Berlomba-lomba Mencari Berkah Ramadhan dengan Ibadah dan Amal Kebaikan

Bulan suci Ramadhan akan datang sebentar lagi. Umat Islam dari berbagai penjuru tanah air pun telah bersiap dalam menyambut kedatangannya. Dengan persiapan yang matang, kamu bisa memperoleh berkah Ramadhan serta pahala berlipat ganda yang telah dijanjikan Allah. 

Bagi seorang muslim, mencari keberkahan Bulan Ramadhan sangatlah mudah. Kamu bisa mendapatkannya dengan melakukan berbagai kegiatan ibadah serta amalan sederhana. Di waktu yang sama, kamu juga akan memperoleh keberkahan dari aktivitas puasa yang dilakukan seharian.

Amalan untuk Mendapatkan Berkah Ramadhan

cara mendapat berkah ramadhan

Untuk memperoleh berkah Ramadhan selain dari ibadah puasa, kamu bisa memperbanyak amalan lain. Apa saja amalan tersebut?

1. Salat Malam

Jenis amalan sederhana yang perlu kamu perbanyak selama Bulan Ramadhan adalah salat malam. Rasulullah dalam sebuah hadits menganjurkan kepada setiap muslim untuk menghidupkan malam Bulan Ramadhan. Aktivitas ibadah di malam Bulan Ramadhan adalah kesempatan memperoleh pahala serta ampunan dari Allah SWT. 

Ada banyak ibadah salat malam yang bisa kamu lakukan untuk menghidupkan waktu malam di Bulan Ramadhan. Pertama, kamu dapat mengikuti salat tarawih dan witir berjamaah. Selanjutnya, kamu bisa pula menjalankan aktivitas salat sunah lain, seperti tahajud, salat hajat, serta salat mutlaq

2. Membaca Alquran

Amalan selanjutnya yang bisa kamu perbanyak sebagai sarana memperoleh berkah Ramadhan adalah tadarus Alquran. Kamu dapat memilih untuk melakukannya sendiri atau bersama-sama dengan para jamaah di mushola atau masjid. 

Hal yang perlu kamu ketahui, para ulama salaf secara khusus memperbanyak aktivitas tadarus Alquran saat memasuki Bulan Ramadhan. Oleh karena itu, tidak heran kalau para ulama berhasil mengkhatamkan Alquran selama berkali-kali selama Ramadhan. 

3. Mendapat Berkah Ramadhan dengan Sedekah

Jenis amalan yang dapat kamu lakukan dan perbanyak selama Ramadhan adalah sedekah. Sedekah merupakan salah satu jenis amalan kebaikan yang sangat disukai Allah. Menariknya lagi, sedekah adalah jenis amalan yang bisa kamu lakukan kepada siapa saja. 

sedekah di aplikasi kitabisa

Amalan sedekah yang kamu lakukan selama Ramadhan pun bernilai spesial. Apalagi, ketika kamu melakukan sedekah kepada orang yang berpuasa. Kamu tidak hanya memperoleh pahala sedekah, tetapi juga pahala puasa. 

Ada banyak aktivitas sedekah yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan berkah Ramadhan. Beberapa kegiatan yang termasuk dalam kategori sedekah di antaranya adalah: 

  • Berbagi makanan untuk takjil
  • Sumbangan untuk yatim piatu
  • Membagikan makanan untuk sahur dan buka
  • Sedekah Alquran
  • Membantu orang yang tengah kesusahan

Berbagai aktivitas sedekah tersebut bisa kamu lakukan tidak hanya terbatas kepada orang-orang di sekitar tempat tinggal. Kamu dapat pula melakukan hal serupa untuk mereka yang berada di tempat jauh. Caranya, kamu bisa bersedekah menggunakan aplikasi Kitabisa. 

4. Memperbanyak Zikir

Jenis amalan lain yang dapat kamu laksanakan selama Ramadhan adalah zikir. Ibadah zikir adalah salah satu cara yang dapat kamu lakukan dalam mengingat Allah dan mendapatkan berkah Ramadhan. 

Kamu pun bisa melakukannya kapan saja, mulai dari sebelum dan sesudah salat, zikir malam, ataupun zikir selama waktu beristirahat dan bersantai. 

Amalan zikir selama Bulan Ramadhan mempunyai banyak keutamaan, di antaranya: 

  • Doa yang Terkabul. Zikir adalah salah satu cara berdoa seorang muslim. Zikir dapat kamu lakukan dengan mengucapkan berbagai puji-pujian untuk Allah secara berulang-ulang. Lewat zikir di Bulan Puasa, kamu akan memperoleh kesempatan doa yang tidak akan tertolak oleh Allah.
  • Malam Seribu Bulan. Ramadhan mempunyai satu malam istimewa yang disebut lailatul qadar atau malam seribu bulan. Ketika kamu melakukan aktivitas zikir di malam tersebut, pahala yang didapatkan akan setara pahala berzikir sebanyak 1.000 bulan. 
  • Memperoleh Ketenangan. Zikir dapat pula memberi manfaat berupa hati yang tenang. Dalam Alquran, Allah mengatakan bahwa malaikat akan mengelilingi seorang muslim yang berzikir dan memberikan ketenangan jiwa. 
  • Diingat Allah. Keutamaan yang tak kalah besar adalah kesempatan diingat oleh Allah. Dalam Q.S al-Baqarah ayat 152, Allah berfirman yang artinya:

“Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.” 

5. Zakat

Amalan yang tidak kalah penting selama Bulan Ramadhan adalah zakat. Kamu tidak hanya mempunyai kewajiban menjalankan zakat fitrah. Di waktu bersamaan, Ramadhan kerap digunakan oleh banyak umat Islam untuk menunaikan kewajiban zakat mal. 

Ada berbagai jenis zakat mal yang bisa kamu laksanakan, di antaranya adalah zakat perhiasan, zakat perniagaan, hasil pertanian, hasil peternakan, hasil pertambangan, harta temuan, dan lain sebagainya. Kamu perlu membayarkan zakat mal ketika telah memenuhi persyaratan. 

Berbeda dengan sedekah, zakat perlu kamu berikan pada orang yang benar-benar berhak. Seperti halnya sedekah, kamu bisa pula menyalurkan zakat menggunakan aplikasi Kitabisa. Melalui Kitabisa, zakat kamu akan diserahkan kepada orang yang mempunyai hak menerimanya. 

Nah, itulah berbagai upaya yang dapat kamu lakukan untuk memperoleh berkah Ramadhan.

Biar berkah Ramadhan kamu semakin maksimal, yuk bersedekah untuk bantu saudara-saudara kita yang membutuhkan lewat aplikasi Kitabisa!

sedekah ramadhan