Menyempurnakan Jadwal Imsakiyah Dengan Beramal Kepada Pejuang Qur’an

Tidak terasa sebentar lagi sudah memasuki bulan suci Ramadhan. Seluruh umat muslim di Indonesia telah mempersiapkan berbagai macam hal untuk menyambut bulan tersebut. Salah satunya adalah jadwal imsakiyyah.

Imsak atau imsakiyah adalah saat seseorang harus memulai untuk berhenti makan sahur agar tidak terlewat hingga masuk subuh. Tidak semua negara memiliki waktu imsak, di Indonesia biasanya terhitung batas maksimal waktu makan sahur adalah 10 menit menjelang adzan.

Waktu sepuluh menit ini dapat dipergunakan untuk beribadah shalat malam, membaca al-Qur’an atau membaca dzikir. Jadwal imsak di Indonesia sudah tertera dalam waktu-waktu tertentu di setiap kota.

Sebagai umat islam jadwal imsak sangatlah penting. Dengan adanya jadwal imsak diharapkan bisa dijadikan sebagai peringatan bagi kita untuk dapat mengetahui kapan waktu imsak agar kita tidak telat melaksanakan sahur.

 

Hukum dan Keutamaan Sahur Sebelum Jadwal Imsak

jadwal imsakiyah ramadhan 2019

Sahur hukumnya adalah mustahab (disunnahkan) bagi orang yang berpuasa. Makan sahur dapat berupa sesuatu yang paling sedikit untuk disantap oleh seseorang, baik berupa makanan maupun minuman. Makan sahur tidak hanya untuk menguatkan badan ketika menjalankan puasa sehingga Rasulullah Saw menganjurkan kepada umatnya untuk makan sahur, tetapi juga terdapat keberkahan yang telah dijamin oleh Rasulullah Saw. 

Salah satu keutamaan sahur adalah wujud ketaatan kita kepada yang Maha Kuasa. Hal ini bahkan tertuang dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayah 187 yang memiliki arti: “Makanlah dan minumlah kalian sampai tampak jelas bagi kalian benang putih dari benang hitam, yaitu fajar.”

Ayat ini secara tidak langsung menganjurkan kita semua untuk makan sebelum berpuasa. Jika telah tertulis demikian di dalam Al-Quran, artinya sahur bukanlah hal yang bisa kita sepelekan. Meski bukan merupakan ibadah, namun sahur memberikan suatu keutamaan bagi kita untuk menjalankan ibadah selama sehari penuh.

Melalui makan sahur, orang yang berpuasa akan terbantu untuk semangat beraktivitas dan menjalankan ibadah, serta terhindar dari perangai dan perilaku buruk yang diakibatkan rasa lapar. Orang lapar lebih mudah tersulut emosi dan mudah marah. Maka orang yang makan sahur akan lebih tenang sehingga mampu berperilaku baik dengan orang lain.

Sahur juga dapat memberikan kita kesempatan untuk beramal. Seperti yang diketahui tidak semua orang berada dalam kondisi berkecukupan sehingga terkadang untuk membeli makanan sahur pun tidak mampu. Sahur bisa kita manfaatkan dengan memberikan makan sahur kepada orang lain. Kita bisa memberikan nasi bungkus kepada orang-orang yang lebih membutuhkan. Memberikan makan untuk orang yang bersahur termasuk amal shalih yang utama. Sebab itu menjadi fasilitas dan mempermudah orang lain untuk beribadah.

Dengan beramal kepada orang lain, nilai puasa kita akan semakin meningkat. Terlebih sahur adalah gerbang kita melaksanakan puasa selama seharian penuh. Manfaatkan kesempatan untuk beramal karena tidak akan datang setiap waktu, apalagi di bulan yang penuh berkah.

 

Beramal Dengan Berbagi Sahur untuk Pejuang Qur’an

jadwal imsakiyah ramadhan 2019

Yayasan Askar Kauny mengajak kamu berbagi keceriaan dan keberkahan Ramadhan dengan menebar paket Sahur dan Buka Puasa Ramadhan untuk para penghafal Al-Qur’an.

Yayasan Askar Kauny adalah Lembaga nirlaba yang khusus bergerak di bidang sosial dan pendidikan terutama pendidikan menghafal Alquran. Semua diselenggarakan secara gratis (full Beasiswa) untuk memudahkan masyarakat dalam menuntut ilmu Alquran. Yayasan Askar Kauny memiliki lebih dari 53.402 santri penghafal Al-Qur’an.

Hanya dengan menyisihkan sedikit harta, kamu sudah ikut berpartisipasi menebar paket Sahur untuk para Penghafal Alquran Santri Hafizh on the Street dan para Penghafal Quran yang tersebar di Indonesia. Memuliakan Pejuang Alquran sama dengan menyiapkan ladang pahala yang terus mengalir tiada henti. Setiap ayat yang mereka bacakan ikut menjadi bekal amalan untuk di akhirat nanti.

Mari berbagi dan memuliakan pejuang Al-Qur’an di bulan Ramadhan. Menyiapkan rumah di surga Nya dan menjadi orang yang gemar bersedekah.

Ditulis Oleh: Samantha Widya


Sedekah bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Kamu bisa membantu mereka dengan cara berdonasi. Saat ini donasi bisa dilakukan dengan mudah. Salah satunya melalui website kitabisa.com atau Aplikasi Kitabisa. Melalui Kitabisa, bersedekah bisa dilakukan dengan praktis dan mudah karena kamu bisa langsung berdonasi. Dengan bersedekah, kamu dapat menyempurnakan amalan Ramadhanmu dan mendapatkan pahala yang di rindoi Allah.

banner_donasi_sedekah