotong royong melalui platform online. Kami percaya bahwa Indonesia bisa melakukan apapun dengan gotong royong. Selaras dengan ucapan Bung Hatta puluhan tahun lalu tentang sifat masyarakat Indonesia yang guyub, komunal, kolektif dan gemar gotong royong.

5. Siapa pengguna Kitabisa.com?

Dari sisi supply adalah individu/komunitas/organisasi yang ingin menggalang donasi. Baik untuk bantuan individu (bantuan medis, santunan, hadiah umrah, beasiswa,dll), program sosial komunitas hingga project mahasiswa. Mereka memasukkan proposal penggalangan dananya via kitabisa. Setelah masuk, mereka mendapatkan link campaign yang selanjutnya mereka sebarkan ke teman-teman. Kitabisa menjadi alat untuk menggalang dana secara online.

Dari sisi demand adalah donatur. Mereka bisa jadi teman dari para penggalang dana yang mendapatkan informasi melalui social media, atau bisa jadi juga orang umum yang ingin bersedekah/berdonasi langsung ke kampanye-kampanye yang mereka sukai. Kitabisa menjadi alat untuk memudahkan siapapun berdonasi untuk berbagai jenis kategori.

6. Berapa banyak campaign dan donasi yang sudah terkumpul di Kitabisa.com?

Kitabisa.com telah memfasilitasi lebih dari 5000 kampanye sosial mengumpulkan lebih dari Rp. 150 Milyar donasi. Angka tersebut selalu terupdate secara real time di halaman home Kitabisa.com.


 

7. Apa saja penggalangan dana yang populer / menarik di Kitabisa.com?

Berikut infografis campaign populer di kitabisa.com sepanjang tahun 2016.

8. Apa jenis penggalangan dana yang paling sering ada di kitabisa.com?

Penggalangan dana yang paling sering ada di kitabisa.com adalah bantuan medis. Berikut beberapa contoh success story dari penggalangan dana medis:

9. Bagaimana proses verifikasi campaign di kitabisa.com?

  • Setiap pengguna yang akan menggalang dana harus memberikan dokumen seperti scan KTP, foto diri, no rekening, dan social media credential
  • Jika penggalang dana akan mencairkan donasi yang terkumpul di kitabisa, mereka harus memberikan update/laporan beserta bukti yang akan terkirim ke semua email donatur

9. Apakah Kitabisa.com mengenakan biaya?

Untuk setiap donasi yang terkumpul, Kitabisa mengenakan biaya administrasi (5%) kecuali untuk zakat dan bencana alam yang diinisiasi oleh lembaga (0%). Sebagai social enterprise Kitabisa menggunakan fee ini untuk menunjang biaya operasional. More info: https://kitabisa.com/feature-and-pricing

10. Apakah Kitabisa.com legal dan diaudit?

Yayasan Kitabisa tercatat di Kemenkumham, mendapatkan izin PUB (Penggalangan Uang dan Barang) dari Kemensos, dan diaudit oleh Kantor Akuntan Publik dengan hasil Wajar Tanpa Pengecualian. Lihat opini audit Kitabisa di link berikut.

11. Bagaimana cara melakukan penggalangan dana di Kitabisa.com?

Caranya sangat mudah. Silakan masuk ke halaman Kitabisa.com, lalu klik tombol “Galang Dana”, login ke akun Kitabisa, dan isi formulir yang diminta. Setelah itu, halaman akan langsung live dan pengguna bisa melakukan verifikasi.

12. Apa harapan/target Kitabisa.com ke depan?

Kami ingin menjadi channel no. 1 bagi orang yang ingin berdonasi dan menggalang dana untuk kebaikan.

13. Apakah kitabisa.com memiliki aplikasi?

Aplikasi kitabisa.com sudah tersedia di ktbs.in/download, saat ini aplikasi baru dapat digunakan oleh pengguna android.

Social Experiment: Nyobain Kitabisa App

14. Adakah referensi lainnya tentang kitabisa? 

Berikut liputan-liputan sebelumnya seputar kitabisa

Beberapa video success story campaign di kitabisa.com:
Social Experiment kitabisa.com:
Bayarin Orang Lain Bensin di SPBU

Pemulung Minta Makan Sama Orang Gak Dikenal

Dan masih banyak lagi Social Experiment yang bisa diakses disini
Video ringkasan fundraising selama 2015

Video ringkasan fundraising selama 2016

Referensi jawaban dari pertanyaan umum lainnya bisa diakses di: kitabisa.com/faq

Comments are closed.