Mengapa Kitabisa Akhirnya Membuat Kitajaga?

Mungkin banyak orang bertanya, kenapa Kitabisa akhirnya memutuskan melanjutkan semangat saling jaga dengan membuat program Kitajaga?

Semua berawal dari perjalanan kami yang dimulai 7 tahun yang lalu. Sejak 2013, Kitabisa memfasilitasi semangat gotong-royong dan tolong-menolong dari jutaan orang baik di seluruh Indonesia melalui platform donasi dan galang dana. 

Sambutan hangat dan antusias masyarakat membuat kami ingin terus menciptakan misi kebaikan yang bisa membantu dan menjadi solusi permasalahan masyarakat. Kami selalu bertanya, bagaimana semangat ini bisa mendorong adanya inovasi untuk menjawab masalah lainnya.

Berawal dari Rendahnya Masyarakat yang Punya Perlindungan

Salah satu yang kami amati adalah rendahnya jumlah masyarakat yang memiliki sarana perlindungan finansial di kala terjadi musibah. Hal ini mengakibatkan banyaknya masyarakat yang harus meminjam uang atau bahkan menggalang dana saat terjadi musibah, seperti anggota keluarga yang sakit kritis atau meninggal tak terduga.

Karenanya di tahun 2019, kami menghadirkan program perlindungan kesehatan berbasis donasi bernama Saling Jaga. Dalam 2 tahun, Saling Jaga telah memfasilitasi 700 ribu lebih anggota untuk saling tolong. Namun program ini harus berhenti karena dinilai menyerupai asuransi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Prinsip Dasar Asuransi Adalah Tolong Menolong

Di tengah stigma negatif masyarakat, ada nilai yang sering dihiraukan. Bahwa sesungguhnya semangat dan prinsip dasar asuransi adalah tolong-menolong. Bahkan dalam islam, asuransi dikenal dengan istilah takaful atau saling menanggung yang diatur untuk menggunakan akad hibah sosial yang sama dengan saat kita bersedekah, infaq atau zakat.

Di sisi lain, persepsi dan stigma masyarakat cenderung kurang baik terhadap asuransi yang kerap dinilai mahal, ribet dan merugikan konsumen. Ini lah yang mendasari niat kami untuk melanjutkan semangat program Saling Jaga untuk menghadirkan solusi perlindungan yang lebih baik untukmu melalui Kitajaga.

Kitabisa percaya asuransi adalah bentuk nyata gotong-royong dan tolong-menolong yang bermanfaat untuk melindungi masyarakat dari kondisi kesulitan finansial di kala tertimpa  musibah. Untuk itu, melalui Kitajaga kami ingin melanjutkan semangat saling jaga dengan membawa prinsip asuransi yang sesungguhnya.

Dimulai dengan Kitabisa membuat Kitajaga, diharapkan program ini bisa menjadi penghubung kebaikan sesama #OrangBaik yang ingin dapatkan perlindungan sekaligus memperoleh manfaat kebaikan. Dengan komunikasi dan pelayanan yang lebih baik, semoga pandangan masyarakat mengenai asuransi bisa berubah ke arah yang lebih baik.