Memahami Sedekah Subuh, Ibadah yang Dianjurkan di Awal Hari

Istilah sedekah pastilah bukan istilah yang asing buatmu. Namun, sudahkah kamu memahami apa yang dimaksud dengan sedekah subuh? Sudah jugakah kamu mengetahui bahwa ada berbagai keistimewaan dalam sedekah subuh yang membuatnya menjadi ibadah yang lebih dianjurkan dibandingkan sedekah biasa?

Pengertian Sedekah Subuh 

Sedekah subuh maksudnya adalah sedekah yang dilakukan pada waktu subuh, yakni setelah salat subuh hingga terbitnya matahari. Dengan demikian, waktu pengerjaannya pun relatif sangat singkat, yakni hanya sekitar 1 jam.

Secara garis besar, hal yang diberikan saat sedekah subuh tidak berbeda dengan sedekah pada umumnya. Siapa saja boleh melakukan sedekah subuh dengan membagikan apa yang menjadi miliknya secara ikhlas dan sukarela tanpa ada batasan tertentu mengenai jumlah yang diberikan.

Kebaikan di Balik Sedekah Subuh

Sedekah subuh memiliki banyak kebaikan. Salah satu yang utama adalah karena di waktu subuh, malaikat berkumpul dan ikut mendoakan orang-orang yang melakukan sedekah subuh. 

Dua malaikat akan turun untuk mendampingi hamba Allah ketika subuh. Maka dari itu, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah ketika subuh. Pasalnya, malaikat tidak hanya melihat dan mencatat amalan tersebut, tetapi juga akan ikut mendoakan kebaikan bagi hamba Allah yang melakukan ibadah subuh.

Ketika seseorang melakukan sedekah subuh, malaikat turut mendoakannya agar Allah mengganti rezekinya. Sementara itu, mereka yang enggan berbagi atau bakhil akan dihambat rezekinya.

Namun, kebaikan di balik sedekah subuh tidak berhenti di situ. Pemberian yang dilakukan secara ikhlas dan tulus juga akan menjadi bekal seseorang di hari akhir nanti.

Rajin bersedekah subuh dapat menjadi salah satu cara untuk meringankan dosa dan siksa setelah kematian nanti, baik siksa kubur maupun neraka. Selain itu, sedekah juga bisa menjadi payung yang menaungi seseorang dari panasnya sengatan matahari di Padang Mahsyar ketika manusia menunggu perhitungan amal ibadahnya.

Melakukan sedekah subuh dengan rutin juga dapat menjadi jalan yang mempermudah dikabulkannya doa. Hal ini sesuai dengan apa yang diriwayatkan dalam hadis Bukhari Muslim bahwa Rasulullah pernah berkata, “Sesungguhnya Allah akan menolong seorang hamba-Nya selama hamba itu menolong orang lain.”

Cara Melakukan Sedekah Subuh 

Melakukan sedekah subuh tidak jauh berbeda pula dari melakukan sedekah umumnya, kecuali dari segi waktu. Dalam kata lain, cara melakukan sedekah subuh maksudnya adalah dengan melakukan pemberian kepada orang lain secara ikhlas di waktu subuh (usai salat subuh).

Bagi sebagian orang, hal ini mungkin terkesan sedikit menyulitkan. Bagaimana jika seseorang tidak bisa keluar rumah (pergi ke masjid, menyambangi tetangga yang membutuhkan, atau lainnya) di waktu tersebut? Bukankah itu artinya dia kehilangan kesempatan bersedekah subuh?

Faktanya, terutama di masa kini, sedekah subuh bisa dilakukan dari rumah. Cara paling sederhananya adalah dengan berdonasi secara online melalui beragam platform yang tersedia seperti aplikasi Kitabisa.

Di aplikasi Kitabisa https://aplikasi.kitabisa.com, kamu bisa memilih sendiri pos donasi mana yang akan menjadi tujuan bersedekah. Besarnya donasi yang kamu berikan pun tak harus besar, bahkan mulai Rp1.000,00. Kamu bebas menentukan jumlah sedekah sesuai dengan keikhlasan dan kemampuanmu sehingga tak merasa terbebani dan insya Allah menjadikannya sebagai rutinitas.

Saat ini, telah ada ribuan orang yang melakukan sedekah subuh di aplikasi Kitabisa. Biasanya, jam paling ramai untuk berdonasi adalah sekitar pukul 5 pagi. Beberapa di antaranya pun dapat menuliskan apa yang menjadi doa mereka ketika bersedekah pada kolom yang telah disediakan.

Jika ingin menjadikannya sebagai rutinitas, kamu bisa mengaktifkan fitur pengingat. Sementara itu, jika ingin melihat update mengenai proses dan penyaluran dana yang telah terkumpul dalam sebuah pos donasi, kamu bisa memantaunya langsung dari aplikasi Kitabisa.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai jadikan sedekah subuh sebagai kebiasaan baru dan bekal kehidupan berikutnya bersama aplikasi Kitabisa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *