Qurban

Mengetahui Ketentuan Qurban yang Benar Adalah Wajib

Ketentuan qurban yang benar adalah harus memenuhi hukum syariat dan dilaksanakan sesuai dengan tata cara yang benar. Tidak semua hewan ternak juga bisa disembelih untuk berkurban, hanya hewan yang memenuhi syarat saja.

Semua hal mengenai ketentuan, hukum, dan tata cara bagaimana menyembelih hewan qurban akan dijelaskan disini. Dengan mengetahui mengenai ketentuannya ini diharapkan kamu bisa lebih paham mengenai qurban.

 

Hukum Berqurban dalam Syariat Islam

Hukum qurban sesuai dengan syariat islam adalah sunnah muakad atau sunnah yang dianjurkan. Umat islam yang mempunyai rezeki berlebih pada saat hari raya idul adha bisa menyembelih hewan qurban.

Di dalam alquran dijelaskan bahwa hukum untuk melaksanakan qurban ini memang tidak wajib tapi sangat dianjurkan. Pahala yang akan didapatkan ketika kamu berqurban sangat besar. Oleh karena itu, ayo perbanyaklah untuk menyembelih hewan qurban.

 

Syarat Hewan Qurban Sesuai Syariat

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa tidak semua hewan bisa untuk dijadikan qurban. Ada 4 syarat utama yang harus dipenuhi hewan qurban sebelum disembelih, yaitu :

  • Cukup Umur

    Syarat utama hewan bisa dikurbankan adalah sudah cukup umur. Umur minimal kambing bisa untuk kurban adalah 1 tahun atau sudah memasuki umur 2 tahun pada saat akan disembelih. Jika kamu akan berkurban sapi maka pastikan jika umur sapi kamu minimal adalah 2 tahun. Kurang dari umur ini sapi belum bisa dikategorikan sebagai hewan qurban. Sedangkan untuk domba usia minimalnya adalah 6 bulan. Di Indonesia masih jarang sekali yang berkurban dengan unta, selain mahal unta juga sulit untuk ditemukan. Namun, jika kamu ingin berkurban unta pastikan umurnya sudah masuk ke 5 tahun.

  • Tidak Cacat

    Syarat lainnya hewan kurban bisa disembelih adalah tidak ada cacat sedikitpun. Cacat ini bisa berupa cacat fisik yang tampak jelas ataupun samar-samar. Oleh karena itu, sebelum membeli hewan untuk kurban pastikan kamu mengecek seluruh tubuhnya dan pastikan tidak ada cacat sedikitpun.

  • Milik Sendiri

    Yang paling utama syarat hewan yang akan dikurbankan adalah hewan itu milik sendiri. Dengan kata lain kamu membelinya dengan harta atau uang milik pribadi. Jika kamu mempunyai hewan ternak sendiri pastikan sudah menjadi milik kamu sendiri bukan milik bersama anggota keluarga lainnya.

  • Termasuk Hewan Ternak

    Syarat yang paling penting adalah hewan yang akan dikurbankan adalah hewan ternak. Ada banyak jenis hewan ternak yang bisa dikurbankan seperti kambing, domba, sapi, kerbau, dan unta.

 

Tata Cara Menyembelih Hewan Qurban

Waktu penyembelihan qurban adalah tanggal 10 bulan Dzulhijjah atau tepat pada saat hari raya idul adha. Kamu juga bisa menyembelih hewan qurban pada hari tasyrik yaitu mulai tanggal 11 sampai dengan 13 Dzulhijjah. 

Tata cara penyembelihan hewan qurban ini sama yaitu :

  1. Pastikan yang akan menyembelih adalah seorang muslim yang sudah ahli atau biasa dalam menyembelih hewan ternak.
  2. Jangan mengasah pisau yang akan digunakan untuk berkurban di depan hewan yang akan disembelih. 

Pastikan juga pisau sudah benar-benar tajam.

  1. Jika semua sudah siap hadapkan hewan yang akan disembelih ke arah kiblat lalu dibaringkan ke sebelah kiri dengan posisi lambung ada bagian atas.
  2. Selanjutnya injak leher hewan yang akan disembelih.
  3. Lalu sebelum menyembelih ucapkan basmalah dan dilanjutkan dengan membaca takbir.
  4. Kemudian pada saat akan menyembelih juga dianjurkan untuk menyebutkan nama pemilik dari hewan qurban tersebut.
  5. Sembelih hewan qurban dengan cara memotong tenggorokan, kerongkongan, dan dua urat yang ada di leher. 

Cara ini akan mempermudahkan hewan qurban mati dan tidak menyiksanya.

  1. Pastikan terlebih dahulu hewan yang disembelih tersebut sudah meninggal sebelum mematahkan lehernya.
  2. Segeralah untuk membagikan daging hewan qurban ini kepada yang berhak menerimanya.

Ketentuan qurban yang benar adalah yang sesuai dengan syariat islam seperti yang sudah dijelaskan diatas. 

Kitabisa memudahkan kamu untuk melakukan qurban. Kamu bisa ikut berkurban dan sudah pasti disalurkan kepada mereka yang berhak. Ayo qurban  dengan mudah di Kitabisa.


qurban online

Comments are closed.