Mengenali Gejala dan Ciri Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru adalah jenis penyakit kanker yang menyerang organ paru. Penyakit ini terjadi karena pertumbuhan sel yang tidak terkontrol dengan baik pada jaringan paru-paru. Jika tidak segera diatasi, kanker ini dapat menyebar ke jaringan terdekat atau ke anggota tubuh lain.

 

Gejala Kanker Paru-paru

Paru-paru merupakan organ yang berfungsi untuk mengambil oksigen dan melepaskan karbondioksida. Jika menderita penyakit kanker paru-paru, seseorang akan kesulitan bernapas dan terjadi kerusakan pada paru-paru. Berikut ini beberapa ciri-ciri penyakit ini yang umum terjadi pada penderitanya.

  1. Batuk yang tak kunjung berhenti, bahkan hingga batuk berdarah
  2. Sesak napas
  3. Berat badan menurun
  4. Demam
  5. Nyeri dada
  6. Kesulitan menelan
  7. Nyeri tulang
  8. Pembengkakan kelenjar getah bening di leher
  9. Pembesaran pembuluh vena di leher, dada, dan lengan

Penyebab Kanker Paru-paru

Merokok menjadi penyebab utama dari kanker paru-paru, namun penyakit ini bisa juga terjadi pada seseorang yang tidak merokok. Hal lainnya yang menjadi penyebab penyakit ini antara lain:

  1. Merokok penyebab utama kanker paru-paru

    Terlalu sering merokok dapat meningkatkan risiko terjadi penyakit kanker.

  2. Terkena asap rokok dari perokok aktif

    Seseorang yang tidak merokok dapat terpapar asap rokok dari perokok aktif. Mereka yang sering terkena asap rokok disebut dengan perokok pasif. 

  3. Terpapar gas radon

    Gas Radon adalah gas radioaktif yang ditemukan di lapisan kerak bumi. Gas ini dihasilkan dari pemcehaan zat uranium di tanah, air, dan bantuan.

  4. Asbestos, terpapar asbes atau zat karsinogen lainnya

    Seorang yang terpapar asbes atau zat karsinogen lainnya memiliki risiko terserang kanker yang lebih besar. Zat ini banyak ditemukan di daerah tambang atau pabrik.

  5. Polusi udara

    Berada dalam tempat yang memiliki tingkat polusi udara tinggi menyebabkan risiko untuk terkena kanker juga jauh lebih tinggi.

  6. Riwayat keluarga dengan penyakit yang sama

Setelah mengetahui gejala dan penyebab kanker paru-paru, penting untuk kamu menyadari pentingnya menjaga kesehatan diri dengan mengikuti pola hidup sehat tanpa merokok. Jika muncul benjolan yang mencurigakan atau mengalami gejala yang disebutkan diatas, segeralah periksakan diri ke dokter.


Jika kamu atau kerabatmu membutuhkan bantuan biaya pengobatan, jangan ragu untuk membuat galang dana di Kitabisa. Kami siap menghubungkanmu dengan jutaan #OrangBaik yang siap gotong royong membantumu.

Klik gambar untuk pelajari lebih lanjut tentang galang dana!

galang dana biaya pengobatan