Memahami Makna Qurban dan Hakikatnya dalam Kehidupan

Memahami makna qurban Idul Adha akan membuat kamu lebih termotivasi menunaikan ibadah ini. Qurban bukan hanya ibadah untuk orang kaya, semua orang bisa melakukannya jika punya kemauan yang kuat.

Waktu satu tahun bukanlah sebentar untuk membeli satu ekor kambing seharga 2 jutaan. Bandingkan berapa paket data yang kamu pakai selama setahun? Jika dikumpulkan sudah pasti jumlahnya bisa melebihi harga kambing. Sebenarnya apa makna ibadah qurban tersebut?

Makna Qurban Menurut Syariat Islam

Qurban secara syariah diartikan sebagai pemotongan hewan ternak yang ditujukan untuk mendekatkan diri kepada Allah yang dilaksanakan pada hari raya Idul Adha hingga hari tasyrik

Makna qurban secara bahasa berasal dari bahasa Arab yakni udlhiyah. Kata ini diartikan sebagai ‘waktu dhuha’. Maksudnya pemotongan hewan qurban dilaksanakan pada waktu dhuha di pagi hari selama tanggal 10 Dzulhijah dan hari tasyrik. Jadi, tujuan utama disyariatkannya ibadah qurban ini adalah untuk mendekatkan diri seorang hamba kepada Allah SWT. Sebagaimana sejarah tentang disyariatkannya ibadah ini kepada Nabi Ibrahim yang diminta untuk menyembelih putranya Ismail.

Perintah menyembelih putra semata wayang tersebut merupakan ujian keimanan apakah Ibrahim benar-benar taat kepada Allah SWT atau tidak. Sejauh mana keimanan seorang hamba untuk berqurban kepada Allah melalui apa-apa yang dicintainya. Hingga pada akhirnya Ismail digantikan dengan kambing untuk disembelih hingga turunlah perintah berqurban sampai saat ini.

Makna Qurban dalam Kehidupan Sehari-Hari

Hikmah qurban sangat banyak. Mengapa orang yang mampu diperintahkan untuk menjalankan ibadah tersebut, sebab ada beberapa makna yang bisa dirasakan dari pelaksanaan ibadah ini:

  • Makna Berbagi

    Bagi orang kaya membeli daging hewan ternak seperti sapi atau kambing bukanlah hal sulit. Setiap hari bisa dilakukan, tetapi tidak dengan mereka yang kurang mampu.

    Membeli daging sapi yang ratusan ribu per kilo misalnya, menjadi hal yang mungkin sulit dilakukan. Bisa jadi bahkan hanya sekali setahun saat hewan qurban dibagikan. Makna berbagi sangat terasa antara si kaya dengan si miskin. Idul Adha adalah saat semua orang merasakan kebahagiaan menikmati daging qurban yang berkah dan lezat.

  • Makna Berkorban

    Hakikat qurban yang sangat besar dirasakan adalah berkorban. Orang yang menjalankan ibadah qurban bagi mereka yang memang secara ekonomi terbilang pas-pasan benar-benar merasakan makna berkorban. Mungkin harus merelakan tabungan, uang belanja, uang simpanan dan sebagainya demi untuk melaksanakan syariat yang diperintahkan oleh Allah. Berkorban apa saja demi mendapat ridho dan pahala dari Allah. Di dunia ini ada hal yang perlu kamu korbankan jika ingin mendapatkan kehidupan akhirat yang lebih baik.

  • Makna Bersyukur

    Makna ibadah qurban adalah syukur. Orang yang bersyukur dengan nikmat harta benda dan kekayaan yang dimiliki dapat diwujudkan dengan menunaikan ibadah qurban. Semakin bersyukur seseorang maka nilai hartanya serta keberkahan kekayaannya akan semakin ditambah oleh Allah swt. Bersyukurlah maka Allah akan menambahkan nikmat lebih banyak lagi.

  • Makna Keimanan

    Ibadah qurban maknanya adalah keimanan. Jika niat berqurban hanya karena kebiasaan atau karena malu dengan tetangga jika tidak berqurban maka sebaiknya niatnya harus diubah cepat sebagai bentuk keimanan kepada Allah SWT. Makna dari qurban adalah yakin dan taat dengan perintah Allah. Apa yang disyariatkan oleh Allah adalah hal yang harus dilakukan yang merupakan bukti keimanan seseorang.

Ibadah Qurban Online

Buat kamu yang berniat menunaikan ibadah qurban tahun ini bisa menyalurkannya secara langsung di Kitabisa. 

Mengapa harus di Kitabisa?

  • Lebih mudah, praktis dan simpel
  • Daging qurban akan disalurkan di daerah yang membutuhkan dan jarang mendapatkan distribusi daging qurban
  • Paket qurban bisa dipilih
  • Pengelolaan terpercaya

Berqurban dengan mudah melalui Kitabisa sangat tepat buat kamu yang ingin menunaikan ibadah qurban secara lebih ikhlas, diam-diam tanpa harus orang satu lingkunganmu tahu kalau kamu menunaikan ibadah tersebut.


Qurban dengan mudah melalui Kitabisa. Selain transparan dan sesuai syariat, harga hewan qurban di Kitabisa juga sangat terjangkau. Yuk, qurban sekarang bersama ribuan OrangBaik lainnya.