NGO Dapat Meningkatkan Jumlah Relawan dengan Cara ini!

Relawan merupakan salah satu pendukung besar dan memegang peranan penting untuk berjalannya suatu NGO. Walaupun para relawan tidak berkontribusi dalam waktu yang lama untuk suatu organisasi, namun penting bagi NGO untuk menghargai kontribusi yang mereka telah luangkan. Banyaknya jumlah relawan tidak hanya bekontribusi pada pertumbuhan NGO pada aspek operasional, tetapi juga membantu NGO untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat dan meningkatkan hubungan dengan komunitas yang lebih besar lagi.

Berikut merupakan 3 cara NGO untuk menambah jumlah partisipasi relawan !

1. Mengangkat Relawan Pada Website Organisasi

NGO dapat melibatkan para relawan pada website organisasi dan mempublikasikan pengalaman mereka selama kerja di organisasi tersebut. Dengan membangun hubungan antara organisasi dan relawan, juga akan menarik perhatian para relawan baru unutk mendaftar. Seperti yang dilakukan NGO Yayasan Cinta Anak Bangsa yang membentuk website khusus untuk para relawan dengan memberikan video mengenai relawan yang bekerja di YCAB. Selain itu juga disediakan pilihan tugas yang dapat diambil oleh calon relawan, sehingga mereka mengetahui aktifitas apa yang akan dilakukan.

2012%2f12%2f04%2f11%2fkeeptrackof-btv

 

2. Memberikan Rasa Penghargaan Kepada Para Relawan 

Relawan merupakan salah satu pendukung terbesar dari berjalannya suatu NGO. Dengan itu, NGO harus menunjukan rasa penghargaan kepada relawan untuk tetap menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Hal ini dapat dilakukan melalui website organisasi, email maupun sosial media.  Sebagai contoh dengan merencanakan beberapa kegiatan dengan memberikan penghargaan untuk relawan dan memberikan sertifikat atau penghargaan. Kopernik, menjadi contoh NGO yang aktif menceritakan pencapaian relawan secara detil menunjukan penghargaan NGO atas kerja relawan dan memperlihatkan setiap profil dari relawan yang aktif maupun yang sudah tidak aktif.

care-volunteers-read-with-children-1200

3. Ketahui Jaringan untuk Memperoleh Relawan

NGO perlu mengetahui berbagai jaringan atau situs yang menjadi basis jaringan para relawan. Sebagai contoh indorelawan.org yang mempunyai misi untuk membuat kolaborasi antara relawan dan komunitas agar mempermudah misi sosial yang mereka lakukakn.  Selain itu juga terdapat Masyarakat Relawan Indonesia yang beranggotakan individu-individu relawan  yang memiliki komitmen dan kontribusi dalam menciptakan perubahan positif pada lingkungan sekitar.

childmentorsbaltimore