Mengenal Jenis-jenis Kanker dan Gejalanya

Terdapat beberapa jenis kanker, dimana setiap jenisnya memiliki gejala yang berbeda-beda. Kanker sendiri termasuk dalam jenis penyakit kritis yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal dalam tubuh. Sel abnormal tersebut tumbuh secara tidak terkendali dan menyerang area di sekitar atau menyebar ke organ lain. 

Jumlah sel abnormal yang berlebihan dapat menumpuk dan menimbulkan tumor. Itulah sebabnya, banyak orang yang menyebut kanker sebagai tumor, padahal tidak semua tumor adalah kanker. Penyakit kanker merupakan jenis tumor ganas dan berbeda dengan kondisi tumor jinak.

 

Jenis-jenis Penyakit Kanker

Ada berbagai macam penyakit kanker yang dapat menimpa siapa saja. Setiap jenis kanker memiliki penyebab dan gejala masing-masing. Berikut ini adalah 5 jenis kanker yang paling sering ditemui.

  1. Kanker Otak

    Jenis kanker otak disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel di otak yang tidak terkontrol. Sel-sel tersebut meningkatkan tekanan pada tengkorak kepala sehingga dapat menyebabkan kerusakan jaringan otak. Tanda atau gejala dari kanker otak bergantung pada ukuran, lokasi, serta tingkat pertumbuhan tumor. Namun umumnya, gejala kanker otak meliputi sakit kepala, kesulitan berjalan, kelelahan, serta kejang.

  2. Kanker Usus

    Dapat terjadi di usus besar maupun usus halus, kanker usus adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya mutasi pada sel-sel usus. Perubahan abnormal yang terjadi dapat menyebabkan sel-sel tumbuh secara berlebihan dan bersifat ganas. Terdapat 2 jenis kanker usus, yaitu kanker usus besar dan kanker usus halus.

    Setiap jenis kanker usus memiliki gejala yang berbeda-beda. Untuk kanker usus besar, gejalanya antara lain perubahan pola BAB, pendarahan saat BAB, sakit perut hingga kram atau kembung secara terus menerus, BAB yang tidak tunas, serta lemas dan letih berkepanjagan. Sementara gejala kanker usus halus diantaranya berat badan berkurang, terdapat benjolan yang dapat diraba di bagian perut, darah pada tinja, serta rasa sakit atau kram pada perut bagian tengah.

  3. Kanker Serviks

    Serviks merupakan bagian bawah rahim yang terhubung dengan vagina atau disebut juga dengan mulut rahim. Kanker serviks adalah penyakit yang tumbuh pada sel-sel di sekitar daerah tersebut. Umumnya, gejala kanker serviks muncul saat sel kanker mulai menyebar. Beberapa gejala kanker serviks stadium awal antara lain adanya pendarahan dari vagina di luar periode menstruasi, rasa sakit saat buang air kecil atau berhubungan seksual, keputihan bercampur darah dan berbau busuk, serta terdapat darah pada urine. 

  4. Kanker Darah

    Leukemia atau kanker darah merupakan penyakit  yang menyerang jaringan pembentukan sel darah, seperti sumsum tulang dan kelenjar getah bening. Kanker darah dapat menyebabkan fungsi organ tubuh yang lain terganggu. Gejala dari kanker darah sangat beragam, namun beberapa tanda yang umum terjadi antara lain demam dan menggigil, mual dan muntah, susah BAB, berkeringat berlebihan di malam hari, berat badan menurun, sering terinfeksi, rasa nyeri pada sendi dan tulang, serta mudah terjadi memar dan pendarahan. 

  5. Jenis Kanker Lambung

    Kanker lambung adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel ganas pada lapisan perut. Faktor penyebab dari penyakit ini beragam, mulai dari usia, pola makan, hingga penyakit perut lainnya. Gejala dari kanker lambung sangat sulit dideteksi. Umumnya, mereka yang menderita jenis kanker ini akan kehilangan selera makan, berat badan menurun  drastis, dan sakit kronis pada bagian perut.


Jika kamu atau kerabatmu membutuhkan bantuan biaya pengobatan, jangan ragu untuk membuat galang dana di Kitabisa. Kami siap menghubungkanmu dengan jutaan #OrangBaik yang siap gotong royong membantumu.

Klik gambar untuk pelajari lebih lanjut tentang galang dana!