Zakat

Niat Bayar Zakat Fitrah dengan Berbagi untuk Yatim dan Dhuafa

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Muslim di seluruh dunia sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh ampunan serta nikmat dari Allah SWT karena pada bulan yang mulia ini segala pahala kebaikan akan dilipatgandakan sehingga banyak orang yang berlomba-lomba dalam memaksimalkan amalan kebaikannya.

Salah satu dari sebagian kelompok orang yang melakukan hal serupa ialah Yayasan Komitmen Bersama Indonesia Kuat.

Berbagi Bersama Lembaga Kesejahteraan Sosial

YKBIK merupakan salah satu lembaga Kesejahteraan Sosial, berkhidmat menjadikan bulan Ramadhan sebagai bulan untuk memperbaiki seluruh aspek kualitas pelayanan agar memiliki serta kreativitas yang lebih baik dalam memberikan harapan kepada lebih banyak orang.

Perbaikan pelayanan tersebut dapat berjalan dengan bersumber dari dana Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) serta dana halal lainnya untuk pemberdayaan yatim dan kaum dhuafa, dengan membuat program yang bernama #BersamaPeduliBerbagi dengan beberapa paparan program sebagai berikut:

  • Penyediaan Iftar/Takjil
Niat Bayar Zakat Fitrah dengan Berbagi untuk Yatim dan Dhuafa
Sumber: YKBIK

Yayasan Komitmen Bersama Indonesia Kuat membuat program paket iftar/takjil gratis. Program ini dibuka untuk umum bagi masyarakat yang mampir untuk berbuka puasa di Yayasan.

Program ini dilakukan untuk mengamalkan salah satu hadits Nabi, yang berbunyi:

“Barangsiapa yang member makan berbuka bagi orang yang berpuasa, maka pahala yang semisal orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun.” (HR. At-Tirmidzi).

  • Perlengkapan Shalat dan Baju Muslim untuk Yatim dan Perlengkapan Shalat untuk Dhuafa & Lansia
Niat Bayar Zakat Fitrah dengan Berbagi untuk Yatim dan Dhuafa
Sumber: YKBIK

Saat Ramadhan serta menjelang lebaran, biasanya sebagian orang membenahi perlengkapan sholatnya seperti Al-Quran, baju muslim, sajadah, mukena, sarung, songkok dan juga tasbih. Namun, membenahi perlengkapan sholat seperti yang telah disebutkan sebelumnya bukan lah hal yang mudah karena mereka bahkan kesulitan untuk makan. Mereka beribadah dengan perlengkapan sholat yang seadanya.

Maka dari itu, melalui program ini YKBIK ingin membantu anak yatim dan kaum dhuafa untuk mendapatkan perlengkapan ibadah yang baru sehingga akan membuat mereka lebih bersyukur dan semangat dalam meraih amalan baik di bulan suci Ramadhan ini.

  • Paket Bingkisan Lebaran untuk Keluarga Yatim dan Dhuafa
Niat Bayar Zakat Fitrah dengan Berbagi untuk Yatim dan Dhuafa
Sumber: YKBIK

Di bulan Ramadhan ini juga merupakan kesempatan untuk membersikan harta dengan membayarkan zakat fitrah sehingga seseorang yang berpuasa dapat meraih kesempurnaan pahala puasanya. Masih banyak yang kesulitan bahkan hanya untuk menyediakan makanan di hari raya Idul Fitri.

Karenanya, melalui program ini diharapkan dapat sedikit berbagi kebahagiaan bagi mereka yang kurang beruntung untuk menyambut perayaan Idul Fitri.

zakat profesi

Seperti yang telah diketahui bahwa di bulan Ramadhan ini ada sebuah kegiatan yang wajib dilakukan untuk mensempurnakan amalan puasanya yaitu dengan menunaikan zakat fitrah. Zakat fitrah adalah zakat yang harus dikeluarkan oleh setiap orang Islam pada saat menjelang hari raya Idul Fitri dan hukumnya adalah wajib.

Berikut merupakan beberapa kelompok orang yang berhak menerima zakat serta niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga.

Orang-orang yang Berhak Menerima Zakat Fitrah

Niat Bayar Zakat Fitrah dengan Berbagi untuk Yatim dan Dhuafa

Tidak sembarang orang yang dapat menerima zakat fitrah, di bawah ini merupakan kelompok orang yang berhak menerima zakat fitrah diantranya:

  1. Fakir
  2. Miskin
  3. Petugas zakat
  4. Muallaf
  5. Budak
  6. Orang yang terlilit hutang
  7. Orang yang sedang dalam jalan Allah
  8. Dan orang yang sedang dalam perjalanan jauh yang bukan maksiat.

zakat profesi

 

Niat Bayar Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Niat Bayar Zakat Fitrah dengan Berbagi untuk Yatim dan Dhuafa

Seperti setiap ibadah pada umumnya, sebelum mulai melakukan sebuah ibadah atau amalan kebaikan, niat menjadi salah satu hal yang harus dilakukan. Niat juga dapat menjadi sebuah bagian penentu sah atau tidaknya suatu amalan. Dalam pelaksanaannya, tentu niat bayar zakat fitrah merupakan salah satu yang penting untuk dilakukan sebagai bukti sebuah iktikad tanpa ragu untuk melaksanakan zakat fitrah itu sendiri. Di bawah ini merupakan lafal niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga.

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَنِّيْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُنِيْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Artinya:

Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku, fardu karena Allah Ta’ala.”

Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, sekarang kamu dapat menyalurkan zakatmu dengan mudah secara online. Mari salurkan zakatmu untuk memberi senyum di bulan yang penuh keberkahan ini kepada mereka yang membutuhkan.

Ditulis Oleh: Ray


Kini, pembayaran zakat fitrah bisa dilakukan dengan mudah dan praktis yaitu secara online. Salah satunya melalui website Kitabisa, pembayaran zakat bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Kamu hanya perlu mengunjungi website zakat.kitabisa.com untuk membayar zakat atau melalui Aplikasi Kitabisa. Ayo, mari kita berzakat bersama Kitabisa!

Zakat Kitabisa

 

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons