Palestina

Mengurai Arti Bendera Palestina

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Bendera tak hanya sepotong kain. Lebih dari itu, bendera adalah lambang negara. Dan lebih dari itu, bendera kerap digunakan suatu negara untuk menunjukkan kedaulatannya, termasuk kedaulatan dari negara-negara yang sedang atau pernah menjajahnya. Begitu juga dengan bendera Palestina. Ia digunakan untuk menunjukkan kepada dunia, terutama kepada Israel dan kroninya yang selama ini kerap melakukan kekerasan di sana, bahwa negara ini benar-benar ada.

Lalu seperti apa arti bendera Palestina, terutama untuk masyarakat Palestina?

 

Bendera Palestina Berkibar di Markas PBB

Mengurai Arti Bendera Palestina

Pada Rabu, 30 September 2015, bendera Palestina berkibar di markas Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) untuk pertama kalinya. Momen itu merupakan puncak dari penantian panjang nan berliku yang terus menjadi perdebatan selama ini. Negara-negara yang mendukung kemerdekaan Palestina tentu saja gembira, lebih-lebih Palestina, lebih-lebih rakyat Palestina.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas dalam sebuah pernyataannya mengatakan, “Bahwa momen ini dia persembahkan kepada para martir, para tahanan, dan untuk mereka yang terluka yang memberikan hidup mereka untuk menaikkan bendera ini.”

Otoritas Palestina bukan anggota resmi PBB—sejak 2012. Pada awal September 2015, kesepakatan itu tercapai, 119 suara menyetujui pengibaran bendera Palestina di markas PBB di New York, sementara 8 suara tidak menyetujui dan 45 absen. Delapan negara yang memilih menentang pengibaran itu dipimpin oleh Amerika Serikat dan Israel, yang bergabung dengan Australia, Kanada, Kepulauan Marshall, Federasi Mikronesia, Palau, dan Tuvalu.

Dubes Amerika Serikat, Samantha Power, kepada Wall Street Journal, mengatakan bahwa mengibarkan bendera Palestina di markas PBB bukanlah alternatif untuk lebih dekat kepada perdamaian. “Suara tidak oleh AS bukan soal penolakan aspirasi Palestina untuk sebuah negara, tapi mengibarkan bendera bukanlah alternatif untuk sebuah negosiasi,” katanya.

Sang Presiden, yang secara luas dikabarkan akan menjatuhkan “bom” dalam pidatonya, di depan para pemimpin dunia akhirnya mendeklarasikan bahwa dia tidak lagi terikat dengan perjanjian yang ditandatangani dengan Israel, termasuk Oslo Peace Accords, dan meminta PBB untuk memberikan perlindungan internasional bagi rakyat Palestina. Selama Israel menolak untuk menghentikan kegiatan permukiman dan melepaskan tahanan, Abbas menyebut pihaknya tidak bisa terus menerus terikat pada perjanjian yang menurutnya terus dilanggar oleh Israel itu.

 

Arti Bendera Palestina

Mengurai Arti Bendera Palestina

 

Arti bendera Palestina bagi warganya adalah perihal kemerdekaan, kebudayaan, keagamaan, dan perjuangan merebut hak-hak mereka sebagai manusia. Bendera Palestina punya empat warna dengan segitiga di sampingnya. Bendera ini disebut sudah digunakan sejak Perang Dunia I oleh dunia Arab yang bersatu melawan Kekhalifahan Ottoman Turki demi membentuk negara sendiri di jazirah.

Tiga garis persegi panjang dan satu segitiga dengan warna berbeda mewakili dinasti Arab yang beragam saat itu. Beberapa negara juga menggunakan bendera yang hampir mirip, seperti Sudan dan Yordania, namun urutan warnanya berbeda.

Arti Bendera Palestina: Warna Merah

Menurut Dr. Mahdi Abdul Hadi, kepala lembaga Palestinian Academic Society for the Study of International Affairs dalam tulisannya berjudul “Evolusi Bendera Arab”, warna merah melambangkan bendera pemimpin Islam di Andalusia, yang menandakan kemenangan suku Muslim Arab di Afrika Utara dan Spanyol.

Arti Bendera Palestina: Warna Hitam

Warna hitam merupakan perlambang panji pasukan tempur Nabi Muhammad. Ketika kebangkitan Islam dan penaklukan kota Mekkah, Nabi Muhammad membawa dua bendera, berwarna hitam dan putih. Bendera putih bertuliskan kalimat Tauhid sedangkan hitam digunakan sebagai ikat kepala para komandan perang.

Arti Bendera Palestina: Warna Putih

Sementara itu, warna putih merupakan bendera Dinasti Umayyah yang memimpin Damaskus selama 90 tahun. tak hanya itu, putih juga warna simbol perang Badar. Berbeda dengan Dinasti Abbasiyah yang menggunakan bendera hitam sebagai tanda berkabung, Dinasti Umayyah menggunakan warna putih.

Arti Bendera Palestina: Warna Hijau

Sekarang warna hijau. Warna hijau pada bendera Palestina merupakan simbol Dinasti Fatimiyyah di Afrika Utara. Hijau digunakan sebagai perlambang kesetiaan dinasti ini terhadap Ali bin Abi Thalib. Bendera Palestina ini pertama kali digunakan oleh Organisasi Pembebasan Palestina atau PLO pada 1964 sebagai simbol perjuangan. Hingga pada 1990-an, Israel mencabut larangan pengibaran bendera ini di Palestina.

 

Kembali ke pengibaran bendera Palestina di markas PBB. Walaupun bendera Palestina sudah berkibar di sana pada 2015 lalu, apakah peristiwa simbolis ini menjadi awal terbentuknya negara Palestina merdeka? Sebagai warga negara Indonesia yang mengutuk segala bentuk penjajahan di atas muka bumi ini, sudah sewajarnya kita mendukung kemerdekaan Palestina. Sudah semestinya kita mendukung warga Palestina untuk mengibarkan serta memaknai arti bendera Palestina.

Ditulis Oleh: Ranu Mohamad


Kamu bisa membantu warga Palestina untuk bangkit kembali dengan cara berdonasi di Kitabisa. Kamu dapat menyisihkan sebagian hartamu secara online melalui website Kitabisa atau melalui aplikasi Kitabisa .

banner_palestina

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons