Mulai Harimu dengan Sedekah Setelah Sholat Subuh!

Bagi seorang muslim, sangat penting untuk mengisi setiap pagi dengan rutinitas positif. Itu karena kegiatan pagi akan memengaruhi kualitas suatu hari secara keseluruhan. Selain melaksanakan kewajiban sholat subuh, ada sebuah amalan pagi yang tak boleh kamu lewatkan. Ya! Apa lagi kalau bukan sedekah setelah sholat subuh?

Pada dasarnya, sedekah merupakan amalan sukarela yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. dan tidak mengharapkan imbalan. Namun, berbeda dengan sedekah biasa, menunaikan sedekah di kala subuh memiliki banyak keistimewaan, apalagi jika dilakukan secara reguler.

Ingin tahu manfaat dan cara disiplin bersedekah subuh? Simak pembahasan berikut!

Manfaat Menjaga Kedisiplinan Sedekah Subuh Setiap Hari

1. Memperbanyak pahala jariah

Sedekah subuh termasuk perbuatan baik yang dikategorikan sebagai amal jariah. Apa yang dimaksud amal jariah? Istilah ini merujuk pada amalan yang mampu mengalirkan pahala secara terus-menerus, bahkan ketika pihak yang mengamalkan sudah wafat. Jadi, dengan disiplin menunaikan sedekah subuh, semakin banyak pahala jariah yang akan kamu peroleh.

Namun, perlu diingat! Tidak semua sedekah bisa menghasilkan pahala jariah. Amal yang termasuk sedekah jariah adalah wakaf. Misalnya, kamu mengeluarkan sebagian harta untuk membangun pesantren atau membelikan Al-Qur’an dan buku-buku agama. Sedekah tersebut akan bermanfaat dalam waktu yang lama karena tidak langsung habis terpakai.

Lewat Aplikasi Kitabisa, kamu dapat menyalurkan sedekah subuh jariah kepada pihak-pihak yang tepat. Klik di sini untuk mengetahui info lebih lanjut!

2. Senantiasa didoakan malaikat

Sedekah setelah sholat subuh berbeda dengan sedekah pada umumnya. Mengapa? Itu karena orang yang bersedekah subuh akan didoakan oleh malaikat. Keistimewaan ini disampaikan dalam sebuah hadis:

“Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah, kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa, ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya’.” — Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim

3. Hidup menjadi penuh berkah

Sedekah subuh secara rutin dengan niat yang tulus akan membuat kehidupanmu penuh berkah. Hidup dengan keberkahan dapat menciptakan rasa tenang dan tenteram di dalam diri. Kamu juga bisa lebih termotivasi untuk memperbanyak amal baik setiap harinya. Inilah yang akan menjadi bekalmu di akhirat nanti.

Bagaimana Cara Menunaikan Sedekah Subuh Secara Rutin?

1.  Mantapkan hati dengan niat istikamah dan ikhlas

Sebelum menunaikan sedekah subuh, jangan lupa teguhkan hatimu dengan niat yang benar. Sedekah akan mendatangkan pahala apabila dijalankan dengan niat yang ikhlas. Sementara itu, jika ingin konsisten bersedekah subuh, jangan lupa mantapkan hatimu dengan niat istikamah.

2. Atur jadwal sedekah subuh reguler

Jangan sampai melupakan rutinitas sedekah subuh! Tetap istikamah dengan mengatur jadwal sedekah di Aplikasi Kitabisa. Caranya? Cari fitur “Pengingat Donasi” di menu Akun dalam aplikasi. Kemudian, atur frekuensi pengingat menjadi harian dan tentukan waktu sedekah subuh yang kamu inginkan.

3. Tentukan besaran sedekah per hari

Berapa besaran sedekah subuh yang akan kamu keluarkan? Jumlah harta yang disedekahkan memang bergantung pada kemampuan masing-masing. Namun, jika niatmu bersedekah subuh secara reguler, sebaiknya tentukan jumlah yang sedikit, tetapi sudah pasti akan kamu keluarkan setiap hari. Lewat Aplikasi Kitabisa, sedekah subuh sudah bisa ditunaikan dengan nominal minimum Rp1.000, lo!

Bagaimana? Sudah siap memulai harimu dengan sedekah setelah sholat subuh? Amalan ini sangat bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang-orang yang menerimanya. Belum lagi, sedekah subuh yang dijalankan secara disiplin akan mengalirkan manfaat secara terus-menerus.

Gunakan Aplikasi Kitabisa untuk menjaga rutinitas sedekah subuhmu. Jika belum punya aplikasinya, langsung saja instal melalui Play Store ataupun App Store.

Yuk, berlomba-lomba dalam kebaikan dengan melaksanakan Sedekah Subuh di Aplikasi Kitabisa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *