Niat Sholat Idul Fitri Berjamaah di Rumah

Setelah menunaikan kewajiban berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan, umat Muslim akhirnya sampai pada momen hari raya Idul Fitri atau disebut dengan hari kemenangan. Tentunya, ini menjadi momen yang paling ditunggu oleh semua Muslim. 

Selain bisa menikmati berbagai sajian khas lebaran yang begitu lezat, kamu juga bisa bersua dengan keluarga dan menunaikan sholat ied berjamaah sebelum akhirnya bersalaman dan bermaafan.

Bagaiamana tata cara dan niat sholat Idul Fitri berjamaah? Yuk, simak bersama di bawah ini!

Keutamaan Sholat Ied Berjamaah

Dibandingkan dengan sholat sendiri, melaksanakan sholat ied secara berjamaah tentunya lebih dianjurkan. Sebab, banyak sekali keutamaan sholat ied berjamaah yang bisa kamu dapatkan, yaitu:

1. Pahala yang Lebih Besar

Allah SWT menjanjikan pahala yang lebih besar untuk semua umat-Nya yang melaksanakan sholat secara berjamaah, tak terkecuali sholat ied. Ini artinya, menunaikan sholat ied bersama-sama di masjid maupun di lapangan sudah pasti lebih mendatangkan berkah dibandingkan melaksanakan sholat ied sendiri di rumah. 

2. Meningkatkan Ukhuwah Islamiyah Sesama Umat Muslim

Ukhuwah islamiyah merupakan rasa persaudaraan untuk seluruh pemeluk agama Islam. Ini artinya, setiap Muslim adalah saudara bagi umat Muslim lainnya. Meski tidak banyak kenal, melaksanakan sholat ied secara berjamaah bisa membuat rasa persaudaraan tersebut semakin erat. Bukan tidak mungkin setelahnya justru terjalin silaturahmi yang bisa menjadi salah satu cara mendatangkan rezeki. 

3. Saling Bermaafan Setelah Sholat

Jangan lupa kalau Idul Fitri adalah hari penuh berkah dan ampunan. Inilah mengapa kamu dianjurkan untuk saling bermaafan dengan sesama umat Muslim lainnya, termasuk keluarga. Bisa jadi, kamu pernah melakukan kesalahan yang mungkin tidak kamu sadari dan melukai hati orang lain. Memang tidak harus menunggu Idul Fitri untuk minta maaf, tapi hari raya ini memang menjadi momen yang paling tepat untuk saling mengucap maaf.

4. Merayakan Hari Kemenangan Bersama

Tidak ada hal yang lebih indah dari merayakan hari kemenangan bersama dengan saudara seumat lainnya. Momen kebersamaan ini tidak akan ada gantinya, terlebih hanya dilaksanakan setiap satu tahun sekali. Jadi, apabila kamu punya kesempatan, sebaiknya tunaikan sholat ied secara berjamaah di masjid.

5. Meningkatkan Silaturahmi

Rasanya pasti menyenangkan bisa bertemu dan berkumpul kembali dengan keluarga, sanak saudara, teman, atau tetangga. Terlebih kalau kamu sudah lama sekali tidak berjumpa dengan mereka. Nah, sholat ied berjamaah di masjid atau lapangan bisa meningkatkan dan menjalin kembali silaturahmi yang bisa jadi sudah lama terputus. Ini juga jadi salah satu pembuka pintu rezeki, lho!

Tata Cara dan Niat Sholat Idul Fitri Berjamaah

Sebelum menunaikan sholat ied, kamu tentu harus tahu bagaimana niat sholat Idul Fitri berjamaah dan tata caranya. Adapun ketentuan sholat ied berjamaah adalah memiliki jamaah minimal empat orang, dengan seorang imam dan tiga orang makmum.

niat sholat idul fitri berjamaah

Niat sholat Idul Fitri berjamaah yaitu “Ushallii sunnatan lii’idil fitri rak’ataini [imaman/makmuman] lillaahi ta’ala.” Sementara itu, tata cara sholat ied berjamaah yaitu:

  • Membaca takbir sebanyak tujuh kali pada rakaat pertama sambil mengangkat tangan.
  • Disunahkan membaca “Subhanallah walhamdulillah walaa ilaaha illallah wallahu akbar” di antara takbir.
  • Membaca Surat Al-Fatihah dan surat pendek (dianjurkan membaca Surat Al-A’la).
  • Gerakan ruku, i’tidal, sujud, dan duduk di antara dua sujud seperti sholat biasa.
  • Melakukan takbir sebanyak lima kali pada rakaat kedua. 
  • Disunahkan membaca “Subhanallah walhamdulillah walaa ilaaha illallah wallahu akbar” di antara takbir.
  • Membaca Surat Al-Fatihah dan surat pendek (dianjurkan Surat Al-Ghasyiyah).
  • Melanjutkan gerakan sholat seperti biasa.
  • Mendengarkan khutbah selepas sholat . Apabila tidak ada anggota keluarga yang mampu berkhutbah, sholat ied bisa dilakukan tanpa harus berkhutbah. 

Selain niat sholat Idul Fitri berjamaah, kamu juga harus tahu bagaimana niat sholat ied yang dilakukan sendiri alis munfarid. Niatnya yaitu “Ushallii sunnatan lii’idil fitri rak’ataini munfaridan lillahi taa’ala.”  Adapun tata cara sholatnya tidak berbeda dengan sholat ied berjamaah, hanya saja bacaan diucap secara pelan. 

Hukum Sholat Ied Berjamaah di Rumah

Lalu, bagaimana hukumnya jika melakukan sholat ied secara berjamaah di rumah? Ternyata, Majelis Ulama Indonesia menyatakan bahwa hukum melaksanakan sholat Idul Fitri di rumah tetap sunnah, baik secara berjamaah maupun dilakukan sendiri. Teknis pelaksanaan, tata cara sholat juga tidak berbeda dengan sholat ied yang dilakukan secara berjamaah di masjid maupun lapangan.

Selain menyantap makanan lezat, hari raya Idul Fitri juga identik dengan membagikan THR. Supaya lebaran kali ini bisa mendatangkan keberkahan yang lebih besar lagi, jangan lupa untuk berbagi dengan sesama, ya! 

Sekarang, kamu bisa menyalurkan THR secara lebih mudah lewat aplikasi Kitabisa, lho. Kamu bisa berbagi kebahagiaan momen lebaran dengan membantu pekerja informal, anak yatim piatu, makanan untuk dhuafa, dan masih banyak lagi.

Yuk, perbanyak amalan di bulan Ramadhan ini dengan berbagi via aplikasi Kitabisa. Karena Ramadhan waktunya cari berkah!

sedekah ramadhan